Postingan

Cara membaca kode DTC Toyota secara manual (Vios, Yaris, Avanza, Innova)

Gambar
Membaca kode DTC Toyota secara manual (Vios, Yaris, Avanza, Innova) Jika saat berkendara tiba tiba  Lampu Check Engine  di dashboard menyala itu berarti sistem kontrol elektronik mendeteksi adanya malfungsi pada sistem kontrol kendaraan. Lampu check engine tersebut akan terus menyala sampai kerusakan tersebut diperbaiki dan kode kerusakan yang tersimpan di dalam memori ECU di hapus. Untuk mengetahui komponen atau sistem yang rusak kita harus membaca kode kerusakan yang tersimpan di dalam ECU, baru kita dapat melakukan perbaikan yang tepat. Untuk membaca kode kerusakan yang tersimpan di dalam memori ECU dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan menggunakan alat scanner atau intelligent tester,  Kedua secara manual dengan membaca kedipan lampu check engine saat Pin no 4 dan Pin no 13 DLC dijumper. Lokasi Data Link Connector Lokasi DLC pada Toyota Vios Berikut prosedur membaca kode DTC secara Manual 1.Kunci kontak OFF 2.Jumper P...

Penyebab Dan Cara Membersihkan Fuel Injector Yang Tersumbat

Gambar
Fuel injector merupakan bagian dari komponen fuel delivery system yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke dalam mesin sesuai dengan kebutuhan mesin. Performa fuel injector akan sangat menentukan performa mesin secara keseluruhan. Kondisi fuel injector yang bersih merupakan salah satu syarat agar mesin dapat bekerja dengan optimal, hemat bahan bakar dan rendah emisi gas buang. Jika kondisi fuel injector sangat kotor, maka bahan bakar yang disalurkan akan berkurang dari semestinya sehingga akan mempengaruhi kinerja mesin. Fuel injector yang kotor tidak dapat mendistribusikan bahan bakar sebanyak fuel injector yang dalam keadaan bersih, dan tidak dapat menciptakan pola semprotan bahan bakar yang bagus, hal yang sangat penting untuk menghasilkan proses pembakaran yang efisien dan bersih. Saat sistem kontrol feedback bahan bakar sudah masuk mode closed loop, kondisi fuel injector yang kotor akan membuat sistem kontrol tersebut memberikan respon  seolah-olah campuran bahan bakar te...

Menggunakan Mode $06 Pada OBD II Untuk Memaksimalkan Fungsi Scantool

Gambar
Mode $06 merupakan salah satu fitur di dalam sistem onboard diagnostic OBD II yang sudah diterapkan pada mobil-mobil produksi tahun 1996 ke atas. Mode $06 didesain untuk memonitor fungsi atau  kerja semua sensor-sensor  dan komponen sistem kontrol emisi secara terus menerus. Mode $06 dapat diakses dengan menggunakan scantool profesional, dan membutuhkan scantool dengan software yang dapat merubah kode heksadesimal (kode komputer 16 bit) ke dalam bentuk angka dan nomor biasa. Dengan kata lain ini merupakan mode diagnostik tingkat advance yang dapat mengungkapkan sistem kerja di dalam OBD II dan dapat memberitahukan kapan kode akan muncul bahkan sebelum kode DTC ditampilkan dan lampu cek engine menyala, Mode $06 tidak dapat diakses menggunakan code reader biasa atau dengan basic scantool. Pada umunya teknisi sering mengabaikan mode $06. Pada scantool keluaran lama mode $06 sangat sulit untuk diakses, dan jika teknisi berhasil menemukannya, kode heksadesimal terlihat seperti tak ...

Memilih Scanner Atau Scantool Mobil Terbaik

Gambar
Penggunaan scanner dalam melakukan diagnosa pada mobil sudah merupakan hal yang wajib saat ini. Ketika lampu cek engine mobil menyala maka kita harus mengakses onboard diagnostic mobil dengan menggunakan code reader, scanttool atau software scanner untuk mengetahui apa yang menjadi penyebab lampu engine tersebut menyala. Membaca Kode Kerusakan Atau DTC Pada mobil-mobil produksi tahun 1995 ke bawah, dimana masa sebelum penerapan sistem OBD II pada mobil, kode kerusakan dapat dibaca secara manual dengan menggroundkan atau menjumper terminal tertentu pada konektor diagnosa mobil, hal ini akan membuat komputer mobil atau engine control unit (ECU) masuk ke mode tampilan self diagnostic, untuk menampilkan kode kerusakan melalui kedipan lampu check engine atau lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp). Kemudian dengan melihat daftar kode kerusakan kita akan dapat mengetahui apa yang menyebabkan lampu cek engine tersebut menyala. Ada dua kendala yang dihadapi saat melakukan pembacaan kode ked...

Penyebab Dan Cara Memperbaiki Kerusakan Kunci Kontak Mobil

Gambar
Kunci kontak atau ignition switch merupakan kontak utama yang menyuplai arus listrik ke sistem kelistrikan mobil, ECU, sistem bahan bakar dan sistem pengapian. Ignition switch juga merupakan jalur arus listrik dari baterai ke motor starter untuk menghidupkan mesin. Ignition switch mempunyai empat posisi, yaitu: OFF - atau LOCK position. Memutuskan arus listrik ke mesin dan aksesoris kelistrikan mobil. ACC - Accessory position Hanya memberikan suplai arus listrik ke komponen aksesoris kelistrikan mobil saja. RUN -  "ON" position Memberikan suplai kelistrikan ke mesin dan komponen aksesoris kelistrikan. Ignition switch harus selalu dalam posisi RUN/ON agar mesin dapat hidup. START - Hanya digunakan pada start awal untuk menghidupkan mesin saja. Fungsi Anti Theft Ignition Switch (Anti Pencurian) Ignition switch juga berfungsi sebagai perangkat pencegah pencurian mobil atau anti-theft. Anak kunci sebagai bagian dari ignition switch mempunyai fungsi yang sama seperti anak kunci pa...