Cara Mengatasi DTC P0102 - Mass or Volume Air Flow Circuit Low Input
Cara Mengatasi DTC P0102 - Mass or Volume Air Flow Circuit Low Input - Hallo semua Bengkel Karya Prima Motor, Pada Postingan kali ini yang berjudul Cara Mengatasi DTC P0102 - Mass or Volume Air Flow Circuit Low Input , telah kami persiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel List DTC, ini dapat anda pahami. dan bermanfaat, selamat membaca.
Judul : Cara Mengatasi DTC P0102 - Mass or Volume Air Flow Circuit Low Input
link : Cara Mengatasi DTC P0102 - Mass or Volume Air Flow Circuit Low Input
Judul : Cara Mengatasi DTC P0102 - Mass or Volume Air Flow Circuit Low Input
link : Cara Mengatasi DTC P0102 - Mass or Volume Air Flow Circuit Low Input
Cara Mengatasi DTC P0102 - Mass or Volume Air Flow Circuit Low Input
DTC P0102 - Mass or Volume Air Flow Circuit Low Input
P0102 Adalah kode kesalahan pada MAF Sensor karna kekurangan tegangan sehingga tidak sesuai dengan program dari ECM / ECU, MAF Sensor ini berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke throttle body yang natinya masuk pada ruang bakar.
Sensor ini mengukur laju asupan udara dengan cara medeteksi panas yang ada dalam selang udara utama semakin banyak udara yang masuk maka sensor akan dingin. dengn cara tersebut sensor medeteksi seberapa banyak udara yang masuk ke throttle body dan melaporkan hasil bacaan tersebut ke ECM / ECU.
Lokasi sensor biasanya nempel pada selang udara utama. ditengah tengah antara filter udara dengan throttle body
Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0102
P0102 Adalah kode kesalahan pada MAF Sensor karna kekurangan tegangan sehingga tidak sesuai dengan program dari ECM / ECU, MAF Sensor ini berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke throttle body yang natinya masuk pada ruang bakar.
Sensor ini mengukur laju asupan udara dengan cara medeteksi panas yang ada dalam selang udara utama semakin banyak udara yang masuk maka sensor akan dingin. dengn cara tersebut sensor medeteksi seberapa banyak udara yang masuk ke throttle body dan melaporkan hasil bacaan tersebut ke ECM / ECU.
Lokasi sensor biasanya nempel pada selang udara utama. ditengah tengah antara filter udara dengan throttle body
Contoh MAF Sensor KIA
Contoh MAF Sensor eskudo
- Indikator mesin menyala / check engine nyala
- Mobil sedikit kurang bertenaga
- Tak ada gejala yang terlalu kelihatan, mesin mendekati normal
Kemungkinan penyebab DTC menunjukan kode P0102
- Filter udara yang kotor
- Kebocoran pada selang udara
- Adanya konsleting listrik pada sensor (kabel putus)
- ECM / ECU yang rusak bisa memunculkan semua DTC (kasus jarang terjadi)
Cara mengatasi Diagnosis Troubel Code P0102
Jangan terburu buru mengganti sensor tersebut periksalah secara manual dulu dan pastikan tidak ada faktor yang menyebabkan MAF sensor bekerja tidak semestinya (tidak normal).Hapus DTC menggunakan alat dignosis mobil (scanner), jalankan mobil jika masih muncul peiksa adakah kebocoran pada fakum udara,
Bersihkan filter udara yang kotor, dan MAF sensor yang kotor membuat bacaan dari sensor tersebut tidak sesuai dengan standarisasinya. Periksa adakah kebocoran pada selang udara utama, periksa apakah ada kabel yang putus yang menuju sensor tersebut. Ganti sensor tersebut jiaka rusak
Jangan terburu buru mengganti sensor tersebut periksalah secara manual dulu dan pastikan tidak ada faktor yang menyebabkan MAF sensor bekerja tidak semestinya (tidak normal).Hapus DTC menggunakan alat dignosis mobil (scanner), jalankan mobil jika masih muncul peiksa adakah kebocoran pada fakum udara,
Bersihkan filter udara yang kotor, dan MAF sensor yang kotor membuat bacaan dari sensor tersebut tidak sesuai dengan standarisasinya. Periksa adakah kebocoran pada selang udara utama, periksa apakah ada kabel yang putus yang menuju sensor tersebut. Ganti sensor tersebut jiaka rusak