Cara Mengatasi DTC P0108 Manifold Absolute Pressure (MAP) Barometric Pressure Circuit High Input

Cara Mengatasi DTC P0108 Manifold Absolute Pressure (MAP) Barometric Pressure Circuit High Input - Hallo semua Bengkel Karya Prima Motor, Pada Postingan kali ini yang berjudul Cara Mengatasi DTC P0108 Manifold Absolute Pressure (MAP) Barometric Pressure Circuit High Input, telah kami persiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel List DTC, ini dapat anda pahami. dan bermanfaat, selamat membaca.

Judul : Cara Mengatasi DTC P0108 Manifold Absolute Pressure (MAP) Barometric Pressure Circuit High Input
link : Cara Mengatasi DTC P0108 Manifold Absolute Pressure (MAP) Barometric Pressure Circuit High Input

Baca juga


Cara Mengatasi DTC P0108 Manifold Absolute Pressure (MAP) Barometric Pressure Circuit High Input

DTC P0108 Manifold Absolute Pressure (MAP) Barometric Pressure Circuit High Input

P0108 adalah kode masalah pada MAP sensor yang berlebihan tegangan listrik, yang dikirim dari ECU / ECM sehingga sensor tersebut tidak bekerja secara berlebihan. 

MAF sensor adalah sensor yang membaca tekanan udara dari manifold yang bertugas memberi informasi ke ECM/ECU, untuk mengatur jumlah bahan bakar yang harus dikeluarkan kedalam mesin mobil. MAF sensor ini sangat penting dalam sistem pengaturan bahan bakar.

Lokasi sensor ini biasanya nempel (tidak jauh) dari box filter udara (tergantung jenis mobil)

Contoh gambar map sensor mobil AVANZA

Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0108
  • Indikator mesin menyala / chek engine nyala kuning
  • Mobil terasa boros bahan bakar
  • Mobil pincang (getar)
  • Asap knalpot berwarna hitam, dan bau bensin mentah (bagi yang ahli mesin)
  • Mesin susah hidup (kalau sudah parah)
Kemungkinan penyebab DTC menunjukan kode P0108
  • MAP sensor rusak (lemah)
  • Selang vakum yang menuju sensor lepas
  • Kebocoran selang udara yang mengakibatkan kinerja MAF sensor kurang
  • Putusnya kabel atau konsleting listrik sehinga MAP sensor tidak bekerja
  • ECM / ECU yang rusak 
Cara mengatasi Diagnosis Troubel Code P0108

Saya menyarankan jangan terburu buru untuk mengganti MAP sensor, karna mengganti sensor tersebut belum tentu menyelesaikan masalah pada mobil. Bisa jadi cuma selang yang lepas atau kabel yang putus. periksalah keseluruhan daerah map sensor apakah selang vakum terlepas atau ada kebocoran. 

Apakah semua kabelnya benar kabel yang konsleting (tergabung) juga mengakibatkan kelebihan tegangan karna mendapatkan aliran tegangan dari sumber yang lain, jika semua benar dapat dipastikan map sensor tersebut lemah (rusak)

Catatan tambahan ini pengalaman saya untuk MAP sensor yang cuma selang vakum lepas di diagnosis pakai alat scanner biasanya tidak kelihatan atau no traubel codes. Tetapi gejala yang timbul sama persis seperti diatas dari boros bensin, pincang, dan asap hitam.

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi DTC P0141 O2 Sensor Heater Circuit Malfunction Bank 1 Sensor 2

Cara mengatasi DTC P0123 - Throttle Position Sensor/Switch 'A' Circuit High Input

Cara Mengatasi DTC P0134 - O2 Sensor Circuit No Activity Detected Sensor 1 Bank 1