Postingan

Pemeriksaan Sistem Starter Toyota ALL New Avanza-1NR-VE

Gambar
PEMERIKSAAN  STARTER (untuk Automatic Transmission) 1NR-VE PROSEDUR PEMERIKSAAN  STARTER (untuk Automatic Transmission) 1NR-VE 1.MEMERIKSA STARTER ASSEMBLY PERHATIAN: Test berikut ini harus dilakukan dalam waktu 5 detik untuk mencegah coil dari kebakaran a. Lakukan pull-in test. i. Hubungkan baterai ke repair service starter kit dan starter body seperti ditunjukkan dalam gambar. Periksa bahwa clutch pinion gear memanjang. Bila clutch pinion gear tidak bergerak, ganti repair service starter kit. b. Periksa clutch pinion gear return. i. Lepas hubungan lead negatif (-) dari starter body. Periksa bahwa clutch pinion gear kembali. Bila clutch pinion gear tidak kembali ke dalam, ganti repair service starter kit. c. Lakukan tes peforma tanpa beban. i. Tepatkan starter assembly dalam ragum di antara aluminum plate. PERHATIAN:  Jangan menjepit ragum terlalu kencang. Starter body  Terminal 50  Terminal C...

Pemeriksaan Baterai Dan Sistem Peingisian TOYOTA ALL NEW AVANZA

Gambar
PEMERIKSAAN PADA KENDARAAN   BATERAI / PENGISIAN 1NR-VE   PERINGATAN / PERHATIAN / PETUNJUK PERHATIAN: Jika baterai lemah atau jika mesin sulit dihidupkan, recharge baterai dan laksanakan pemeriksaan ulang sebelum menyerahkan kendaraan kepada pelanggan. PROSEDUR PEMERIKSAAN PADA KENDARAAN   BATERAI / PENGISIAN 1NR-VE   1. PEMERIKSAAN KONDISI BATERAI a. Periksalah baterai dari kerusakan atau perubahan bentuk. Bila ditemukan kerusakan, perubahan bentuk atau kebocoran yang berat, ganti baterai. b. Periksa level elektrolit pada setiap sel. i. Bila level elektrolitnya di bawah garis batas terendah, tambahkan air destilasi pada setiap sel. Kemudian recharge baterai dan periksa berat jenis elektrolitnya. Berat Jenis Standar: 1.25 sampai 1.29 pada 20℃ (68°F) Bila level elektrolitnya di atas garis batas terendah, periksalah voltase baterai ketika men-starter mesin. Bila voltase baterai kurang dari 11.8 V, recharge...

Pemeriksaan Sistem Pengapian TOYOTA ALL NEW AVANZA

Gambar
Pemeriksaa Sistem Pengapian Pada Kendaraan Toyota All New Avanza  1NR-VE   Prosedur Pemeriksaan Sistem Pengapian 1. LAKUKAN SPARK TEST a. Periksa kode DTC. PERHATIAN: Jika muncul DTC, lakukan troubleshooting sesuai dengan prosedur untuk masing-masing DTC. b. Lepas air cleaner assembly. c. Lepas 4 ignition coil assemblies dan 4 busi. d. Lepas hubungan 4 fuel injector assembly connector. e.Pasang spark plug pada setiap ignition coil assembly dan hubungkan konektor ignition coil assembly. f. Ground-kan busi. g. Periksa bahwa terjadi percikan bunga api selama mesin sedang craking (diputar) PERHATIAN: Ketika melakukan pemeriksaan, pastikan untuk meng-ground-kan posisi heksagonal atau bagian ulir pada busi. Jangan memutar (crank) mesin lebih dari 2 detik. Untuk kendaraan dengan fungsi penahan cranking, ubah ignition switch ke off selama cranking untuk menghentikan cranking. Jika ignition coil assembly macet atau terjatuh, ga...

Diagnosa dan Perbaikan Turbocharger

Gambar
Turbocharger merupakan komponen yang berfungsi untuk meningkatkan tenaga mesin dengan cara memasukkan udara bertekanan ke dalam mesin. Semakin besar tekanan boost turbucharger maka udara yang masuk ke dalam mesinpun semakin maksimal sehingga tenaga yang dihasilkan mesinpun semakin besar. Diagnosa dan Perbaikan Turbocharger Fungsi dasar turbocharger adalah untuk menghasilkan tekanan boost agar mesin lebih bertenaga, jadi jika suatu saat mesin yang menggunakan turbocharger tiba-tiba tenaganya turun secara drastis kemungkinan penyebabnya bisa karena kerusakan turbocharger. Beberapa gejala yang muncul jika turbocharger mengalami kerusakan diantaranya tenaga mesin berkurang, terdengar suara berisik dari turbocharger, konsumsi oli mesin meningkat dan busi cepat kotor, gas buang menjadi sangat tebal. Cara paling mudah untuk menganalisa kerusakan turbocharger adalah dengan menggunakan alat vacuum/boost gauge. Jika saat pedal gas diinjak penuh dan angka pada gauge tidak menunj...

Memahami Gejala Selip Pada Transmisi Otomatis

Gambar
Proses perpindahan gigi pada transmisi otomatis harus berlangsung secara halus saat tuas persneling dipindahkan ke posisi D atau Drive.  Jika perpindahan gigi terasa kasar dan terasa adanya gejala selip saat proses perpindahan ke gigi yang lebih tinggi merupakan indikasi adanya masalah pada sistem kerja transmisi otomatis tersebut. Gejala selip pada transmisi otomatis dapat disebabkan oleh beberapa hal, antara lain: Volume oli transmisi  otomatis kurang Tekanan oli transmisi otomatis terlalu rendah Kerusakan pada sistem pengontrol tekanan oli transmisi otomatis Gejala selip pada transmisi otomatis akibat volume oli yang kurang Gejala selip yang terasa pada transmisi otomatis karena volume oli yang kurang merupakan hal yang sangat sering terjadi. Oleh karena itu sebelum melakukan pemeriksaan dan analisa yang lebih jauh pastikan terlebih dahulu bahwa volume oli transmisi otomatis berada dalam batas yang ditentukan. Torque converter komponen yang berfungsi m...

Cara Menguras Oli Transmisi Otomatis

Gambar
Menguras oli transmisi otomatis adalah prosedur mengeluarkan seluruh oli transmisi dari dalam transmisi otomatis dan menggantinya dengan oli yang baru agar transmisi otomatis  lebih awet. Transmisi otomatis merupakan salah satu komponen mobil yang cukup rumit yang apabila mengalami kerusakan membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk perbaikannya. Oleh karena itu perawatan rutin dengan menguras oli transmisi secara berkala diharapkan dapat mencegah terjadinya kerusakan prematur pada transmisi otomatis. Menguras Oli Transmisi Otomatis Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Menguras Oli Transmisi Otomatis Untuk memperpanjang usia pakai transmisi otomatis disarankan untuk melakukan pengurasan oli trasmisi secara berkala yaitu setiap 40.000 atau 80.000 Km atau  tergantung rekomendasi yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil. Namun untuk  mobil-mobil yang sudah mempunyai jarak tempuh sangat tinggi (diatas 150.000 Km) dan belum pernah sekalipun dikuras olinya  di...

Harga Mobil Honda Baru Dan Bekas

Gambar
Harganyamobil - honda terbaru adalah informasi lengkap yang up to date yang selalu update harga-harga tiap bulannya, oke kali ini saya akan membahas informasi seputar daftar harga mobil honda bekas dan Mobil Honda terbaru serta mencakup semua type mobil honda terlengkap, termurah, dari paling mahal sampai paling murah untuk semua type mobil, jadi intinya bagi anda yang ingin membeli atau memiliki mobil merk honda ini ga usah bingung-bingung lagi dan yang harus diperhatikan adalah melihat dana yang mencukupi untuk membeli mobil ini serta melihat pentingnya fungsi dan kegunaan yang sesuai dengan dana dan keinginan anda, untuk itu anda cukup mencari informasinya di blog ini yang selalu update setiap bulannya.  oke langsung aja yah, mobil dengan merk honda ini memang sudah jangan diragukan lagi kualitas dan ke unggulan dibanding merk mobil-mobil lain nya, di indonesia pun merk ini menguasai pemasaran pedagangan dan persaingan yang sangat mendominasi seperti mobil type Honda J...