Cara Mengatasi DTC P0103 - Mass or Volume Air Flow Circuit High Input
Cara Mengatasi DTC P0103 - Mass or Volume Air Flow Circuit High Input - Hallo semua Bengkel Karya Prima Motor, Pada Postingan kali ini yang berjudul Cara Mengatasi DTC P0103 - Mass or Volume Air Flow Circuit High Input , telah kami persiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel List DTC, ini dapat anda pahami. dan bermanfaat, selamat membaca.
Judul : Cara Mengatasi DTC P0103 - Mass or Volume Air Flow Circuit High Input
link : Cara Mengatasi DTC P0103 - Mass or Volume Air Flow Circuit High Input
Judul : Cara Mengatasi DTC P0103 - Mass or Volume Air Flow Circuit High Input
link : Cara Mengatasi DTC P0103 - Mass or Volume Air Flow Circuit High Input
Cara Mengatasi DTC P0103 - Mass or Volume Air Flow Circuit High Input
DTC P0103 - Mass or Volume Air Flow Circuit High Input
P0103 Adalah kode kesalahan pada MAF Sensor dikarnakan asupsn udara terlalu banyak, MAF Sensor ini berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke throttle body yang natinya masuk pada ruang bakar.
Sensor ini mengukur laju asupan udara dengan cara medeteksi panas yang ada dalam selang udara utama semakin banyak udara yang masuk maka sensor akan dingin. dengn cara tersebut sensor medeteksi seberapa banyak udara yang masuk ke throttle body dan melaporkan hasil bacaan tersebut ke ECM / ECU.
Lokasi sensor biasanya nempel pada selang udara utama. ditengah tengah antara filter udara dengan throttle body
Kemungkinan gejala pada mobil DTC menujukan kode P0103
P0103 Adalah kode kesalahan pada MAF Sensor dikarnakan asupsn udara terlalu banyak, MAF Sensor ini berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke throttle body yang natinya masuk pada ruang bakar.
Sensor ini mengukur laju asupan udara dengan cara medeteksi panas yang ada dalam selang udara utama semakin banyak udara yang masuk maka sensor akan dingin. dengn cara tersebut sensor medeteksi seberapa banyak udara yang masuk ke throttle body dan melaporkan hasil bacaan tersebut ke ECM / ECU.
Lokasi sensor biasanya nempel pada selang udara utama. ditengah tengah antara filter udara dengan throttle body
Contoh MAF Sensor KIA
Contoh MAF Sensor KIA
- Indikator mesin menyala / check engine nyala
- Tak ada gejala yang terlalu kelihatan, mesin mendekati normal
- Mobil sedikit kasar
- Mesin sedikit kurang tenaga
Kemungkinan penyebab DTC menujukan kode P0103
- Kebocoran pada selang udara
- Vakum udara yang terlepas
- Adanya konsleting listrik pada sensor (kabel putus)
- ECM / ECU yang rusak bisa memunculkan semua DTC (kasus jarang terjadi)
Cara mengatasi Diagnosis Traubel Code P0103
Jangan terburu buru mengganti sensor tersebut periksalah secara manual dulu dan pastikan tidak ada faktor yang menyebabkan MAF sensor bekerja tidak semestinya (tidak normal).Hapus DTC menggunakan alat dignosis mobil (scanner), jalankan mobil jika masih muncul peiksa adakah kebocoran pada fakum udara,
Bersihkan filter udara yang kotor, dan MAF sensor yang kotor membuat bacaan dari sensor tersebut tidak sesuai dengan standarisasinya. Periksa adakah kebocoran pada selang udara utama, periksa apakah ada kabel yang putus yang menuju sensor tersebut. Ganti sensor tersebut jiaka rusak
Jangan terburu buru mengganti sensor tersebut periksalah secara manual dulu dan pastikan tidak ada faktor yang menyebabkan MAF sensor bekerja tidak semestinya (tidak normal).Hapus DTC menggunakan alat dignosis mobil (scanner), jalankan mobil jika masih muncul peiksa adakah kebocoran pada fakum udara,
Bersihkan filter udara yang kotor, dan MAF sensor yang kotor membuat bacaan dari sensor tersebut tidak sesuai dengan standarisasinya. Periksa adakah kebocoran pada selang udara utama, periksa apakah ada kabel yang putus yang menuju sensor tersebut. Ganti sensor tersebut jiaka rusak