10 Temuan Terbaik Teknologi Mesin Otomotif

10 Temuan Terbaik Teknologi Mesin Otomotif - Hallo semua Bengkel Karya Prima Motor, Pada Postingan kali ini yang berjudul 10 Temuan Terbaik Teknologi Mesin Otomotif, telah kami persiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel, ini dapat anda pahami. dan bermanfaat, selamat membaca.

Judul : 10 Temuan Terbaik Teknologi Mesin Otomotif
link : 10 Temuan Terbaik Teknologi Mesin Otomotif

Baca juga


10 Temuan Terbaik Teknologi Mesin Otomotif

aku nemu majalah otomotif lama banget. Kebetulan judule temuan terbaik teknologi mesin otomotif . Karena agak tergelitik, mau tak bahas sedikit disini. Yah minimal buat bacaan sambil ngopi.

Kalau bicara inovasi di otomotif, memang perkembanganya kenceng banget. Kita tinggal tidur aja, semua pabrikan menelorkan produk dan inovasi baru.

Makanya kita selalu ketinggalan.

Kalau ngomong teknologi mesin, banyak lho teknologi yang di terapkan sampai sekarang. Walupun ada yang udah teknologi puluhan tahun lalu. Apa itu?

Yuk lihat.

1. Mesin 4 tak

Mesin 4 tak ini udah ditemukan tahun 1800-an. Nama penemunya simbah Otto, kalau nama lengkapnya Nicolas August Otto. Makanya kalau orang bule lebih sering nyebut messin otto.

Kalau kita lebih banyak bilang mesin bensin. Yuk intip gambar dibawah. Gambar tak ambil langsung dari museum mercy di Jerman. 




Hampir semua mobil saat ini menggunakan mesin 4 langkah baik itu bensin maupun diesel. Ya kan lurr?

Untuk mesin 2 tak ga ada yang produksi lagi. Baik dimotor ataupun di mobil. Sedangkan untuk mesin wankel hanya mazda RX yang menggunakannnya.

2. Forced Induction

Forced Induction boleh dibilang sebagai pemasukan udara paksa. Ada yang tahu ga maksudnya lurr?

Jadi udara dipaksa masuk kedalam silinder. Tujuannya supaya udara masuk lebih padet. Bahasa kerennya efisien. Tahu kan ndorong udaranya pakai apa?

Yupz, kalau bukan Turbocharger ya menggunakan Supercharger.

Kenapa pemasukannya harus didorong?

Waktu masuknya campuran bahan bakar dan udara itu sangat singkat, jadi ya buat menuhin satu silinder itu ga akan bisa. Sudah banyak hal yang dicoba oleh para ilmuwan, contohnya dengan memperbesar katup masuk (intake), ada juga yang membuat 5 katup dalam satu silinder dengan kombinasi 3 in dan 2 ex. Cuman masih saja belum optimal. Makanya digunakanlah Turbocharger atau pakai Supercharger.

Sekarang banyak mobil-mobil dengan cc kecil dilengkapi teknologi Turbocharger ini seperti Golf GTI, Touran, Honda CRV baru. Tujuannya untuk efesiensi pemasukan tadi. Jadi dengan kapasitas mesin kecil pun bila efisien maka tenaga mesin akan sangat besar.

3. Fuel Injection

Fuel Injection atau sistem injeksi bahan bakar. Banyak orang lebih suka dengan istilah EFI. Walaupun sebenarnya EFI merupakan merk dagang dari group Toyota.

Sistem injeksi sendiri mulai di kembangkan lebih getol di tahun 80-an, dan sampai saat ini motor pun hampir semua menggunakan sistem injeksi. Kalau mobil di Indonesia, mulai dari tahun 2007 sudah tidak produksi mobil karbu.

Pada sistem injeksi ini pastinya sudah tidak menggunakan karburator lagi. Jadi bahan bakar di semprotkan ke intake manifold oleh injektor.  Bahan bakar akan bercampur dengan udara secara merata, kemudian dihisap ke dalam silinder. Setelah itu dibakar dan jadi tenaga.

Kalau di mobil atau di motor atau dibrosurnya ada kata kata EFI, PGM-FI atau MPI, artinya mobil sudah injeksi ya lurr.


4. Direct Injection


Direct Injection merupakan teknologi sistem bahan bakar injeksi yang lagi hits saat ini. Karena banyak produsen mobil sedang mengembangkannya. Sebenarnya istilahnya adalah Gasoline Direct Injection. Kalau di lihat dari namanya, bahan bakar bensin akan disemprotkan langsung ke dalam ruang bakar. Jadi sebenarnya teknologi ini memang mirip mesin diesel.

Mobil apa aja yang sudah pakai teknologi ini ya ?

Contohnya di mobil Audi ada istilah FSI, di Mercedes ada istilah CGI di Mitsubishi ada istilah GDI, artinya mobil-mobil tersebut menggunakan teknologi Gasoline Direct Injection.

5. Alumunium Engine Block


Beberapa tahun terakhir, banyak mobil menggunakan blok mesin berbahan aluminium. Tujuannya agar bobot mesin mobil lebih ringan sehingga lebih efisien. Selain itu mesin dengan blok alumunium ini lebih mudah melepas panas.

Ah mesinnya ga kuat dong?

Ga perlu kuatir, untuk mesinnya terutama pada silinder blok nya menggunakan teknologi khusus untuk pengerasannya.

6. Double Overhead Chamshaft

DOHC atau Double Overhead Camshaft adalah bagian dari mekanisme katup. Motor kalau dah pakai DOHC kayaknya udah manteb banget. Kemarin ada juga mobil yang masih pakai SOHC dan diledek oleh nitijen.

Teknologi DOHC ini menggunakan dua buah camshaft yang diletakkan di kepala silinder. Jadi biasanya katup masuk dan katup buang dilayani oleh masing-masing camshaft. Biasanya kalau sudah pakai DOHC katup per silindernya juga lebih banyak sehingga pemasukan campuran bahan bakar dan udara lebih efisien.

7. Variable Valve Timing

Teknologi ini membantu untuk membuat pemasukan bahan bakar dan udara lebih efisien karena menyesuaikan sesuai kebutuhan mesin. Ada banyak banget istilah untuk Variable Valve Timing ini. Mulai dari VVTi, VTEC, Audi Valve Lift, Valve Tronic, dll. Memang dari konstruksi juga berbeda-beda. Tapi tujuannya sama efisiensi pemasukan.

8. On Board Computer

Awalnya di mobil hanya memiliki Engine Control Unit, tetapi sekarang sudah sangat banyak. Kadang saya temui lebih dari 20 control unit yang terpasang pada sebuah mobil.

Eh lupa kan bahas teknologi mesin ya. Jadi harusnya ngomong tentang Engine Control Unit dulu saja.

9. Clean Diesel

Mobil diesel sekarang bersih lho, tapi ingat hanya mobil yang menggunakan teknologi Common Rail. Itu pun mobil yang dilengkapi partikulat filter atau orang pada ngotot bilang katalitik diesel. Dengan teknologi ini, maka mesin diesel jadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

Jadi kalau di negara-negara sono noh, ga ada truk yang ngasep hitam. Semua harus ramah lingkungan.


10. Hybrid Engine

Teknologi mesin ini lagi hits banget, hanya saja di indonesia belum. Teknologinya adalah mengkombinasikan mesin dan motor listrik. Maksudnya mengkombinasikan adalah, keduanya bisa bergantian bekerja ketika berjalan.

mmm udah dulu ya semoga nanti bisa di update

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi DTC P0141 O2 Sensor Heater Circuit Malfunction Bank 1 Sensor 2

Cara Mengatasi DTC P0134 - O2 Sensor Circuit No Activity Detected Sensor 1 Bank 1

Cara mengatasi DTC P0123 - Throttle Position Sensor/Switch 'A' Circuit High Input