Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

MEKANISME KATUP (VALVE MECHANISME)

=================================================================
Kali ini admin akan membahas tentang mekanisme katup (valve mechanisme) yang terdapat pada mobil. Untuk dapat hidup motor, harus ada pemasukan campuran udara 

dan bahan bakar yang masuk ke dalam silinder serta membuangnya gas hasil pembakaran dan proses ini harus dapat dilakukan dengan cepat.

Untuk mengatur pemasukan dan pembuangan ini digunakan katup serta kelengkapan penggeraknya. Pengaturan masuknya campuran bahan bakar

dan pembuangan gas hasil pembakaran dilakukan dengan cara membuka dan menutup kedalam silinder. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini tentang komponen kelengkapan katup.


Adapun cara kerja mekanisme katup sebagai berikut :Poros nok (camshaft) berputar, perputaran ini akan akan mengakibatkan nok menekan tapet (lifter valve), 

daya dorong tapet akan diteruskan oleh batang penekan (push rod), batang penekan akan menekan/mendorong rocker arm , 

pada sisi lain rocker arm akan mendorong katup (valve) sehingga katup akan turun ke bawah (pada kondisi yang sebenarnya, katup terbuka).

Cara kerja katup pada proses yang sebenarnya, yaitu ;

1. Langkah Hisap

Pada saat langkah hisap, piston bergerak turun dari Titik Mati Atas (TMA), katup hisap terbuka dan katup buang tertutup.

2. Langkah Kompresi

Pada saat langkah kompresi, piston bergerak ke atas dan kedua katup tertutup.

3. Langkah Usaha

Sama pada saat langkah kompresi, piston bergerak naik dari TMB ke TMA kedua katup tertuup.

4. Langkah Buang

Pada langkah ini, piston bergerak ke atas, katup hisap tertutup dan katup buang terbuka

Untuk lebih jelas proses kerjanya lihat gambar di bawah ini.


=================================================================

Halaman