Membedah Teknologi dan Fitur Mobil Toyota Kijang Innova

Membedah Teknologi dan Fitur Mobil Toyota Kijang Innova - Hallo semua Bengkel Karya Prima Motor, Pada Postingan kali ini yang berjudul Membedah Teknologi dan Fitur Mobil Toyota Kijang Innova, telah kami persiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel, ini dapat anda pahami. dan bermanfaat, selamat membaca.

Judul : Membedah Teknologi dan Fitur Mobil Toyota Kijang Innova
link : Membedah Teknologi dan Fitur Mobil Toyota Kijang Innova

Baca juga


Membedah Teknologi dan Fitur Mobil Toyota Kijang Innova

Membedah teknologi  dan fitur mobil Toyota Kijang Innova, bahasa yang berat sebenarnya, dan juga mungkin butuh berlembar-lembar untuk menjelaskan. Apalagi mobil yang dibahas adalah mobil legenda Kijang.

Tetapi paling engga saya ingin membagi beberapa yang saya pelajari dari teknologi mobil innova.
Kalau bicara tentang mobil kijang sebernarnya udah sejak lama ya, dari kijang kotak, doyok, krista, dll. 
Cuman kalau mobil kijang yang disebut innova saya catat mungkin baru dua generasi.


Mobil Toyota Kijang Innova generasi ke dua
Innova Generasi Kedua

Kijang Innova Generasi pertama (2004-2015 )

Seperti yang tak sampaikan tadi, Innova merupakan lanjutan dari generasi kijang, diperkenalkan mulai tahun 2004 dengan beberapa varian. 

Coba deh sobat oto amati, ada innova yang tulisannya 2.0, ada yang 2,5 dan 2,7. Jadi kalau dilihat dari mesin, innova punya 3 varian. Coba kita intip ya.

Kijang Innova 2.0 Mesin 1TR-FE

Mobil toyota kijang Innova ini dibekali mesin bensin 2.000 cc dengan 16 katup DOHC, dan di lengkapi sistem bahan bakar injeksi atau yang dikenal dengan Elektronic Fuel Injection (EFI). Mesinnya juga dilengkapi teknologi HTWC (High Efficiency Twin Cam) alias dobel noken as nya,

Secara teknis, mesin 2 liter ini diberi kode 1TR-FE. Dan untuk kode rangka atau sales modelnya adalah TGN40#.

Untuk fiturnya, Kijang Innova 2.0 generasi pertama ini dibedakan menjadi 5 model. Untuk innova yang pakai transmisi manual aja ada tiga yaitu tipe, STD, GL dan DLX 

Sedangkan untuk innova dengan transmisi otomatis ada dua yaitu model GL, DLX. Biasanya yang membedakan tipe-tipe diatas adalah velg, interior termasuk radio dan kalau ga salah juga sensor parkir.

Untuk innova 2.0 ini memiliki kode model TGN40. Kalau buat saya pribadi sebagai mekanik, sebaiknya perlu sedikit tahu tentang nomer model ini. Biasanya buat membedakan generasi dan kelengkapan body. Berikut contohnya.

  • TGN40R-GKMDKD adalah tipe DLX mesinya dilengkapi teknologi HTWC (High Efficiency Twin Cam) alias dobel noken as nya, dan dipasang transmisi manual lima percepatan 5F.

  • TGN40R-GKMNKD adalah tipe GL dengan teknologi HTWC (High Efficiency Twin Cam) dan dengan transmisi manual lima percepatan 5F. Untuk tipe GL ini memiliki interior lebih baik dan juga dilengkapi Theft Deterrent System serta Sensor parkir

  • TGN40R-GKMRKD adalah tipe STD dengan teknologi HTWC (High Efficiency Twin Cam) dan dengan transmisi manual lima percepatan 5F.

  • TGN40R-GKMDKD adalah tipe DLX dengan teknologi HTWC (High Efficiency Twin Cam) dan dengan transmisi otomatis empat percepatan 4FC.

Kijang Innova 2.5 Mesin 2KD-FTV

Kijang Innova 2.5 dilengkapi dengan mesin diesel 2.500 cc Diesel Turbo. Kalau saya lihat sistem bahan bakarnya sudah menggunakan Common Rail Direct Injection (CRDI) yang dikembangkan oleh Denso.
Secara teknis, mesin 2,5 ini memiliki kode 2KD-FTV dan model KUN40.
Berikut ini catatan saya untuk model innova 2.5 mesin diesel 2008-2011.

  • KUN40R-GKMDYD adalah tipe DLX dengan teknologi DCR (Diesel Common Rail Injection System) dan dengan transmisi manual lima percepatan 5F.

  • KUN40R-GKMNYD 

Kijang Innova 2.7 Mesin 2TR-FE

Kijang Innova 2.7 dilengkapi dengan mesin besin 2.700 cc dengan 16 katup DOHC, dan dilengkapi sistem bahan bakar EFI. Saya sedang mencari-cari untuk Innova ini, sepertinya bukan rakitan indonesia jadi belum bisa memberi informasi yang detail.

Selain perbedaan diatas, perbedaan yang nyata adalah pada bagian interior. Untuk radio aja ada 3 tipe. Bentuk steering kalau saya lihat juga ada 4 tipe.

Kijang Innova Generasi kedua (2015- )

Untuk kijang Innova generasi kedua, bodi sudah diganti dengan model baru, sedangkan mesin, saya lihat ada yang diesel 2.4 dengan teknologi Common Rail.

Fitur yang dimiliki untuk Innova 2.4 AT adalah sebagai berikut. Tapi fitur untuk Control Unitnya ya soale saya cuman bisa intip dari scanner saya.


Hasil scan mobil toyota kijang innova

Kalau dilihat diatas terdapat 7 Sistem yang dipasang pada mobil toyota kijang innova 2.4 yaitu :
  • Engine Dan ECT merupakan modul untuk EFI dan Transmisi yang disatukan
  • Cruise Control
  • ABS (anti lock braking system)
  • SRS Airbag
  • Immobiliser
  • Air Conditioner
  • Combination meter

Fitur yang dimiliki Kijang Innova

Ketika saya cek, dari innova generasi pertama, sebagian sudah terpasang beberapa fitur berikut :

Parking Assist System

Kijang Innova dilengkapi dengan Parking Assist System. Bahkan kemarin ketika saya mencoba Innova 2.4 AT 2016 sudah dilengkapi kamera.

Saat kendaraan mundur, sistem ini menginformasikan kepada pengemudi bahwa kendaraan mendekati halangan dengan membunyikan buzzer.

Saya lihat yang menggunakan sistem ini adalah tipe Innova GL saja, sedangkan untuk tipe DLX bersifat opsional.


Theft Deterrent System

Theft deterrent system adalah anti maling yang sering dibikang alarm mobik. Kalau di versi awal hanya ada pada tipe GL dan optional di tipe DLX. Tapi mungkin sekarang sudah semua.


Multi Information Display

Merupakan kelengkapan tipe GL, sesuai dengan namanya meruoakan tampilan di dashboard  yang bisa berubah karena pengemudi menekan switch. Informasi yang ditampilkan adalah jam, temperatur udara luar, konsumsi bahan bakar rata-rata, dll.

Sebenarnya masih banyak yang harus di bahas. Tapi pelan-pelan dulu ya semoga membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi DTC P0141 O2 Sensor Heater Circuit Malfunction Bank 1 Sensor 2

Cara Mengatasi DTC P0134 - O2 Sensor Circuit No Activity Detected Sensor 1 Bank 1

Cara mengatasi DTC P0123 - Throttle Position Sensor/Switch 'A' Circuit High Input