Postingan

8 Langkah Menyetel Platina Mobil Yang Sesuai SOP

Gambar
Platina/Breaker point adalah komponen yang berguna memutus dan menghubungkan arus primer ignition coil ke massa, yang bertujuan agar terjadi induksi pada kumparan skunder, sehingga busi memercikan bunga api bertegangan tinggi. Celah platina berpengaruh terhadap pengapian suatu mesin, celah platina juga mempengaruhi sudut dwell ( sudut lamanya platina menutup ) jadi intinya jika celah platina terlalu kecil maka sudut dwell akan besar, karena menutupnya platina akan lama dan sebaliknya, lalu apa pengaruhnya terhadap pengapian suatu mesin? Jika sudut dwell besar ( celah platina terlalu sempit ) maka platina akan membuka lebih lama padahal percikan bunga api akan muncul dari busi ketika platina membuka, jadi jika celah platina sempit ( sudut dwell besar ) maka pengapian akan lebih mundur dan sebaliknya. Langkah Penyetelan Platina  Lepas Distributor cap  Lepas Rotor  Putar pully poros engkol ( pully ber angka ) sambil melihat nok ( tonjolan poros DISTRIBUTOR ...

Penyebab dan Cara Memperbaiki Mobil Injeksi EFI Tersendat-sendat

Gambar
Penyebab dan Cara Memperbaiki Mobil Injeksi EFI Tersendat-sendat Mobil Mogok - Pernahkah anda alami laju mesin mobil anda tersendat-sendat ketika dibawa jalan. pada mesin dengan menggunakan karburator memang indikasi awal akan mengira itu adalah karburator yang bermasalah, namun bagaimana jika pada mobil dengan mesin yang menggunakan sistem injeksi EFI. yang diketahui banyak menggunakan sensor dan lainnya. Teknologi memang berkembang pesat, untuk mendiagnosa kerusakan pada EFI memang ada alat khusus untuk diagnosis. namun bisa juga dengan manual. disini akan saya coba berbagi apa yang saya tahu berdasar dari pengalaman. dan informasi yang saya dapat dari beberapa sumber.   Penyebab & Cara Memperbaiki Mesin Mobil Injeksi EFI Jalan Tersendat-sendat Kondisi Busi Rusak Busi yang rusak atau mau mati, ini bisa menyebabkan mesin mobil tersendat-sendat dan brebet. coba Periksa busi dan atur kembali kerenggangan celah busi. jika sudah lama, mending ganti baru aj...

Mesin Pajero Sport | 4x4 | Mitsubishi Mati Mendadak dan Solusinya

Gambar
PAJERO SPORT kendaraan pasangger yang waktu pertama kali keluar langsung booming sangat laku dan di sukai oleh pelanggan di seluruh indonesia. Dengan berjalanya waktu banyak sekali problem dan trouble terhadap kendaraan yang satu ini karena pemilik kendaraan yang sangat jarang sekali melakukan service berkala,karena hanya service ganti oli saja di bengkel khusus ganti oli  sehingga mesin hampir tidak pernah di lakukan perbaikan atau service akibatnya saat kendaraan di pakai tiba-tiba saja mengalami mogok di jalan. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan tips kepada teman-teman semua yang mungkin belum pernah belajar mesin injeksi diesel electronic atau di Mitsubishi kita kenal dengan istilah DID ( Direct Injetion Diesel) Common Rail System .Dengan mesin 2500 cc bermesin diesel yang semuanya di kontrol secara electronic  yang mana bila mengalami trouble pada kendaraan tersebut hampir pasti mengalami kesulitan.Di pembahasan sebelumnya,kita sudah belajar mesi...

Cara Service Mobil yang Dapat Anda Lakukan Sendiri Di Rumah

Gambar
Memiliki mobil bekas alias mobil second tentu tidak seperti memiliki mobil baru langsung dari dealer. Pemilik mobil second seperti saya harus rutin memeriksa kondisi mesin dan menservicenya secara teratur. Contoh mudahnya adalah memeriksa air radiator setiap hari setiap pagi.  Jangan sampai air radiator tidak cukup atau malah habis. Bisa panas temperatur mobil kita. Tentunya memeriksakan mobil ke benkel secara teratur memerlukan biaya juga.  Kadang sekali datang, konsultasi atau hanya mengatur gas supaya stabil atau keperluan kecil lainnya yang tidak perlu ganti sparepart kita mengeluarkan uang 30ribu atau 50ribu rupiah.  Cukup mahal. Oleh karena itu kita sebagai pemilik mobil bekas dan tua (terutama) harus sedikit banyak tahu tentang mesin dan mencoba melakukan service sendiri agar pengeluaran tidak membengkak. Berdasarkan pada pengalaman saya memiliki mobil bekas,  saya ingin berbagi sedikit service yang biasa saya lakukan sendiri. Saya terinspirasi d...

Cara mengatasi DTC P0117- Engine Coolant Temperature Circuit Low Input

Gambar
P0117 adalah kode kesalahan pada sensor ETC ini kurang tegangan sehingga bekerja kurang dari standar. ECM / ECU membaca kesalahan ini dikarnakan tegangan yang dikirim terlalu rendah. Sensor ECT ini fungsinya sebagai indikator panas yang nantinya terhubung dengan sistem pendingin lainnya.  Bila mesin mobil terlalu panas sensor ECM memberikan informasi ke ECM / ECU yang nantinya ECU / ECM itu sendiri yamg memerintahkan kipas radiator dan sistem pendingin lainya aktif, supaya mesin berjalan dengan kondisi panas yang normal. Sensor ini sangat penting jadi jangan mengabaikan peringatan tentang sensor ini, jika mesin terlalu panas bisa mengakibatkan over head mesin. Letak dari sensor ECT ini berada disamping mesin mobil dekat dengan temostrat mobil. Contoh gambar sensor ECT mobil CRV Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0117 Lampu check engine / indikator mesin menyala Saat mesin dingin susah untuk dihidupkan Mesin mobil terasa kasar / pincang saa...

Cara mengatasi DTC P0116 - Engine Coolant Temperature Circuit Range/Performance Problem

Gambar
DTC P0116 - Engine Coolant Temperature Circuit Range/Performance Problem P0116 adalah kode kesalahan pada sensor ETC yang tidak bisa membaca suhu dengan baik, terjadi dimana saat mesin mobil sudah hangat tetapi ECT sensor ini belum membacanya. ECM / ECU membaca kesalahan ini dikarnakan performa dari sensor tersebut kurang maksimal. Sensor ECT ini fungsinya sebagai indikator panas yang nantinya terhubung dengan sistem pendingin lainnya. Bila mesin mobil terlalu panas sensor ECM memberikan informasi ke ECM / ECU yang nantinya ECU / ECM itu sendiri yamg memerintahkan kipas radiator dan sistem pendingin lainya aktif, supaya mesin berjalan dengan kondisi panas yang normal. Sensor ini sangat penting jadi jangan mengabaikan peringatan tentang sensor ini, jika mesin terlalu panas bisa mengakibatkan over head mesin. Letak dari sensor ECT ini berada disamping mesin mobil dekat dengan temostrat mobil. Contoh gambar sensor ECT mobil COROLLA Kemungkinan gejala pada mobil DTC menu...

Cara Mudah Merawat Toyota Avanza Segala Usia

Gambar
Seperti diketahui Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu. Dipasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Generasi pertama mobil ini diluncurkan saat Gaikindo Auto Expo 2003 dan terjual 100.000 unit pada tahun tersebut. Selama perkembangannya mobil yang biasa disebut mobil sejuta umat ini telah mengalami penyegaran mulai dari Eksterior, Interior maupun mesin. Dari perkembangan penyegaran yang dilakukan tak membuat perlakuan perawatan mobil ini berbeda. Kali ini Carmudi Indonesia ingin memberikan rangkuman tips praktis yang didapatkan dari berbagai sumber mulai dari praktisi otomotif hingga komunitas terkait. Sebenarnya merawat mobil Avanza sangatlah mudah, namun biasanya kita malas untuk memperhatikan hal-hal kecil. Tapi bila dibiarkan berlama-lama akan menimbulkan kerusakan yang amat fatal. Saat ini populasi Toyota Avanza di Indonesia sangat banyak bila dihitung dari generasi pertama. Wajar kalau mobil ini disebut dengan ...