Cara mengatasi DTC P0116 - Engine Coolant Temperature Circuit Range/Performance Problem
Cara mengatasi DTC P0116 - Engine Coolant Temperature Circuit Range/Performance Problem - Hallo semua Bengkel Karya Prima Motor, Pada Postingan kali ini yang berjudul Cara mengatasi DTC P0116 - Engine Coolant Temperature Circuit Range/Performance Problem , telah kami persiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel List DTC, ini dapat anda pahami. dan bermanfaat, selamat membaca.
Judul : Cara mengatasi DTC P0116 - Engine Coolant Temperature Circuit Range/Performance Problem
link : Cara mengatasi DTC P0116 - Engine Coolant Temperature Circuit Range/Performance Problem
Judul : Cara mengatasi DTC P0116 - Engine Coolant Temperature Circuit Range/Performance Problem
link : Cara mengatasi DTC P0116 - Engine Coolant Temperature Circuit Range/Performance Problem
Cara mengatasi DTC P0116 - Engine Coolant Temperature Circuit Range/Performance Problem
DTC P0116 - Engine Coolant Temperature Circuit Range/Performance Problem
P0116 adalah kode kesalahan pada sensor ETC yang tidak bisa membaca suhu dengan baik, terjadi dimana saat mesin mobil sudah hangat tetapi ECT sensor ini belum membacanya. ECM / ECU membaca kesalahan ini dikarnakan performa dari sensor tersebut kurang maksimal.
Sensor ECT ini fungsinya sebagai indikator panas yang nantinya terhubung dengan sistem pendingin lainnya. Bila mesin mobil terlalu panas sensor ECM memberikan informasi ke ECM / ECU yang nantinya ECU / ECM itu sendiri yamg memerintahkan kipas radiator dan sistem pendingin lainya aktif,
supaya mesin berjalan dengan kondisi panas yang normal. Sensor ini sangat penting jadi jangan mengabaikan peringatan tentang sensor ini, jika mesin terlalu panas bisa mengakibatkan over head mesin.
Letak dari sensor ECT ini berada disamping mesin mobil dekat dengan temostrat mobil.
Saya selalu menyarankan jangan terburu buru mengganti sensor tersebut, karna belum tentu sensor tersebut rusak. lebh baik kita cek secara manual dulu, apakah air radiator isi dan penuh. Jika sensor tersebut memberi informasi yang benar bahwa suhu mesin terlalu panas ini bahaya dapat menyebabkan kerusakan pasda mesin.
Pastikan semua jalur air pendingin tidak ada yang bocor, pastikan juga kipas pendingin itu jalan (tidak rusak) dan pastikan bahwa kondisi radiator dalam kondisi yang baik. jika semua benar suhu juga normal perhatikan kabel kabel yang menuju sensor tersebut apakah ada yang putus sehingga mengakibatkan sensor ETC tidak bekerja barulah mengganti sensor tersebut jika semua dalam kondisi normal
P0116 adalah kode kesalahan pada sensor ETC yang tidak bisa membaca suhu dengan baik, terjadi dimana saat mesin mobil sudah hangat tetapi ECT sensor ini belum membacanya. ECM / ECU membaca kesalahan ini dikarnakan performa dari sensor tersebut kurang maksimal.
Sensor ECT ini fungsinya sebagai indikator panas yang nantinya terhubung dengan sistem pendingin lainnya. Bila mesin mobil terlalu panas sensor ECM memberikan informasi ke ECM / ECU yang nantinya ECU / ECM itu sendiri yamg memerintahkan kipas radiator dan sistem pendingin lainya aktif,
supaya mesin berjalan dengan kondisi panas yang normal. Sensor ini sangat penting jadi jangan mengabaikan peringatan tentang sensor ini, jika mesin terlalu panas bisa mengakibatkan over head mesin.
Letak dari sensor ECT ini berada disamping mesin mobil dekat dengan temostrat mobil.
Contoh gambar sensor ECT mobil COROLLA
Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0116
- Lampu check engine / indikator mesin menyala
- Saat mobil dingin susah untuk hidup
- Mesin terasa kasar dan pincang saat pertama dihidupkan
- Setelah mesin panas kondisi normal
- Tingkat pendingin mesin kurang / rendah
- Termostrat rusak
- Radiator yang kotor
- Kekurangan air pendingin dalam mesin dan radiator
- Air pendingin yang bocor di salah satu selang atau radiator
- Kipas pendingin tidak berputar
- Kerusakan sensor ECT atau ada kabel putus sehingga ECT tidak bekerja dengan baik
Cara mengatasi Diagnosis Troubel Code P0116
Saya selalu menyarankan jangan terburu buru mengganti sensor tersebut, karna belum tentu sensor tersebut rusak. lebh baik kita cek secara manual dulu, apakah air radiator isi dan penuh. Jika sensor tersebut memberi informasi yang benar bahwa suhu mesin terlalu panas ini bahaya dapat menyebabkan kerusakan pasda mesin.
Pastikan semua jalur air pendingin tidak ada yang bocor, pastikan juga kipas pendingin itu jalan (tidak rusak) dan pastikan bahwa kondisi radiator dalam kondisi yang baik. jika semua benar suhu juga normal perhatikan kabel kabel yang menuju sensor tersebut apakah ada yang putus sehingga mengakibatkan sensor ETC tidak bekerja barulah mengganti sensor tersebut jika semua dalam kondisi normal