Cara mengatasi DTC P0117- Engine Coolant Temperature Circuit Low Input
Cara mengatasi DTC P0117- Engine Coolant Temperature Circuit Low Input - Hallo semua Bengkel Karya Prima Motor, Pada Postingan kali ini yang berjudul Cara mengatasi DTC P0117- Engine Coolant Temperature Circuit Low Input, telah kami persiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel List DTC, ini dapat anda pahami. dan bermanfaat, selamat membaca.
Judul : Cara mengatasi DTC P0117- Engine Coolant Temperature Circuit Low Input
link : Cara mengatasi DTC P0117- Engine Coolant Temperature Circuit Low Input
Judul : Cara mengatasi DTC P0117- Engine Coolant Temperature Circuit Low Input
link : Cara mengatasi DTC P0117- Engine Coolant Temperature Circuit Low Input
Cara mengatasi DTC P0117- Engine Coolant Temperature Circuit Low Input
P0117 adalah kode kesalahan pada sensor ETC ini kurang tegangan sehingga bekerja kurang dari standar. ECM / ECU membaca kesalahan ini dikarnakan tegangan yang dikirim terlalu rendah. Sensor ECT ini fungsinya sebagai indikator panas yang nantinya terhubung dengan sistem pendingin lainnya.
Bila mesin mobil terlalu panas sensor ECM memberikan informasi ke ECM / ECU yang nantinya ECU / ECM itu sendiri yamg memerintahkan kipas radiator dan sistem pendingin lainya aktif, supaya mesin berjalan dengan kondisi panas yang normal. Sensor ini sangat penting jadi jangan mengabaikan peringatan tentang sensor ini, jika mesin terlalu panas bisa mengakibatkan over head mesin.
Letak dari sensor ECT ini berada disamping mesin mobil dekat dengan temostrat mobil.
Saya selalu menyarankan jangan terburu buru mengganti sensor tersebut, karna belum tentu sensor tersebut rusak. lebh baik kita cek secara manual dulu, apakah air radiator isi dan penuh. Jika sensor tersebut memberi informasi yang benar bahwa suhu mesin terlalu panas ini bahaya dapat menyebabkan kerusakan pasda mesin.
Pastikan semua jalur air pendingin tidak ada yang bocor, pastikan juga kipas pendingin itu jalan (tidak rusak) dan pastikan bahwa kondisi radiator dalam kondisi yang baik. jika semua benar suhu juga normal perhatikan kabel kabel yang menuju sensor tersebut apakah ada yang terkelupas
jika ada ini juga menyebabkan sensor tersebut kekurangan tegangan karna kabel yang terkelupas tersebut nempl pada bodi mesin mengakibatkan tegangan yang masuk kesensor tersebut kurang. Setelah dicek secara manual semua benar barulah mengganti sensor tersebut
Contoh gambar sensor ECT mobil CRV
Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0117
- Lampu check engine / indikator mesin menyala
- Saat mesin dingin susah untuk dihidupkan
- Mesin mobil terasa kasar / pincang saat pertama dihidupkan
- Mesin terasa normal ketika sudah hangat
- Tingkat pendingin mesin kurang / rendah
- Kabel yang terkelupas (putus)
- Termostrat rusak
- Radiator yang kotor
- Kekurangan air pendingin dalam mesin dan radiator
- Air pendingin yang bocor di salah satu selang atau radiator
- Kipas pendingin tidak berputar
- Kerusakan sensor ECT atau ada kabelputus sehingga ECT tidak bekerja dengan baik (lemah)
Cara mengatasi Diagnosis Troubel Code P0117
Saya selalu menyarankan jangan terburu buru mengganti sensor tersebut, karna belum tentu sensor tersebut rusak. lebh baik kita cek secara manual dulu, apakah air radiator isi dan penuh. Jika sensor tersebut memberi informasi yang benar bahwa suhu mesin terlalu panas ini bahaya dapat menyebabkan kerusakan pasda mesin.
Pastikan semua jalur air pendingin tidak ada yang bocor, pastikan juga kipas pendingin itu jalan (tidak rusak) dan pastikan bahwa kondisi radiator dalam kondisi yang baik. jika semua benar suhu juga normal perhatikan kabel kabel yang menuju sensor tersebut apakah ada yang terkelupas
jika ada ini juga menyebabkan sensor tersebut kekurangan tegangan karna kabel yang terkelupas tersebut nempl pada bodi mesin mengakibatkan tegangan yang masuk kesensor tersebut kurang. Setelah dicek secara manual semua benar barulah mengganti sensor tersebut