Postingan

ALTERNATOR REMOVAL AND INSTALLATION

Gambar
REMOVAL AND INSTALLATION Removal steps 1. Cooling fan 2. Fan clutch 3. Water pump pulley <<A>> >>A<< 4. Crankshaft pulley bolt >>A<< 5. Crankshaft pulley washer <<B>> >>A<< 6. Crankshaft pulley 7. Power steering pump bracket "A" 8. Power steering pump bracket "B" 9. Alternator assembly 10. Oil level gauge 11. O-ring 12. Oil level gauge guide 13. O-ring REMOVAL SERVICE POINTS <<A>> CRANKSHAFT PULLEY BOLT REMOVAL 1. Use special tool flywheel stopper (MB991883) to secure the flywheel <M/T> or inertia ring <A/T>. 2. Remove the crankshaft pulley bolt. <<B>> CRANKSHAFT PULLEY REMOVAL If the crankshaft pulley cannot be removed from the crankshaft, follow the procedure below. 1. Install the crankshaft pulley bolt and crankshaft pulley washer to the crankshaft pulley. At this time, the crankshaft pulley bolt must be loosened by 3 to 4 turns from the completely tightened state. 2. ...

TIPS JIKA TRANSMISI OTOMATIS NGELOCK DI POSISI P TIDAK BISA DI PINDAH KE NETRAL PADA PAJERO SPORT

Gambar
Kendaraan mitsubishi pajero sport tipe transmisi otomatis jika terjadi battery drop atau aki tekor saat kondisi transmisi di posisi P maka kendaraan tidak bisa didorong.Apabila mogok di tempat parkir dan kendaraan akan dibawa atau derek ke bengkel maka tidak bisa dilakukan karena kendaraan dalam posisi P atau Parkir. Karena jika battery drop handle transmisi tidak bisa dipindah dari posisi P ke posisi N meskipun pedal rem sudah di tekan.Tegangan aki yang drop tidak bisa mengaktifkan relay untuk membuka lock di posisi P sehingga akan terkunci. Hal yang harus dilakukan adalah mengganti battery baru dan dipasangkan ditempat sehingga akan bisa aktif kembali tidak ngelock di posisi P.Atau dengan cara battery di lepas dan kemudian di charge sehingga tegangan akan kembali normal dan relay akan aktif kembali. Yang banyak orang tidak tahu adalah ada lubang di depan handle transmisi otomatis yang berfungsi untuk apa.Sebenarnya lubang tersebut berfungsi untuk melepaskan lock secara manual dar...

Pengertian Mekanisme Katup

Gambar
Berikut saya akan menerangkan pengertian dan fungsi Mekanisme Katup,berikut ulasannya : Mekanisme Katup adalah Sistem untuk menggerakkan katup baik secara manual maupun hidrolis. dan dalam jangka waktu tertentu mekanisme tersebut harus di standartkan lagi, atau di setel ulang agar tenaga mesin seperti semula,  karena mekanisme katup mengatur membukanya katup sesuai waktunya. Walaupun kecepatan maksimal kendaraan, katup tidak akan sampai salah dalam membuka maupun menutup, oh iya KATUP sendiri berasal dari kata buKa dan tuTup sehingga di singkat menjadi KATUP, sesuai dengan fungsi komponen tersebut. Katup juga ada dua jenis yaitu : Katup IN katup untuk intake manifold Katup EX katup untuk exhaust manifold Dalam menstandartkan celah katup, menggunakan alat yang benama feeler gauge , biasanya untuk Kijang Super celah katup untuk IN adalah 0,2 dan 0,3. Jenis jenis dari mekanisme katup berdasarkan jenis penggeraknya adalah OHV ( Overhead Valve ) yaitu katup...

Fenomena RPM Naik Turun Pada Kendaraan Mitsubishi Xpander

Gambar
Kendaraan Xpander yang lagi ngetrend di tahun 2018 ini sangat mendongkrak penjualan mobil keluarga dari mitsubishi.Dengan adan banyak variant dari yang tipe GLX sampai tipe tertinggi yaitu tipe Ultimate.Dengan transmisi manual sampai pilihan transmisi automatic. Untuk tipe xpander khususnya tranmsisi otomatis mengalami gejala pada enginenya.Yaitu gejala rpm naik turun dengan sendirinya tanpa pedal gas ditekan saat kondisi air conditioner dinyalakan. Untuk gejala normal pada saat kendaraan AC dinyalakan maka rpm akan naik dengan sendirinya secara otomatis.Jika suhu cabin mencapai sesuai dengan temperatur yang disetting maka compresor mati secara otomatis dan begitu juga rpm akan turun.Kemudian setelah temperatur cabin berkurang maka compresor AC akan menyala  otomatis sehingga rpm akan naik otomatis.Kejadian ini berulang-ulang sesuai settingan dari temperatur yang dinginkan didalam cabin. Begitu juga ketika kendaraan dari posisi berjala kemudian berhenti maka rpm naik sedikit kemudi...

apa penyebab munculnya kode dtc grand livina P0132

Kode DTC P0132 pada Nissan Grand Livina menunjukkan masalah pada sensor oksigen (O2) di bank 1, sensor 1. Kode ini mengindikasikan adanya tegangan rendah yang terdeteksi dari sensor O2 tersebut. Beberapa kemungkinan penyebab munculnya kode DTC P0132 pada Nissan Grand Livina meliputi: Sensor Oksigen Rusak: Sensor oksigen (O2) di bank 1, sensor 1 mungkin mengalami kerusakan atau keausan. Hal ini dapat menyebabkan sensor menghasilkan tegangan yang tidak sesuai dengan harapan. Kabel Terputus atau Korsleting: Kabel yang terhubung ke sensor oksigen atau jalur kabel terkait dapat mengalami putus atau korsleting, mengganggu aliran sinyal dan menyebabkan tegangan rendah terdeteksi. Masalah pada Kontrol Modul Mesin (ECM) : Masalah pada kontrol modul mesin, yang mengatur dan menginterpretasikan sinyal dari sensor oksigen, juga dapat menyebabkan munculnya kode DTC P0132. Kondisi Mekanis yang Buruk: Ada kemungkinan ada masalah mekanis pada sistem pembuangan, seperti kebocoran di dekat sensor oksi...

DTC umum yang sering terjadi pada mobil Honda

Gambar
Berikut ini adalah beberapa kode DTC umum yang sering terjadi pada mobil Honda dengan sistem injeksi: P0117 - Engine Coolant Temperature Circuit Low Input: Terjadi masalah pada sensor suhu pendingin mesin atau jalur kabel terkait. P0131 - O2 Sensor Circuit Low Voltage (Bank 1 Sensor 1): Masalah pada sensor oksigen (O2) di bank 1, sensor 1. Penyebab yang mungkin adalah sensor O2 yang rusak atau jalur kabel terkait. P0420 - Catalyst System Efficiency Below Threshold (Bank 1): Efisiensi katalisator di bank 1 di bawah ambang batas. Kemungkinan penyebabnya adalah katalisator yang rusak atau masalah pada sensor oksigen. P1456 - Evaporative Emission Control System Leakage (Fuel Tank System): Terjadi kebocoran pada sistem kontrol emisi evaporatif, terutama pada sistem tangki bahan bakar. P2646 - VTEC Oil Pressure Switch Circuit Low Voltage: Terjadi masalah pada saklar tekanan minyak VTEC yang mengontrol mode VTEC pada mesin Honda. Penyebab yang mungkin adalah saklar yang rusak atau masalah pad...

Beberapa DTC umum yang sering terjadi pada mobil dengan sistem injeksi

Gambar
DTC (Diagnostic Trouble Code) adalah kode yang dihasilkan oleh sistem diagnosis kendaraan untuk mengidentifikasi masalah yang terkait dengan mobil injeksi. Berikut ini adalah beberapa DTC umum yang sering terjadi pada mobil dengan sistem injeksi: P0100 - Mass or Volume Air Flow Circuit Malfunction: Terjadi masalah pada sensor aliran udara atau jalur kabel terkait. P0171 - System Too Lean (Bank 1): Mixture udara-bahan bakar terlalu miskin di bank 1. Kemungkinan penyebabnya adalah masalah pada sensor oksigen, tekanan bahan bakar, atau kebocoran pada sistem hisap udara. P0172 - System Too Rich (Bank 1): Mixture udara-bahan bakar terlalu kaya di bank 1. Penyebab yang mungkin adalah tekanan bahan bakar yang terlalu tinggi, masalah pada sensor oksigen, atau regulator tekanan bahan bakar yang rusak. P0300 - Random/Multiple Cylinder Misfire Detected: Terjadi kepala silinder yang tidak berfungsi atau adanya misfire pada beberapa silinder. Penyebabnya bisa berupa busi yang rusak, masalah pada si...