DTC P0010 TOYOTA 1TR-FE
DTC P0010 TOYOTA 1TR-FE - Hallo semua Bengkel Karya Prima Motor, Pada Postingan kali ini yang berjudul DTC P0010 TOYOTA 1TR-FE, telah kami persiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Toyota, ini dapat anda pahami. dan bermanfaat, selamat membaca.
Judul : DTC P0010 TOYOTA 1TR-FE
link : DTC P0010 TOYOTA 1TR-FE
Sistem Variable Valve Timing (VVT) menyetel intake valve timing untuk meningkatkan kemampuan pengendaraan. Tekanan oli meisn memutar VVT controller untuk menyetel waktu valve.
Camshaft timing oil control valve assembly adalah solenoid valve dan memindahkan saluran oli mesin. Valve bergerak ketika ECM mengalirkan 12V ke solenoid. ECM mengubah waktu energi pada solenoid (duty-cycle) sesuai dengan posisi chamshaft, posisi crankshaft, posisi throttle, dll.
DTC dirancang untuk mendeteksi open atau short dalam sirkuit camshaft timing oil control valve assembly (untuk intake side).
Jika camshaft timing oil control valve duty-cycle terlalu tinggi atau rendah ketika ignition switch ON atau mesin sedang berputar, ECM akan menghidupkan MIL dan menyimpan DTC tersebut.
2.Putar ignition switch ke ON dan hidupkan GTS.
3.Hapus DTC (bahkan jika tidak terdapat DTC yang disimpan, lakukan prosedur yang menghapus DTC).
4.Putar ignition switch ke OFF dan tunggu minimal selama 30 detik.
5.Putar ignition switch ke ON dan hidupkan GTS.
6.Tunggu 5 detik atau lebih
7.Masuk ke menu berikut ini: Powertrain / Engine and ECT / Trouble Codes.
8.Baca pembatalan DTC.
9. Masuk ke menu berikut ini: Powertrain / Engine and ECT / Utility / All Readiness.
10. Input DTC: P0010.
11. Periksa hasil DTC judgment.
Ubah ignition switch ke ON.
Hidupkan GTS.
Hapus DTC setelah merekam freeze frame data dan DTC.
Putar ignition switch ke OFF dan tunggu minimal selama 30 detik.
Putar ignition switch ke ON dan tunggu 5 detik.
Hidupkan GTS.
Masuk ke menu berikut ini: Powertrain / Engine and ECT / Trouble Codes.
Baca DTC.
Powertrain > Engine and ECT > Trouble Codes
Hasil:
B ⇒ PERIKSA DARI PROBLEM INTERMITTENT
A
⇓
Ukur resistansi sesuaikan dengan nilai dalam tabel di bawah ini.
Resistansi Standar:
Bila hasilnya tidak sesuai spesifikasi, ganti camshaft timing oil control valve assembly.
NG ⇒ GANTI CAMSHAFT TIMING OIL CONTROL VALVE ASSEMBLY (UNTUK SISI INTAKE)
OK
⇓
b. Lepas hubungan konektor ECM.
c. Ukur resistansi sesuaikan dengan nilai dalam tabel di bawah ini.
Resistansi Standar:
OK ⇒ GANTI ECM
NG
⇓
PERBAIKI ATAU GANTI HARNESS ATAU KONEKTOR
Judul : DTC P0010 TOYOTA 1TR-FE
link : DTC P0010 TOYOTA 1TR-FE
DTC P0010 TOYOTA 1TR-FE
Memperbaiki Kerusakan DTC P0010 Kontrol Mesin Toyota 1TR-FE
PENJELASAN
P0010 Sirkuit Aktuator Posisi Camshaft "A" (Bank 1)Sistem Variable Valve Timing (VVT) menyetel intake valve timing untuk meningkatkan kemampuan pengendaraan. Tekanan oli meisn memutar VVT controller untuk menyetel waktu valve.
Camshaft timing oil control valve assembly adalah solenoid valve dan memindahkan saluran oli mesin. Valve bergerak ketika ECM mengalirkan 12V ke solenoid. ECM mengubah waktu energi pada solenoid (duty-cycle) sesuai dengan posisi chamshaft, posisi crankshaft, posisi throttle, dll.
PENJELASAN MONITOR
DTC dirancang untuk mendeteksi open atau short dalam sirkuit camshaft timing oil control valve assembly (untuk intake side).
Jika camshaft timing oil control valve duty-cycle terlalu tinggi atau rendah ketika ignition switch ON atau mesin sedang berputar, ECM akan menghidupkan MIL dan menyimpan DTC tersebut.
KONFIRMASI POLA PENGENDARAAN
1.Hubungkan GTS ke DLC3.2.Putar ignition switch ke ON dan hidupkan GTS.
3.Hapus DTC (bahkan jika tidak terdapat DTC yang disimpan, lakukan prosedur yang menghapus DTC).
4.Putar ignition switch ke OFF dan tunggu minimal selama 30 detik.
5.Putar ignition switch ke ON dan hidupkan GTS.
6.Tunggu 5 detik atau lebih
7.Masuk ke menu berikut ini: Powertrain / Engine and ECT / Trouble Codes.
8.Baca pembatalan DTC.
PETUNJUK:
- Jika output DTC tertunda, sistem malfungsi.
- Jika output DTC tidak tertunda, lakukan prosedur berikut.
9. Masuk ke menu berikut ini: Powertrain / Engine and ECT / Utility / All Readiness.
10. Input DTC: P0010.
11. Periksa hasil DTC judgment.
PETUNJUK:
- Jika hasil judgment (penilaian) menunjukkan NORMAL, sistem normal.
- Jika hasil judgment (penilaian) menunjukkan ABNORMAL, sistem mengalami kerusakan.
- Jika nilai judgment menunjukkan INCOMPLETE atau N/A, lakukan Mengkonfirmasi Pola Pengendaraan dan periksa DTC hasil judgment kembali.
WIRING DIAGRAM
PERINGATAN / PERHATIAN / PETUNJUK
PETUNJUK:
Baca freeze frame data menggunakan GTS. ECM merekam informasi kondisi kendaraan dan pengendaraan sebagai freeze frame data saat DTC disimpan. Ketika melakukan troubleshooting, freeze frame data dapat membantu menentukan apakah kendaraan telah berjalan atau diam, apakah mesin panas atau tidak, apakah rasio udara-bahan bakar gemuk atau kurus, dan penyimpanan data lain sewaktu terjadi kerusakan.
PROSEDUR PEMERIKSAAN DTC P0010
1.BACA DTC OUTPUT (DTC P0010)
Hubungkan GTS ke DLC3.Ubah ignition switch ke ON.
Hidupkan GTS.
Hapus DTC setelah merekam freeze frame data dan DTC.
Putar ignition switch ke OFF dan tunggu minimal selama 30 detik.
Putar ignition switch ke ON dan tunggu 5 detik.
Hidupkan GTS.
Masuk ke menu berikut ini: Powertrain / Engine and ECT / Trouble Codes.
Baca DTC.
Powertrain > Engine and ECT > Trouble Codes
Hasil:
B ⇒ PERIKSA DARI PROBLEM INTERMITTENT
A
⇓
2.PERIKSA CAMSHAFT TIMING OIL CONTROL VALVE ASSEMBLY (UNTUK INTAKE SIDE)
a. Periksa camshaft timing oil control valve assembly (untuk sisi intake).Ukur resistansi sesuaikan dengan nilai dalam tabel di bawah ini.
Resistansi Standar:
Bila hasilnya tidak sesuai spesifikasi, ganti camshaft timing oil control valve assembly.
Periksa cara kerja.
Alirkan voltase baterai antara terminal dan periksa bahwa spool valve beroperasi.PETUNJUK:
- Masalah di spool valve yang kembali disebabkan oleh menempel lumpur atau benda asing kadang-kadang menyebabkan sedikit kebocoran tekanan ke advanced side dan menyebabkan deteksi DTC.
- Jika spool valve macet, ganti camshaft timing oil control valve assembly.
NG ⇒ GANTI CAMSHAFT TIMING OIL CONTROL VALVE ASSEMBLY (UNTUK SISI INTAKE)
OK
⇓
3. PERIKSA HARNESS DAN KONEKTOR (CAMSHAFT TIMING OIL CONTROL VALVE ASSEMBLY (UNTUK INTAKE SIDE) - ECM
a. Lepas hubungan konektor camshaft timing oil control valve assembly (untuk intake side).b. Lepas hubungan konektor ECM.
c. Ukur resistansi sesuaikan dengan nilai dalam tabel di bawah ini.
Resistansi Standar:
OK ⇒ GANTI ECM
NG
⇓
PERBAIKI ATAU GANTI HARNESS ATAU KONEKTOR