Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

DIAGRAM KATUP

=================================================================
Secara teori tentang cara kerja motor empat langkah katup dianggap membuka dan menutup tepat pada posisi TMA dan TMB. Tetapi pada posisi yang sebenarnya tidak demikian, 

kedua katup membuka lebih awal dan menutup lebih lambat. Katup hisap membuka sebelum TMA dan menutup sesudah TMB, dan katup buang membuka sebelum TMB dan menutup sesudah TMA. 

Hal ini diperlukan untuk memberikan waktu yang cukup untuk memasukkan atau mengeluarkan muatan silinder (gas baru atau gas bekas).

Untuk melihat secara nyata bagaimana kerja mekanisme katup secara utuh adalah sulit, untuk memudahkanya dapat dibuat dalam suatu diagram. 

Dengan diagram dapat dijelaskan kapan katup mulai membuka dan menutup., mekanisme diatas sedemikian rupa sehingga seluruh proses berjalan dengan tepat dan cepat. 

Lama kerja katup (valve timing) ditentukan oleh bentuk nok (bubungan) camshaft. Bila diagram katup berubah misalnya akibat celah katup tidak sesuai), 

hal ini akan mempengaruhi unjuk kerja motor.
Lihat diagramkatup berikut ini :


Demikianlah pembahasan kali ini tentang mekanisme katup pada mesin mobil, semoga dapat bermanfaat.
=================================================================

Injector Everest

=================================================================

Harga : Rp.1 500.000
Merk : Ford Everest
Kondisi : Bekas
Order = Klik disini =================================================================

Drive-Shaft L200

=================================================================
Drive-Shaft L200
Harga : Rp.1.500.000
Kondisi : Baru
Order = Klik disini













=================================================================

Halaman