Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

Cara Mengatasi DTC P0107

=================================================================
DTC P0107 -  Manifold Absolute Pressure (MAP) Barometric Pressure Circuit Low Input
P0107 adalah kode masalah pada MAP sensor yang kekurangan tegangan sehingga sensor tersebut tidak bekerja dengan maksimal. MAF sensor adalah sensor yang membaca tekanan udara dari manifold yang bertugas memberi informasi ke ECM/ECU,

untuk mengatur jumlah bahan bakar yang harus dikeluarkan kedalam mesin mobil. MAF sensor ini sangat penting dalam sistem pengaturan bahan bakar.

Lokasi sensor ini biasanya nempel (tidak jauh) dari box filter udara


Contoh gambar MAP sensor XENIA


Kemungkinan gejala pada mobil DTC menujukan kode P0107
  • Indikator mesin menyala / chek engine nyala kuning
  • Mobil terasa boros bahan bakar
  • Mobil pincang (getar)
  • Asap knalpot berwarna hitam, dan bau bensin mentah (bagi yang ahli mesin)
  • Mesin susah hidup (kalau sudah parah)
Kemungkinan penyebab DTC menujukan kode P0107
  • MAP sensor rusak (lemah)
  • Selang vakum yang menuju sensor lepas
  • Kebocoran selang udara yang mengakibatkan kinerja MAF sensor kurang
  • Putusnya kabel atau konsleting listrik sehinga MAP sensor tidak bekerja
  • ECM / ECU yang rusak 
Cara mengatasi Diagnosis Traubel Code P0107
    
Saya menyarankan jangan terburu buru untuk mengganti MAP sensor, karna mengganti sensor tersebut belum tentu menyelesaikan masalah pada mobil. Bisa jadi cuma selang yang lepas atau kabel yang putus. 

periksalah keseluruhan daerah map sensor apakah selang vakum terlepas atau ada kebocoran. Apakah semua kabel nya benar kabel yang putus nyambung (kabel terkelupas mengenai bodi mesin) juga mengakibatkan kekurangan tegangan, jika semua benar dapat dipastikan map sensor tersebut lemah

Catatan tambahan ini pengalaman saya untuk MAP sensor yang cuma selang vakum lepas di diagnosis pakai alat scanner biasanya tidak kelihatan atau no traubel codes. Tetapi gejala yang timbul sama persis seperti diatas dari boros bensin, pincang, dan asap hitam.

 


=================================================================

Nissan Grand Livina, Transmisi alot masuk gigi 1 dan R

=================================================================
Masalah trouble dikendaraan sering kita temui setiap saat.Meskipun kendaraan habis di lakukan service namun ada saja kendala yang baru akan muncul.Seperti kasus di nissan grand livina yang susah masuk gigi 1 dan mundur.

Jika kita lihat dari teori service apabila transmisi susah masuk gigi bisa disebabkan oleh kampas kopling yang telah aus atau dari system hydrolik kopling yang bermasalah.Kali ini trouble yang dibahas adalah kerusakan dari system hydrolik kopling.


Susah masuk gigi transmisi jika ini terjadi lakukan pemeriksaan terhadap kondisi jumalh minyak koplingnya.Jika tidak ada minyak kopling maka minyak kopling menjadi satu reservoir terhadap minyak rem.Jumlah minyak kopling yang berkurang menandakan ada keboroan di system kopling sehingga transmisi menjadi alot.

Tipe dari power clutch untuk kendaraan ini berada didalam rumah kopling yaitu didalam front case dari transmisi.Sehingga jika rusak atau terjadi rembesan minyak kopling maka untu mengganti komponen ini harus menurunkan transmisi.Setelah itu akan terlihat power clutch yang rembes bahkan jika sudah parah akan terjadi kebocoran minyak kopling.

Ganti power clutch secara assy karena menjadi satu kesatuan dengan release bearing.Untuk harga sangat terjangkau karena di part shop juga disediakan spare part non genuine yang kualitasnya juga baik.Namun untuk kualitas masih bagus menggunakan genuine part.

Untuk power clutch ini tidak dilengkapi dengan bleding sehingga jika dilakukan penggantian maka setelah dipasang langsung siap digunakan.Tidak perlu bleeding angin di system kopling.Lebih praktis dan tentunya lebih cepat karena kendaraan akan siap untuk digunakan.

=================================================================

Halaman