Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

Cara Mengatasi DTC P0175 - System Too Rich Bank 2

=================================================================

P0175 sistem terlalu tinggi  (bank 2) kode kesalahan ini muncul ketika ECM / ECU mendeteksi bahwa rasio bahan bakar terlalu tinggi, ini disebsbkan karna terlalu banyak bahan bakar yang masuk dan udara yamg masuk terlalu sedikit. Jadi ECM / ECU tidak bisa menyeimbangkan rasio bahan bakar dan menyimpam kode kesalahan ini.

Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0175
  • Lampu indikator mesin menyala / check engine nyala
  • Konsumsi bahan bakar berlebihan , mobil terasa boros
  • Knalpot mengeluarkan asap hitam
Kemungkinan penyebab DTC menunjukan kode P0175
  • Injektoor bocor
  • Busi yang mati
  • Ada maslah pada MAF sensor dan MAP sensor
  • Saluran vakkum udara mampet
  • ECM / ECU yang rusak juga bisa menyaebabkan terjadinya semua DTC
Cara mengatasi Diagnosis Troubel Code P0175

Periksa inkjektor dan busi injektor yang bocor mengakibatkan bahan bakar keluar terus sehingga bahan bakar dalam pembakaran berlebihan, Busi yang mati tidak bisa membakar bahan bakar didalam ruang bakar. 

Vakum udara yang mampet atau bocor  filter udara yang mampet (kotor) mengakibatakan jumlah udara yang masuk sedikit. Bersihkan sensor O2, sensor oksigen juga ikut berperan pada kode ini.
=================================================================

Cara Mengatasi DTC P0102 - Mass or Volume Air Flow Circuit Low Input

=================================================================
 DTC P0102 - Mass or Volume Air Flow Circuit Low Input 

P0102 Adalah kode kesalahan pada MAF Sensor karna kekurangan tegangan sehingga tidak sesuai dengan program dari ECM / ECU, MAF Sensor ini berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke throttle body yang natinya masuk pada ruang bakar. 

Sensor ini mengukur laju asupan udara dengan cara medeteksi panas yang ada dalam selang udara utama semakin banyak udara yang masuk maka sensor akan dingin. dengn cara tersebut sensor medeteksi seberapa banyak udara yang masuk ke throttle body dan melaporkan hasil bacaan tersebut ke ECM / ECU.

Lokasi sensor biasanya nempel pada selang udara utama. ditengah tengah antara filter udara dengan throttle body

 Contoh MAF Sensor KIA

Contoh MAF Sensor eskudo

Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0102
  • Indikator mesin menyala / check engine nyala
  • Mobil sedikit kurang bertenaga
  • Tak ada gejala yang terlalu kelihatan, mesin mendekati normal
Kemungkinan penyebab DTC menunjukan kode P0102
  • Filter udara yang kotor
  • Kebocoran pada selang udara
  • Adanya konsleting listrik pada sensor (kabel putus)
  • ECM / ECU yang rusak bisa memunculkan semua DTC (kasus jarang terjadi)
Cara mengatasi Diagnosis Troubel Code P0102

Jangan terburu buru mengganti sensor tersebut periksalah secara manual dulu dan pastikan tidak ada faktor yang menyebabkan MAF sensor bekerja tidak semestinya (tidak normal).Hapus DTC menggunakan alat dignosis mobil (scanner), jalankan mobil jika masih muncul peiksa adakah kebocoran pada fakum udara,  

Bersihkan filter udara yang kotor, dan MAF sensor yang kotor membuat bacaan dari sensor tersebut tidak sesuai dengan standarisasinya. Periksa adakah kebocoran pada selang udara utama, periksa apakah ada kabel yang putus yang menuju sensor tersebut. Ganti sensor tersebut jiaka rusak
=================================================================

Cara Mengatasi DTC P0108 Manifold Absolute Pressure (MAP) Barometric Pressure Circuit High Input

=================================================================
DTC P0108 Manifold Absolute Pressure (MAP) Barometric Pressure Circuit High Input

P0108 adalah kode masalah pada MAP sensor yang berlebihan tegangan listrik, yang dikirim dari ECU / ECM sehingga sensor tersebut tidak bekerja secara berlebihan. 

MAF sensor adalah sensor yang membaca tekanan udara dari manifold yang bertugas memberi informasi ke ECM/ECU, untuk mengatur jumlah bahan bakar yang harus dikeluarkan kedalam mesin mobil. MAF sensor ini sangat penting dalam sistem pengaturan bahan bakar.

Lokasi sensor ini biasanya nempel (tidak jauh) dari box filter udara (tergantung jenis mobil)

Contoh gambar map sensor mobil AVANZA

Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0108
  • Indikator mesin menyala / chek engine nyala kuning
  • Mobil terasa boros bahan bakar
  • Mobil pincang (getar)
  • Asap knalpot berwarna hitam, dan bau bensin mentah (bagi yang ahli mesin)
  • Mesin susah hidup (kalau sudah parah)
Kemungkinan penyebab DTC menunjukan kode P0108
  • MAP sensor rusak (lemah)
  • Selang vakum yang menuju sensor lepas
  • Kebocoran selang udara yang mengakibatkan kinerja MAF sensor kurang
  • Putusnya kabel atau konsleting listrik sehinga MAP sensor tidak bekerja
  • ECM / ECU yang rusak 
Cara mengatasi Diagnosis Troubel Code P0108

Saya menyarankan jangan terburu buru untuk mengganti MAP sensor, karna mengganti sensor tersebut belum tentu menyelesaikan masalah pada mobil. Bisa jadi cuma selang yang lepas atau kabel yang putus. periksalah keseluruhan daerah map sensor apakah selang vakum terlepas atau ada kebocoran. 

Apakah semua kabelnya benar kabel yang konsleting (tergabung) juga mengakibatkan kelebihan tegangan karna mendapatkan aliran tegangan dari sumber yang lain, jika semua benar dapat dipastikan map sensor tersebut lemah (rusak)

Catatan tambahan ini pengalaman saya untuk MAP sensor yang cuma selang vakum lepas di diagnosis pakai alat scanner biasanya tidak kelihatan atau no traubel codes. Tetapi gejala yang timbul sama persis seperti diatas dari boros bensin, pincang, dan asap hitam.
=================================================================

Halaman