Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

Mengenal 10 Sensor EFI dan Fungsinya Pada Mobil

=================================================================
Sudah waktunya, kita belajar tentang sensor EFI dan fungsinya. Jadi kalau lagi ngerjain trouble bisa lebih cepat.

Tapi jangan ketuker ya lurr antara sensor dan aktuator. Beda lho fungsinya. Kalau sensor fungsinya memberi informasi ke ECU. Sedangkan aktuator fungsinya diperintah oleh ECU.

Gini lho lurr. Sensor itu ibarat indra pada tubuh manusia. Itu lho; mata, hidung, lidah, telinga, kulit. Jadi kasih info aja ke otak. Kalau aktuator ibarat otot-otor kita. 

Misal kita nyium bau kentut. Otak menghitung dan segera memberi perintah ke tangan untuk nutup hidung. 

Kembali ke sensor efi dan fungsinya, kita harus ingat yang memberi informasi saja. Misal info suhu air, info suhu udara, dll

Apa saja sensor efi dan fungsinya?

Saya akan urutkan dari yang paling prioritas. Yaitu pengukur putaran mesin, pengukur udara dan baru beberapa sensor lain.

CKP Sensor

CKP singkatan dari crankshaft position sensor. Ingat lurr, sesuai namanya letaknya berarti di sekitar kruk as (crankshaft). Jangan cari-cari di tempat lain.

Ada yang di deket puly, ada juga yang di deket roda gendeng (fly wheel). Walaupun model jaman dulu letaknya di distributor. 

Fungsi CKP sensor medeteksi putaran mesin lur.. jadi rpm mesin dari sensor ini. Selain itu juga ngasih tahu posisi sudut engkol. Makanya pengapian dan injeksi bisa tepat sasaran.

CMP sensor

CMP singkatan dari camshaft. Artinya CMP sensor letaknya di sekitar poros nok (cam shaft). Tapi hati-hati bisa ketuker sama selenoid vvti. 

Maksudnya bukan barangnya sama, tapi kadang kita berasumsi kalau selenoid itu adalah CMP sensor, padahal bukan. Nyebelin kan..

Fungsi CMP sensor sama dengan CKP sensor. Hanya saja CMP lebih teliti dari CKP. Kita mesti inget-inget lurr, cara kerja mesin 4 tak. Dalam satu siklus poros engkol berputar 2 kali sedangkan poros nok berputar 1 kali. Jadi terjawab kan mana yang lebih teliti?

MAP sensor

sensor efi dan fungsinya pada mobil, MAP sensor

MAP singkatan dari Manifold Absolute Pressure. Jadi sensor ini yang membaca tekanan di intake manifold. Pinternya ECU, dari besarnya tekanan bisa tahu jumlah udara yang masuk ke silinder lho. Nga tahu deh ngitungnya gimana

Letaknya dimana?
Sejauh yang saya temui, ada 3 kemungkinan posisi lurr. 

  • Nempel di manifold kayak cicak
  • Di sekitar manifold dan biasanya di kasih selang menuju MAP sensor
  • Di dalam ECM mesin dengan disambung selang vakum.

Air Mass Sensor

sensor efi dan fungsinya pada mobil, air mass sensor

Air mass ini memang fungsinya untuk nimbang udara, jadi ketahuan berat (massa) udara yang masuk berapa. Kalau sudah ketahuan, ECU akan ngatur juga berapa lama injektor harus nyemprot sesuai dengan programnya.

Untuk letaknya ada di dekat filter udara. Seringnya memang nempel disitu. Dari pengalaman spw, airmass terkadang nyatu sama pengukur temperatur udara (IAT).

Air Flow meter

Kalau tipe ini sebenarnya sudah tidak digunakan dimobil. Kalau saya lihat banyak di pakai di mobil tahun 80-an. Fungsinya sama untuk mengukur udara. Tetapi dengan cara mengukur aliran udara yang masuk ke intake manifold. Sensor ini diletakkan di dekat filter udara.

Pada mobil umumnya menggunakan salah satu dari tiga pengukur udara diatas. Kalau menggunakan MAP disebut tipe D, sedangkan kalau menggunakan air mass disebut tipe LH. 

TPS Sensor


TPS singkatan dari Throttle Position Sensor. Fungsinya untuk membaca bukaan throttle. Misalnya ketika di gas lurr. Kalau jaman dulu TPS ini hanya membaca idle, setengah dan full. Tetapi sekarang bisa membaca setiap sudut pembukaan throttle.

Kalau dari namanya berarti letaknya di dekat throttle. Dan kalau dimobil-mobil yang ga pakai kabel gas, TPS menyatu dengan motor throttle body.

Ketika dapat info dari TPS, ECM akan memproses beberapa hal.

  • ketika idle ECM akan mengatur ISC
  • ketika Throttle dibuka tiba-tiba, ECM akan membacanya sebagai akselerasi
  • ketika Throttle terbuka penuh, ECM akan membaca kalau mobil sedang beban penuh.
Kira-kira dengan kejadian diatas ECM mengaktifkan apa lurr?


ECT Sensor

ECT sensor singkatan dari Engine Coolant Temperature Sensor. Ada yang menyebutnya WTS (water temperature sensor). Karena tugas dia membaca suhu air pendingin, letaknya di jalur sistem pendingin. Kebanyakan di dekat termostat.

Sensor ini yang memberi informasi ke ECM kondisi suhu kerja mesin. Dari info ini, ECM akan melakukan pengayaan ketika dingin. Menyalakan kipas radiator ketika panas, dll

IAT sensor

IAT atau Intake air temperature sensor ini mengukur suhu udara masuk lurr. Ngapain repot-repot diukur? 

Ternyata memang ada hitungannya lurr. Saya sih ga bisa ngitungnya. Tetapi yang saya tahu kalau menjemur balon lama-lama mengembang. Artinya kan memang air kalau panas mengembang dan kalau dingin lebih rapet. Jadi ngaruh di timbangan airmass ya?

Untuk letaknya, kalau ga nyatu dengan airmass, dia ada dijalur setelah filter sebelum throttle.

Lamda Sensor


Namanya banyak lurr. Ada yang nyebut lamda sensor, oksigen sensor, AFR sensor. Letaknya di knalpot. Kalau mobil sudah pakai katalitik, pasti dipasang sebelum dan sesudah. Kalau mesinnya V, jadinya ada 4.

Hal diatas yang kadang bikin bingung banyak orang. Misalnya ada kasus Lamda sensor 1 bank 2. Nah beberapa orang ga nyangka di mobil ada bank (hehe). Tapi ga mau saya bahas sekarang ah... nanti aja

Ke fungsi dulu ya lurr. Fungsi lamda sensor yang depan untuk membaca hasil pembakaran. Bagus apa jelek, gemuk atau kurus. Informasi ini yang digunakan ECM untuk mengatur kembali jumlah injeksi bahan bakar.

Fungsi lamda sensor yang belakang katalitik, untuk mengawasi kerja katalitik. Jadi gas buang yang melewati katalitik harus lebih bagus dari hasil pembakaran. Kurang lebihnya gitu lurr.

Knock sensor.

Sesuai namanya, fungsinya untuk mendeteksi knocking atau ngelitik. Kalau ECM tahu ngelitik, dia akan mengatur timing pengapian. Salah satu fungsinya seperti oktan selektor pada mobil jadoel, hanya saja ini otomatis.

Letaknya ada di blok mesin. Kalau teori yang saya dapat, 1 knock sensor bisa mendeteksi 3 silinder. Silahkan buktikan sendiri lurr.


Sebenarnya masih banyak lurr. Tapi sensor-sensor diatas adalah yang paling dasar. Nanti kita sambung lagi deh

Salam kunci
=================================================================

Harga mobil agya

=================================================================
Seperti biasa disini penulis akan membahas tentang harga mobil toyota agya lengkap dengan spesifikasi, keunggulan dan kelebihan mobil tersebut serta selalu update harga

jika ada kenaikan maupun turun harga jual pasaran. mobil tersebut memang sangat banyak peminat dari awal peluncuran produk baru yang memang harga mobil ini sendiri sangat murah berkisar dibawah harga 100 juta rupiah.

untuk itu mobil ini sangat laris manis dan tak kalah saing dengan mobil Chevrolet Aveo dan mobil lain nya.

Mobil Agya adalah mobil tipe atau jenis city car yang diproduksi oleh perusahaan toyota yang sangat menarik dan termurah.

disamping harga yang sangat murah akan tetapi mobil ini sangat handal, dari kecepatan laju mobil ini sangat kencang seperti nama nya yaitu agya yg artinya cepat,

karena mesin mobil ini memiliki 1000cc DOHC silinder dengan sistem bahan bakar menggunakan injeksi atau EFI. kapasitas penumpang mobil ini adalah 5 orang seperti mobil Honda Brio maupun mobil tipe City car lain nya.

kembaran mobil agya ini adalah mobil daihatsu ayla yang memang hampir sama persis akan tetapi harga, kelebihan dan keunggulan mobil ini mempunyai perbedaan tersendiri.

Harga Mobil, Toyota Agya, Murah, 2012, 2013, 2014, 2015Toyota Ayga mempunyai fitur-fitur yang sangat menarik seperti double airbags, power steering, fog lamp, elektrik mirror,

elektrik window auto, door lock dan masih banyak lagi, untuk bahan bakar mobil toyota agya ini sangat irit dibanding dengan tipe mobil city car lain

seperti Honda Jazz dan Toyota Yaris. eksterior mobil ini yang terlihat mewah dan menarik fitur-fitur safety yang sangat aman,

sparepart juga mudah didapat dan harga juga sangat murah tentunya. bagi anda yang ingin memiliki mobil ini sebagai mobil idaman dan tidak tahu harga pasaran maka bisa langsung di lihat info harga di bawah ini:

HARGA MOBIL TOYOTA AGYA BARU

JENIS MOBIL HARGA
Harga Toyota Agya E MT Rp. 100.400.000
Harga Toyota Agya E AT Rp. 110.800.000
Harga Toyota Agya G MT Rp. 107.200.000
Harga Toyota Agya G AT Rp. 116.800.000
Harga Toyota Agya TRD S MT  Rp. 111.700.000
Harga Toyota Agya TRD S AT Rp. 121.300.000

 

HARGA MOBIL TOYOTA AGYA BEKAS

JENIS MOBIL TAHUN HARGA
Agya G M/T 2013 Rp. 100.000.000
Agya G TRD A/T 2013 Rp. 110.000.000

Tak lupa kunjungi informasi harga mobil Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia serta info harga mobil menarik lain nya hanya disini
=================================================================

Letak Dan Lokasi Fuse,Relay Dari Kendaraan Mitsubishi Xpander

=================================================================

Pemilik kendaraan pasti belum mengerti apa itu fuse dan fungsinya untuk apa.Apabila sudah terjadi troble dijalan maka akan tidak mengerti apa penyebabnya sehingga akan bingung.Artikel kali ini saya buat untuk informsi tentang letak dari fuse atau juga disebut dengan sakering.

Karena kendaraan sekarang semuanya menggunakan system electrical maka sebaiknya anda mengetahui letak atau lokasi dari sakering atau fuse.Sehingga jika terjadi kerusakan dijalan yang urgent maka anda sendiri bisa memperbakinya.Misal pada perjalanan malam hari,tiba-tiba lampu kepala mati sebelah sehingga anda bisa memeriksa apakah fuse yang putus atau bolampnya yang putus.

Sehingga anda bisa memeriksa fuse sebelah mana harus diperiksa dan jika putus bisa diganti sendiri sehingga trouble akan teratasi.Berbicara untuk kendaraan xpander letak dari fuse atau sakering ada dibagian engine dan bagian cabin dibawah dashborad.Gambar diatas adalah tutup dari lokasi fuse yang ada di sekitar engine yaitu bagian depan kendaraan.

Dari situ terlihat ada kode huruf dan gambar juga ada tulisan 10A ,15A dan lain-lain.Yang artinya kode tersebut adalah letak dan fuse dan relay.Untuk kode gambar menandakan fuse tersebut untuk sesuai gambar.Misal gambar pada F23 dan F24 merupakan gambar untuk headlamp atau lampu kepala jarak jauh.Maka jika fuse tersebut putus akibatnya headlamp untuk jarak jauh akan mati.

Kode gambar F20 dan F21 adalah gambar untuk headlamp jarak dekat karena dari gambar ada garis bergerak kebawah menandakan lampu menyorot kebawah atau headlamp jarak dekat.Fungsinya sama jika fuse putus maka lampu jarak dekat akan mati.Untuk gambar seperti terompet adalah kode fuse atau relay untuk klakson.

Lokasi dari fuse dan relay dari mitsubishi xpander ada dibagian depan di ruang engine sebelah kiri.Disitu terlihat ada kotak hitam dan ada penutupnya.Jika penutup dibuka maka akan terlihat beberapa fuse dan relay.Untuk menentukan fuse dan relay untuk system apa dapat dibaca pada sticker di penutup rumah fuse tersebut.

Banyak gambar dan kode dari yang sudah saya contohkan namun tidak dapat saya bahas satu persatu,jika ada yang kurang jelas akan kode gambar di gambar di atas dapat meninggalkan komentar dibawah.Semoga bermanfaat dan dapat menjadi informasi yang penting bagi pemilik kendaraan. =================================================================

Cara Mengatasi DTC P0112 - Intake Air Temperature Circuit Low Input

=================================================================
DTC P0112 - Intake Air Temperature Circuit Low Input

P0112 adalah kode kesalahan dalam mobil yang membaca sensor IAT kurang tegangan atau tegangan yang dikirim ke ECU/ECM kurang. IAT sendiri berfungsi melaporkan suhu dan tekanan udara yang masuk kedalam mesin mobil dan melaporkan nya ke ECU / ECM. Bila ada masalah atau kerusakan pada IAT maka ECU/ECM mendapatkan informasi yang tidak benar dan memunculkan kode kesalahan pada mobil sesuai dengan apa yag di bacanya.

Sensor ini biasanya terletak di box filter udara

Contoh gambar sensor IAT

Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0112

  • Kerusakan IAT tidak ada gejala yang terlalu mencolok
  • Lampu indikator mobil menyala
  • Asap knalpot sedikit hitam
  • Mobil sedikit boros
  • Kerusakan internal dalam jangka panjang

Kemungkinan penyebab DTC menunjukan kode P0112
  • Filter udara mobil yang kotor
  • Putusnya kabel yang menuju sensor sehiggga sensor tidak mendapat asupan listrik
  • Lepasnya IAT dari tempatnya sehingga tidak bisa membaca suhu udara yang masuk ke mesin
  • Sensor IAT yang rusak
  • ECM / ECU erorr

Cara mengatasi Diagnosis Troubel Code P0112

Kode ini memang ga begitu mengganggu tetepi alangkah baiknya dibetulkan, selain lampu indikator mobil yang menyala jika tidak di beneri kesalahan ini bisa membuat eror ke sensor lain karna sensor dimobil saling terhubung satu sama lain, kerusakan mesin dalam jangka panjang bisa saja terjadai. 

Bersihkan saringan udara, coba hilangkan DTC dengan menggunakan alat diagnosis mobil lalu hilangkan. Jika masih muncul coba periksa kembali soket dan kabel kabel yang menuju sensor IAT. Ganti sensor IAT jika sudah di cek semua dalam kondisi normal.
=================================================================

Cara Kerja Mesin 4 Tak Bensin dan Diesel

=================================================================
sebagai montir, harusnya kita tahu cara kerja mesin bensin 4 tak bensin dan diesel. Karena ini adalah ilmu dasar dari mesin. Ya tho?

Kalau mau ngrekrut montir, pertanyaanku yang pertama pasti ini. Yang menyedihkan, kadang banyak lho yang ga paham. Dari 10 orang kadang cuma 2 yang bisa jawab. Itupun ga lengkap. Mungkin karena dianggap ga penting ya..

Sebenarnya kalau ngomongin mesin 4 tak bensin dan diesel itu ada kemiripan. Tapi ada beda juga. Jadi mending dibahas satu persatu ya lurr...

Cara kerja mesin 4 tak bensin



Mesin 4 tak itu perlu 4 langkah piston bolak balik untuk menghasilkan 1 kali usaha. Untuk 4 langkah itu, putaran poros engkol berputar 2 kali. Baik mesin besin ataupun diesel sama. Yang beda adalah cara masuknya bahan bakar.

Keempat langkah diatas ada urutanya lho, ga boleh di bolak-balik. Yaitu
  • Langkah hisap,
  • Langkah kompresi
  • Langkah usaha
  • Langkah buang
Udah sering denger kan? Buat calon montir, mending diingat-ingat dan mulai dimengerti. Kayak kita kok, makan, diproses, jadi tenaga trus dibuang.

1. Langkah Hisap

Tujuan dari langkah ini adalah untuk memasukkan bahan bakar dan udara yang sudah berbentuk kabut. Proses yang terjadi itu seperti ini lurr
  • Piston bergerak dari TMA ke TMB sehingga terjadi hisapan
  • Posisi katup hisap terbuka dan katup buang tertutup
  • Campuran udara dan bahan bakar akan masuk kedalam silinder
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)

2. Langkah Kompresi

Tujuan dari langkah kompresi adalah untuk memampatkan campuran udara dan bahan bakar agar mudah terbakar. Proses yang terjadi seperti ini lurr.
  • Piston bergerak dari TMB ke TMA
  • Posisi katup hisap dan buang tertutup
  • Campuran bahan bakar dan udara akan dimampatkan didalam silinder. Karena tekanan naik, efeknya juga menjadi lebih panas
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)

Saat ini campuran udara dan bahan bakar akan dikompresikan di dalam ruang bakar. Tekanan kompresi mesin bensin akan naik menjadi 8-13 bar.

3. Langkah Usaha

Langkah usaha ini adalah efek dari hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara. Dan tenaga akan disalurkan ke poros engkol. Proses yang terjadi seperti ini lurr.
  • Piston terdorong ledakan dari TMA ke TMB
  • Posisi katup hisap dan katup buang masih tertutup
  • Beberapa derajat sebelum TMA, busi memercikkan api sehingga akan membakar campuran 
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)

4. Langkah Buang

Langkah buang bertujuan untuk membuang sisa gas pembakaran ke udara luar. Proses yang terjadi seperti ini lurr

  • Piston bergerak dari TMB ke TMA 
  • Kondisi katup buang terbuka dan katup hisap tertutup.
  • Gas sisa pembakaran akan didorong keluar dari ruang silinder
  • Poros engkol berputar  setengah putaran (180 derajat)
Buat yang punya kuota lebih, mendingan nonton dulu animasinya dari chanel youtube montir tv, biar lebih paham.



Penjelasan diatas adalah cara kerja mesin 4 tak bensin. Baik untuk mesin bensin dengan sistem bahan bakar karburator, maupun dengan sistem bahan bakar bensin injeksi. Tetapi untuk mesin bensin direct injection terdapat sedikit perbedaan.

Bagaimana jadi lebih jelas? Kalau sudah jelas lanjut ke mesin diesel


Cara kerja mesin 4 tak Diesel



Pada mesin 4 tak diesel mempunyai langkah yang sama yaitu hisap, kompresi, usaha dan buang. Tetapi terdapat beberapa perbedaan pada masing-masing langkahnya.

Yuk lur mari kita pelajari

1. Langkah hisap

Pada saat langkah hisap, persamaannya adalah katup hisap terbuka dan katup buang tertutup. Piston bergerak dari TMA ke TMB. Yang berbeda adalah yang masuk ke dalam silinder hanya UDARA SAJA. Agar lebih jelas saya tuliskan lagi langkahnya
  • Piston bergerak dari TMA ke TMB sehingga terjadi hisapan
  • Posisi katup hisap terbuka dan katup buang tertutup
  • UDARA murni akan masuk kedalam silinder
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)

2. Langkah kompresi

Karena hanya UDARA yang masuk ke dalam silinder, itu berarti hanya udara yang di kompresikan. Biar lebih paham, mari kita lihat detailnya
  • Piston bergerak dari TMB ke TMA
  • Posisi katup hisap dan buang tertutup
  • UDARA dimampatkan didalam silinder. Tekanan akan naik dan temperatur menjadi sangat panas
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)

Tekanan kompresi mesin diesel jauh lebih besar dari mesin bensin. Minimal tekanan kompresinya sekitar 16 bar. Beberapa kali saya jumpai spek-nya bisa sampai 23 bar. Bahkan ada yang 33 bar.

3. Langkah usaha

Langkah usaha ini adalah efek dari hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara. Dan tenaga akan disalurkan ke poros engkol. Tapi ingat ya di diesel tidak ada sistem pengapian. Jadi pembakaran karena panas.
  • Piston terdorong ledakan dari TMA ke TMB
  • Posisi katup hisap dan katup buang masih tertutup
  • Beberapa derajat sebelum TMA, injektor akan menyemprotkan bahan bakar solar. Tentunya dalam bentuk kabut. Karena temperatur dan kompresi yang tinggi, bahan bakar akan terbakar sehingga menimbulkan ledakan.
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)
Banyak yang saya jumpai ada yang mengajarkan bahwa pembakaran diesel karena busi pijar (glow plug) padahal SALAH BESAR. Glow plug hanyalah pemanas awal. Dan hanya hidup ketika kunci kontak on pada saat start dingin.

4. Langkah buang

Langkah buang bertujuan untuk membuang sisa gas pembakaran ke udara luar. Proses yang terjadi seperti ini lurr
  • Piston bergerak dari TMB ke TMA 
  • Kondisi katup buang terbuka dan katup hisap tertutup.
  • Gas sisa pembakaran akan didorong keluar dari ruang silinder
  • Poros engkol berputar  setengah putaran (180 derajat)
Buat yang punya kuota lebih, mendingan nonton dulu animasinya dari chanel youtube montir tv, biar lebih paham.



Cara kerja mesin 4 tak diesel ini berlaku untuk diesel konvensional maupun common rail. Jadi selamat mempelajari


Kesimpulan 


  • Perbedaan mesin bensin bensin dan diesel diatas adalah ketika langkah hisap, kompresi dan pembakaran.
  • Ketika langkah hisap mesin besin menghisap campuran bensin dan udara sedangkan pada diesel hanya udara saja.
  • Ketika pembakaran pada mesin bensin menggunakan sistem pengapian (percikan api busi) sedangkan pada diesel dari panas kompresi.

Salam kuku ireng lurr.

=================================================================

Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif Mobil

=================================================================
Lurr... jika ingin menjadi montir mobil yang kompeten, sampeyan harus punya pengetahuan dasar teknik otomotif mobil lho ya. Apalagi mobil-mobil sekarang dilengkapi dengan teknologi yang semakin lengkap dan nggilani. Contoh mobil sejuta umat saja sudah dipasang 9 ECU lho ya.

Apa saja yang bisa kita pelajari di awal ya lur?

  • Bagian-bagian mobil
  • Tipe-tipe penggerak mobil
  • Klasifikasi penggerak roda

Saya rasa cukup 3 topik dulu lurr, biar ga kepanjangan. Jadi langsung kita bahas masing-masing topik

Bagian-bagian mobil

Untuk membagi bagian-bagian mobil ini ada beberapa aliran lurr. Tetapi tak bisikin yang paling umum aja ya.

Mobil biasanya dibagi 5 bagian utama yaitu
  • Mesin
  • Sistem Pemindah Tenaga
  • Chasis
  • Bodi
  • Kelistrikan dan Elektronik.
Sedikit kita bahas masing-masing ya lurr.. Nanti di artikel lain baru dibahas detail.

A. Mesin

dasar teknik otomotif mobil, mesin bensin

Mesin atau bahasa kerennya Engine. Disini tempat dibangkitkannya tenaga lurr... Pastinya untuk menggerakkan kendaraan.

Disini kita masih bakalan lebih banyak bahas mesin bensin dan mesin diesel dulu, karena dua ini yang paling umum. Walaupun ada juga mesin bensin yang dimodif menjadi mesin bahan bakar gas. Dan juga mesin rotari atau wankel.

Kalau membahas mesin, ada banyak komponen yang bakal kita bahas, yaitu
  • Blok silinder
  • Kepala silinder
  • Komponen yang bergerak seperti piston, ring piston, poros engkol, dll
  • Mekanisme katup

Selain komponen diatas, kita juga mesti mempelajari tentang beberapa sistem didalam mesin yaitu
  • Sistem pelumasan
  • Sistem bahan bakar
  • Sistem pengapian
  • Sistem pemasukan dan pembuangan
  • Sistem pendinginan mesin
  • Sistem starter
  • Sistem pengisian
Semuanya mesti bisa kuasai lurr.... Termasuk dengan teknologi yang terkini dari masing-masing sistem.

B. Sistem pemindah tenaga

dasar teknik otomoti mobil, sistem pemindah tenaga

Sistem pemindah tenaga atau bahasa kerennya Drive Train. Kalau bicara sistem pemindah tenaga ini, kita bakalan bahas kopling, transmisi, poros propeller, gardan, as roda, sampai ke roda lurr. Intinya sih mekanisme yang nerusin tenaga dari mesin sampai ke roda-roda.

Tetapi untuk komponen tergantung tipe penggerak rodanya juga, apakah penggerak depan, belakang, atau 4WD. Nanti bakalan dibahas di belakang ya lurr.

C. Chasis

Untuk chasis, sebenarnya kesatuan dari beberapa sistem lurr... yaitu sistem suspensi, sistem kemudi dan sistem rem.

Mendingan kita sedikit intip satu-persatu

# Sistem suspensi

Sistem suspensi berfungsi meredam getaran dari jalan. Jika tidak ada sistem suspensi, mobil akan berasa seperti gerobak yang keras sekali.

# Sistem kemudi


Sistem kemudi berfungsi mengubah arah jalannya kendaraan. 

# Sistem rem

dasar teknik otomotif mobil, sistem rem

Sistem rem berfungsi untuk memperlambat laju mobil dan memungkinkan mobil untuk berhenti. Selain itu juga memungkinkan mobil tidak bergerak saat parkir.

D. Bodi

Bodi yang saya maksud disini adalah rangka mobil. Yang nopang mesin, megang suspensi, bikin kita ga kehujanan, ga kepanasan.

Jaman dulu bodi dan rangka dipisah. Sebenarnya kalau di bus dan truk juga masih dipisah. Cuman kalau di mobil penumpang yang baru sudah agak susah di cari. Kebanyakan sudah nyatu. Istilah kerennya monocok

Bodi mobil sudah dipisah-pisah kategori atau tipenya. Makanya ada yang disebut sedan, coupe, convertible, pickup, SPV, MPV, dll.

E. Kelistrikan dan Elektronik

Sistem kelistrikan mobil saat ini sudah dilengkapi dengan sistem elektronik. Baik itu pada sistem kelistrikan mesin, juga pada kelistrikan bodi

Jika dibandingkan kelistrikan mobil jaman dulu dan sekarang sudah sangat jauh. Kalau jadoel, paling-paling kelistikannya apa?

  • wiper
  • klakson
  • lampu-lampu
  • kelistrikan mesin

Kalau teknologi zaman now,

  • EFI
  • ABS
  • EPS
  • EPC
  • TPMS, dll
Banyak banget kalau di daftar lurr. Jadi tantangan kita lebih banyak lurr. Ya tho?


Tipe-tipe penggerak mobil

Kedepan mungkin kita akan lebih banyak menghadapi mobil listrik lurr. Tapi sebenarnya ada beberapa tipe penggerak mobil. Coba kita intip daftarnya :
  • Penggerak mesin bensin
  • Penggerak mesin diesel
  • Mobil Hybrid
  • Mobil Listrik
  • Mobil dengan fuel cell hybrid
Ada tambahan ga lurr? Jika ada silahkan komentar ya lurr. Dan kita akan coba membahas sedikit dari masing-masing penggerak.

A. Mobil dengan mesin bensin

Banyak banget nih mobil yang pakai mesin bensin. Contohnya Xenia, Avanza, Jazz, dll. Dan paling umum memang dipakai buat mobil penumpang.

Mesin yang sama juga bisa digunakan pada CNG, LPG atau mobil berbahan bakar alkohol.



B. Mobil dengan mesin diesel


Mobil tipe ini menggunakan bahan bakar solar. Umumnya mesin diesel menghasilkan torsi yang besar makanya banyak digunakan di mobil SUV dan mobil komersial seperti bus dan truk.

Ststst.. beberapa kali saya ketemu mobil sedan pakai mesin diesel lho. Seingatku mercy.

Kalau di eropa dan amerika cukup banyak sedan pakai mesin diesel. Tapi kalau di Indonesia jarang banget dan hampir ga ada.

C. Mobil Hybrid

Disebut hybrid karena dilengkapi dua penggerak. Pertama adalah mesin bensin atau diesel, kedua adalah motor listrik. Kedua penggerak saling bergantian bekerja ketika mobil berjalan.

Sebagai contoh, selama kecepatan rendah mobil akan dilayani motor listrik. Dan yang saya jumpai ketika idle kesannya mesin mati-mati. Padahal memang dimatikan.

Ketika mobil akselrasi dan ngebut, mesin akan menggantikan kerja motor listrik. Pada saat ini mesin sekaligus membangkitkan listrik untuk pengisian baterai.

Hati-hati
Ketika bekerja pada mobil hybrid kita harus sangat berhati-hati, terutama pada jalur motor listrik dan baterai. Tegangan bisa mencapai 270 volt. Ingat keluarga menunggu dirumah lurr.

D. Mobil Listrik

Mobil listrik ini menggunakan baterai yang besar untuk menggerakkan motor listrik. Sudah seperti mobil-mobilan remote atau tamiya. Tapi dalam ukuran yang besar.

Hati-hati ! 
Tegangan kerja motor listrik bisa sampai 290 volt. Jadi perhatikan keselamatan kerja.

E. Mobil Fuel Cell Hybrid

Setahuku ada yang menyebutnya mobil hidrogen. Karena memang memanfaatkan hirdogen dan oksigen. Tenaganya akan dimanfaatkan untuk memutarkan motor listrik.

Emisinya sangat bagus sekali, karena hasilnya adalah air. Cuman yang repot adalah untuk penyimpanan hidrogennya.

Klasifikasi berdasarkan metode penggerak

Sering banget ada yang membandingkan penggerak depan dan penggerak belakang. Contoh pada mobil avanza dan ertiga sering dibahas soal penggerak roda ini.

Mobil bisa di klasifikasi berdasarkan posisi mesin dan roda-roda penggeraknya lurr. Yuk kita lihat

FF (Front Engine Front Drive)
Mobil ini letak mesinnya didepan, dan roda yang diputar adalah roda depan.

FR (Front Engine Rear Drive)
Mobil ini letak mesinnya didepan dan roda yang diputar adalah roda belakang

MR (Mid Engine Rear Drive)
Mobil ini letak mesinnya di tengah dan roda yang diputar adalah roda belakang

RR (Rear Engine Rear Drive)
Mobil ini mesin dibelakang dan roda yang diputar adalah roda belakang

4WD (4 Whell Drive)
Mobil penggerak 4 Roda ini bisa bergerak dengan 4 roda yang diberi tenaga alias diputar. Ada yang full time atau sepanjang waktu. Tetapi ada juga yang mengijinkan kita untuk memilih mau 2WD atau 4WD

Kalau untuk letak mesin bisa didepan atau bisa juga dibelakang.


Kesimpulan

Jika ditarik sedikit kesimpulan tentang dasar teknik otomotif mobil yang kita pelajari dari artikel diatas

  • Bagian-bagian mobil secara umum dibagi menjadi 5 yaitu engine, sistem pemindah tenaga, chasis, bodi dan kelistrikan
  • Sampai saat ini terdapat lima penggerak kendaraan yang umum di jalanan. Dari mulai mesin bensin, mesin diesel, hybrid, motor listrik ataupun Fuel Cell hybrid (hidrogen)
  • Berdasarkan klasifikasi metode penggerak, kita jumpai penggerak depan, belakang atau penggerak empat roda. Tentu saja letak mesin juga mempengaruhi.

Salam kuku hitam.


=================================================================

Halaman