Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

TIPS JIKA TRANSMISI OTOMATIS NGELOCK DI POSISI P TIDAK BISA DI PINDAH KE NETRAL PADA PAJERO SPORT

=================================================================

Kendaraan mitsubishi pajero sport tipe transmisi otomatis jika terjadi battery drop atau aki tekor saat kondisi transmisi di posisi P maka kendaraan tidak bisa didorong.Apabila mogok di tempat parkir dan kendaraan akan dibawa atau derek ke bengkel maka tidak bisa dilakukan karena kendaraan dalam posisi P atau Parkir.

Karena jika battery drop handle transmisi tidak bisa dipindah dari posisi P ke posisi N meskipun pedal rem sudah di tekan.Tegangan aki yang drop tidak bisa mengaktifkan relay untuk membuka lock di posisi P sehingga akan terkunci.

Hal yang harus dilakukan adalah mengganti battery baru dan dipasangkan ditempat sehingga akan bisa aktif kembali tidak ngelock di posisi P.Atau dengan cara battery di lepas dan kemudian di charge sehingga tegangan akan kembali normal dan relay akan aktif kembali.

Yang banyak orang tidak tahu adalah ada lubang di depan handle transmisi otomatis yang berfungsi untuk apa.Sebenarnya lubang tersebut berfungsi untuk melepaskan lock secara manual dari posisi P ke posisi N sehingga kendaraan saat mogok bisa diderek dan kendaraan bisa jalan.

Dengan cara kunci kontak kita masukan ke dalam lubang tersebut kemudian handle transmisi kita geser dari posisi P ke posisi N.Saat kunci kontak di masukan lubang dan ditekan maka lock akan bebas dan handle ditarik tidak ada tahanan karena sudah di tekan oleh kunci kontak tersebut.

Sangat penting sekali fungsi lubang ini yang bisa digunakan untuk keadaan darurat.Jika tidak mengerti maka akan bingung jika terjadi seperti ini,untuk itu artikel saya buat agar saat terjadi seperti ini bisa melakukan sendiri.Semoga bermanfaat dan jangan lupa share untuk informasi ke orang lebih banyak. =================================================================

Pengertian Mekanisme Katup

=================================================================
Berikut saya akan menerangkan pengertian dan fungsi Mekanisme Katup,berikut ulasannya :
Mekanisme Katup adalah Sistem untuk menggerakkan katup baik secara manual maupun hidrolis. dan dalam jangka waktu tertentu mekanisme tersebut harus di standartkan lagi, atau di setel ulang agar tenaga mesin seperti semula, 

karena mekanisme katup mengatur membukanya katup sesuai waktunya. Walaupun kecepatan maksimal kendaraan, katup tidak akan sampai salah dalam membuka maupun menutup, oh iya KATUP sendiri berasal dari kata buKa dan tuTup sehingga di singkat menjadi KATUP, sesuai dengan fungsi komponen tersebut. Katup juga ada dua jenis yaitu :
  • Katup IN
    katup untuk intake manifold
  • Katup EX
    katup untuk exhaust manifold
Dalam menstandartkan celah katup, menggunakan alat yang benama feeler gauge, biasanya untuk Kijang Super celah katup untuk IN adalah 0,2 dan 0,3.
Jenis jenis dari mekanisme katup berdasarkan jenis penggeraknya adalah
  1. OHV ( Overhead Valve )
    yaitu katup berada diatas silinder block dan noken as atau camsaft berada di silinder block, jadi menggunakan batang pendorong atau yang sering disebut push rod, dan juga valve lifter, seperti gambar dibawah ini :

  2. OHC ( Overhead Camsaft )
    pada tipe ini, camsaft langsung menggerakkan rocker arm tanpa push rod maupun valve lifter, gambarnya di bawah ini :




  3. DOHC ( Doubel Overhead Camsaft )
    Pada tipe ini sama dengan tipe OHC hanya saja ada 2 camsfat dan tentunya katupnya bertambah. sehingga pada tipe ini satu silinder menggunakan 4 katup sekaligus, 2 katup IN dan 2 katup EX.


=================================================================

Halaman