Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

Interference Engine Dengan Timing Belt

=================================================================
Timing belt putus merupakan hal yang buruk karena dapat mengakibatkan mesin mogok secara mendadak, terlebih lagi bila hal tersebut terjadi pada mesin "interference engine" yaitu mesin yang tidak ada celah antara valve dan piston ketika timing belt putus.

Interference Engine Dengan Timing Belt
Piston membentur valve pada interference engine


Jika timing belt putus pada mesin interference engine dapat mengakibatkan terbenturnya valve dengan piston. Benturan tersebut dapat membuat valve bengkok (biasanya intake valve) dan dapat merusak piston. Kerusakan ini membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk perbaikannya.

Interference Engine Dengan Timing Belt
Non interference  VS Interference engine


Usia pakai timing belt tergantung beberapa faktor, diantaranya:

  • Material yang digunakan oleh timing belt
  • Kecepatan mesin
  • Jarak tempuh mobil
  • Temperatur ruang mesin dan
  • Debu atau kontaminasi pada timing belt



Pada mesin yang masih menggunakan mekanisme katup OHC (over head cam) interval penggantian timing belt direkomendasikan  untuk  dilakukan setiap 100.000 Km.

Sejak tahun 1995 banyak timing belt yang dibuat dengan material karet EPDM yang interval penggantiannya bisa lebih lama. Interval poenggantian timing belt yang terbuat dari bahan EPDM berkisar antara 150.000 Km.



Rekomendasi Interval Penggantian Timing Belt

Jika rekomendasi interval penggantian timing belt disebutkan 100.000 Km bukan berarti timing belt akan rusak atau putus pada kilometer 100.001.

Timing belt mungkin masih dapat bertahan beberapa ribu kilometer lagi, namun saat timing belt putus secara mendadak maka dapat mengakibatkan kerusakan yang parah pada mesin, khusunya mesin interference.

Oleh karena itu rekomendasi interval penggantian timing belt ditetapkan sebagai langkah pencegahn agar tidak terjadi putusnya timing belt secara mendadak.


Waktu penggantian timing belt yang sesuai untuk setiap mobil biasanya tertulis pada buku pedoman pemilik kendaraan.


Interference Engine Dengan Timing Belt
Timing belt kit


Dibawah ini terdapat daftar mesin interference engine yang memerlukan perhatian khusus menyangkut interval penggantian timing beltnya:


Daftar Interference Engine Yang Menggunakan Timing Belt

Catatan:
Daftar ini tidak mencakup semua mobil.
Jika mesin mobil Anda termasuk di dalam daftar di bawah ini berarti mesin mobil Anda adalah mesin interference engine dengan timing belt.

ACURA

1986-89 1.6L Integra
1991-95 1.7L Integra
1990-95 1.8L Integra
1986-89 2.5L Legend
1992-94 2.5L Vigor
1986-89 2.7L Legend
1990 2.7L Legend
1991-95 3.0L NSX
1991-95 3.2L Legend
1996-98 2.2L CL
1998-? 2.3L CL
1998-? 2.0L V6 CL
1998-? 3.5L V6 RL


AUDI

1970-93 All Except 1970-77
1970-73 1.8L 1.9L
1992-98 2.8L V6 90 100 Quattro A4 A6


BMW

1987-95 2.5L 325I 525I
1994-95 4.0L 740I


CHRYSLER

1993-95 1.5L Colt
1987-88 1.5L Colt
1992-95 1.5L Eagle Summit
1987-88 1.6L Colt
1989-92 1.6L Eagle Summit
1994-98 2.0L Neon Stratus
1990-95 2.0L Eagle Talon
1995-97 2.4L Cirrus
1995-98 2.5L V6 Cirrus
1995-98 2.0L & 2.5L V6 Sebring &  Avenger
1998 3.2L V6 Concorde dan Intrepid


DAIHATSU

1988-92 1.0L Charade
1988-92 1.3L Charade
1990-92 1.6L Rocky


FIAT

1974-79 1.3L 128 Series
1979-82 1.5L Stranda
1974-78 1.6L 124 Series
1974-78 1.8L 124 Series
1974-78 1.8L 131 Series, Brava
1979-82 2.0L Brava, Spider


FORD

1981-85 1.6L Escort, EXP
1981-83 1.6L LN7, Lynx
1984-85 2.0L Escort, Tempo
1993-95 2.0L Probe
1986-88 2.0L Ranger
1984-87 2.0L Lynx, Topaz Diesel
1985 2.2L Ranger
1989-92 2.2L Probe
1986-88 2.3L Ranger
1986-87 2.3L Diesel Ranger
1991-98 4.6L Crown Victoria
1993-98 2.0L Probe


GM

1986-95 1.0L Geo Metro
1989-91 1.0L Firefly (CANADA)
1985-88 1.5L Sunburst (CANADA)
1985-89 1.5L Spectrum
1990-93 1.6L Prizm, Storm
1981-84 1.8L Diesel (CANADA)
1982-86 1.8L Buick Skyhawk
1990-98 1.9L Saturn
1987-88 2.0L Buick Skyhawk
1988-95 2.3L Quad Four
1985-87 3.0L Buick
1979-95 3.8L Buick
1996-98 3.4L V6 Lumina & Monte Carlo


HONDA

1986-87 1.0L Prelude
1973-78 1.2L All
1973-78 1.3L All
1980-84 1.3L All
1973-78 1.5L All
1985-89 1.5L Civic
1988-95 1.5L Civic, CRX
1993-95 1.5L Civic Del Sol
1979-84 1.5L All
1985-87 1.5L CRX
1993-97 1.6L Civic Del Sol
1973-78 1.6L All
1980-82 1.6L All
1988-98 1.6L Civic, CRX
1984-87 1.8L Prelude, Accord
1979-83 1.8L All
1986-91 2.0L Prelude
1990-91 2.1L Prelude
1990-95 2.2L Prelude, Accord
1992-98 2.2L Prelude
1986-88 2.0L Accord
1990-96 2.2L Accord
1998 2.3L Accord
1998 3.0L V6 Accord


HYUNDAI

1984-95 1.5L Excel Scoupe
1995-98 1.5L Accent
1992-95 1.6L Elantra
1993-98 1.8L Elantra
1992-98 2.0L Sonata
1989-91 2.4L Sonata
1990-98 3.0L Sonata

INFINITI

1990-92 3.0L M30

ISUZU

1987-89 1.5L I-Mark
1990-93 1.6L Stylus Impulse
1987-89 2.0L Impulse
1981-87 2.2L Diesel Truck
1986-95 2.3L Truck Troope
1988-95 2.6L Truck Rodeo Amigo
1991-96 3.2L Trooper Rodeo Amigo

Jeep

2.1L Diesel Interference
2.4L DOHC Interference
2.8L Diesel Interference

KIA

1995 2.0L Sportage
1.5L DOHC Interference
1.6L DOHC Interference
1.8L DOHC Interference
2.0L DOHC Interference
2.4L DOHC Interference
2.5L DOHC Interference
2.7L DOHC Interference
3.5L DOHC Interference

Lexus

2.5L Non-Interference
3.0L V6 Non-Interference
3.3L V6 Non-Interference
3.0L Inline 6 (1992-97) Non-Interference
3.0L Inline 6 VVT-i (1998-2006) Interference
4.0L Interference
4.3L Interference
4.7L Interference

MAZDA

1984-85 2.0L 626
1988-92 2.2L 626 MX6
1989-93 2.2L Pickup
1988-97 3.0L 929 MPV
2.0L Diesel Interference
2.2L Interference
3.0L DOHC Interference
3.0L SOHC Interference

MITSUBISHI

1985-95 1.5L Mirage Precise
1990-92 1.6L Mirage
1989-98 2.0L Galant Eclipse
1983-86 2.3L Diesel Pickup
1991-97 3.0L V6 3000GT
1994-95 2.4L Galant
1993-97 3.0L V6 (DOHC) Diamante
1.5L Interference
1.6L DOHC Interference
1.6L SOHC Interference
1.8L Interference
2.0L DOHC Interference
2.0L SOHC Interference
2.3L Diesel Interference
2.4L DOHC Interference
2.4L SOHC Interference
3.0L DOHC Interference
3.0L SOHC 24 Valve Engine Interference
3.5L DOHC Interference
3.5L SOHC Interference
3.8L Interference

NISSAN

1982 1.5L Centra
1983-88 1.6L Sentra Pulsar
1987-89 1.8L Pulsar
1982-89 2.0L Stanza 300ZX
1984-98 3.0L Maxima 300ZX
1994-98 3.3L V6 Pathfinder

PORSCHE

1976-83 2.0L 924 (Note: some non-turbo engines may be non-interference)
1976-89 2.5L 944 Series
1989 2.7L 944 Series
1989-91 3.0L 944 Series
1976-83 4.5L 928
1984 4.7L 928
1985-91 5.0L 928
1992-95 5.4L 928

Subaru

DOHC Interference
SOHC Non-Interference

SUZUKI

1985-94 1.3L Samurai Sidekick
1989-94 1.3L Swift

TOYOTA

1986-95 1.5L Tercel
1981-83 2.2L Pickup
1984-87 2.4L Pickup
1982-88 2.8L Celica Cressida
1987-94 3.0L 4-Runner
1.5L (1A-C, 3A-C & 3E) Interference
1.8L Diesel Interference
1.8L DOHC Gasoline Interference
2.2L Diesel Interference
2.4L Diesel Interference
3.0L Inline 6 VVT-i (1998 2JZ-GE) Interference
3.3L 3MZ-FE V6 W/ V VTi  – Interference
4.7L Interference

VOLKSWAGEN

1976-91 All Except 1.9 2.1L Engine
1990-92 1.6L Golf (CANADA) Jetta
1990-95 2.0L GTI Jetta GLI Passat

VOLVO

1993-98 2.3L 5-cylinder C70 S70 V70 850
1993-98 2.4L 5-cylinder 850 V70
1991-93 2.3L 5-cylinder 940 (Canadian)
1986-94 2.3L 4-cylinder 240 740 760 780 940



=================================================================

Cara Lepas Transmisi matic

=================================================================

Pada kendaraan transmisi otomatis jika sudah berumur tentunya daya kerja dari seal dan packing pada transmisi akan berkurang.Sehingga banyak menyebabkan oli rembes bahkan netes di beberapa titik pada bagian tertentu.

Biasanya terjadi rembesan oli dibagian tengah antara engine dan transmisi.Maka kita lihat dengan menaikan kendaraan ke atas maka akan terlihat kebocoran oli tersebut berwarna hitam atau merah.Jika berwarna hitam maka adalah dari oli mesin dan seal yang rusak dari oil seal crankshaft bagian belakang.

Jika oli berwarna merah maka adalah oli matic yang terjadi kebocoran.Yang rusak adalah seal input shaft dari transmisi otomatisnya.Untuk mengganti seal tersebut harus menurunkan transmisi dan yang paling penting adalah menurunkan transmisi matick tidak asal lepas seperti menurunkan transmisi manual.

Karena kontruksinya berbeda maka cara lepasnya juga berbeda tidak asal congkel dan tarik.Jika seperti itu maka akan terjadi kerusakan di oil pump tranmisi otomatisnya dan juga pada torque converternya.Seperti terlihat pada gambar di atas untuk melepas transmisi otomatis jangan sampai lupa melepas baut pengikat torque converternya karena meskipun baut pengikat transmisi sudah dilepas semua maka baut yang satu ini juga harus di lepas.

Sehingga setelah baut torque converter terlepas baru tranmisi otomatisnya bisa di tarik kebelakang dan akan terlepas.Apabila baut torque tidak dilepas dan transmisi ditarik kebelakang maka torque converter masih menempel di engine dan oli transmisi akan keluar berceceran di lantai.

Demikian informasi dari artikel yang saya buat semoga bermanfaat karena sebelumya saya pernah merusak oil pump dari transmisi otomatis karena kesalahan dan ketidaktahuan saya saat melepas transmisi otomatis. =================================================================

Ini Salah Satu Penyebab Kendaraan Anda Susah Masuk Gigi

=================================================================

Kendaraan dengan transmisi manual menggunakan sistem kopling secara manual dan hidrolik.Untuk system manual menggunakan sarana penghubung beruba kabel kopling.Untuk tipe hidrolik menggunakan master clutch dan power clutch.

Untuk master clutch posisinya berhubungan dengan pedal kopling yang ada dibagian kabin kendaraan atau bagian atas.Untuk power clutch berada dibawah yang berhubungan dengan shif fork untuk menggerakan release bearing dan mendorong clutch cover dan membebaskan clutch disc atau kampas kopling.

Sistem hidrolik ini yang sering terjadi kerusakan pada power clutchnya yaitu terjadi rembesan atau bahkan bocor.Jika sudah bocor maka kendaraan tidak bisa digunakan karena tranmisi tidak bisa untuk masu gigi.Maka dari itu selalu periksa system kopling yang menggunakan system hidrolik agar tidak terjadi kerusakan dijalan.

Dengan cara kita periksa jumlah dari minyak kopling yang ada ditampungan master kopling atas.Jika selalu dalam jumlahnya maka kemungkinan system kopling tidak ada rembesan.Namun berbeda jika jumlah minyak kopling sering kita menambah minyak ke dalam tampungan maka sebaiknya segera periksa system pada hidroliknya.Kemungkinan terjadi rembesan minyak kopling pada bagian tertentu.

Minyak kopling sendiri memiliki batas waktu berdasarkan kilometer dikendaraan.Maka jika sudah tercapai kilometernya sesuai pedoman service di buku manual maka sebaiknya lakukan penggantian.Jika minyak kopling sudah berwarna keruh sebaiknya kuras dengan mengganti minyak rem yang baru.Karena jika dibiarkan dapat merusak seal dan rumah master clutch sehingga akan terjadi aus pada bagian dalamnya karena gesekan.

Apabila sudah terjadi kebocoran dapat mengganti seal atau piston set.Sebelumnya periksa terlebih dahulu rumah dari master clutch dan power clutch apakah sudah aus atau masih dalam keadaan baik.Jika sudah aus maka sebaiknya ganti secara assy agar tidak terjadi kebocoran minyak kopling dalam waktu dekat. =================================================================

MITSUBISHI TRITON STEERING KADANG BERAT PADA POSISI TERTENTU

=================================================================


Steering system menggunakan steering joint sebagai penghubung dari rack and gerbox dengan steering wheelnya.Banyak yang tidak mengetahui ketika steering di putar pada satu posisi akan ada saat dimana steering terasa berat.

Memang di steering joint tidak ada tempat untuk grease up atau pelumasan seperti pada cross joint dikendaraan.Maka untuk itu dilakukan perawatan pelumasan steering joint secara berkala agar suatu saat tidak terjadi hal demikian.

Jika mengalami trouble pada kendaraan mitsubishi pajero sport atau strada triton maka dengan melepas steering jointnya dan kita periksa ada dua buah joint bagian atas dan bawah.Dimana ada bagian tersebut yang mengalami gerakan tidak bisa lancar atau macet dan agak berat.

Dengan cara bagaimana kita memperbaikinya ataukah harus mengganti part tersebut.Jangan kuatir yang pernah saya alami cara penanganan jika trouble seperti ini adalah dengan membuat geraka pada steering joint di dalam rendaman solar.Dalam rendaman tersebut steering harus digerak-gerakan secara cepat sehingga steering joint yang macet akan dapat termasuki solar dan membuat joint didalamnya yang kering akan segera terisi minyak dan membuat steering menjadi lancar kembali.

Lakukan secara terus menerus sampai didapatkan steering joint menjadi lebih ringan dari sebelumnya.Dan harus ada perbedaan setelah dilakukan perbaikan.Memang agak lama dan perlu kesabaran dalam menangani trouble ini dikarenakan kalau gerakanya macet terlalu lama maka saat rendaman juga bisa lama.Misalkan kendaraan menginap saya sarankan agar steering joint di rendam semalaman agar benar-benar masuk dan saat pagi steering joint akan kembali normal kembali.

Berikut artikel tentang cara bagaimana perbaikan kendaraan yang steeringnya berat pada posisi tertentu dikarenakan steering joint macet,semoga bermanfaat dan jangan lupa share jika memang dapat bermanfaat untuk orang banyak. =================================================================

PAJERO MOGOK ECU BERMASALAH

=================================================================

Pada kendaraan pajero sport  pernah mengalami suatu trouble shooting kendaraan tiba-tiba mati sendiri dan tidak bisa hidup kembali.Terjadi pada customer dan saat terjadi masalah berada di daerah yang jauh akan bengkel resmi.

Keluhan cutomer adalah saat tanjakan mobil tiba-tiba mati sendiri dan berdasarkan laporan ke dealer agar mengganti filter solarnya terlebih dahulu.Customer memanggil bengkel terdekat untuk membantu mengganti filter solarnya untuk sementarar.Bahwa analisa dealer beranggapan kualitas bahan bakar kurang baik sehingga saluran bahan bakar tersumbat.

Setelah fuel filter diganti mesin masih tidak bisa hidup sehingga kendaraan diangkat menggunakan kendaraan lain dan dibawa ke dealer resmi untuk perbaikanya.Setelah tiba di dealer dilakukan pemeriksaan scan dengan MUT III dan didapatkan hasil sbb :
1.P1272 Pressure Limiter Malfunction
2.P1273 Supply Pump Insufficient Flow Fail
3.P1274 Supply Pump Protection Fail
4.P1275 Supply Pump Exchange Fail

Perbaikan yang dilakukan adalah menguras tangki bahan bakar,memeriksa jalur wiring harness conector system common rail dan penggantian SCV di supply pump.Setelah semua selesai kendaraan di start dan mesin hidup dan saat di akselerasi juga normal dan trouble code di hapus menggunakan MUT III.Setelah beberapa menit engine menyala tiba-tiba engine mogok kembali dan muncul trouble code yang sama.

Di data list pada MUT III menunjukan ada perbedaan fuel pressure target dan fuel pressure actualnya.Dilakukan fuel leak test dan hasilnya fuel pressure tidak melebihi 60 mpa.Pada saat idle fuel pressure 48 mpa sedangkan fule pressure target 30 mpa ( Tidak sesuai standart ).Ada perbedaan yang cukup jauh sehingga kemudian di periksa conector untuk fuel preesure sensornya pin no 2 yaitu output ke ECU 1,77 volt dan untuk standart 1.25 - 1.75 volt masih dalam kategori masuk standart.

Setelah harnes conector di periksa dan tidak ada masalah kemudian kami mencurigai trouble dari engine control unit ( ECU ).Lalu kami coba pindahkan ECU kendaraan trouble di pasang di kendaraan lain,setelah di test ternyata trouble pindah ke mobil lain dengan trouble yang sama.Maka dari ini dapat di pastikan bahwa ECU mengalami kerusakan.

Dengan mengganti ECU baru maka trouble akan sembuh dan kendaraan akan normal kembali tidak terjadi engine mogok atau tiba-tiba mati sendiri.Semoga dapat membantu analisa dan perbaikan kendaraan di bengkel jika mengalami masalah yang sama =================================================================

SUARA BERDENGUNG SAAT KECEPATAN TINGGI PADA PAJERO SPORT

=================================================================

PAJERO SPORT - Ketika kendaraan berjalan sering kita mendengar suara abnormal di kendaraan.Suara yang berasal dari mesin,roda,suspensi dan suara dari luar kendaraan yang tidak pada umumnya.Suara tersebut bisa jadi ada suatu gejala kerusakan yang timbul dan jika dibiarkan akan mempengaruhi kinerja kendaraan.

Suara yang muncul pada trouble yang terjadi pada kendaraan pajero sport adalah suara mendengung saat kendaraan berjalan dengan kecepatan diatas 70 km/jam.Jika kecepatan dibawah itu maka suara akan hilang dan tidak muncul.

Setelah dilakukan test drive pada kendaraan didapatkan suara muncul dari lokasi depan kendaraan.Mendengung lebih kencang jika kendaraan berjalan semakin cepat.Apabila pedal gas dilepas dengan kecepatan masih diatas 70 km/jam suara masih muncul.

Dari analisa ini didapatkan bahwa kemungkinan suara mendengung bukan berasal dari engine.Kemungkinan dari masalah sekitar roda dan bearing rodanya.Untuk itu dilakukan pembongkaran roda depan dan di periksa bearing rodanya.Setelah dibongkar bearingnya diperiksa tidak ada yang mengalami kerusakan,baik itu berubah bentuk atau aus di bagian bearingnya.

Dipasang kembali semua bearing dan di torque mur bearing sesuai dengan momen standartnya.Kekencangan mur sangat diperlukan sesuai dengan standartnya karena jika terlalu kencang maka muncul suara abnormal pada bearingnya,dan bisa jadi bearing akan cepat rusak.Begitu juga dengan kekencangan mur bearing yang kendor akan mempengaruhi bearing dan stering akan tidak stabil.Maka untuk pemasangan bearing diperlukan pengencangan yang pas sesuai standartnya agar bearing menjadi awet.

Setelah semua dipasang kemudian di test jalan kembali.Saat kecepatan tinggi suara abnormal muncul seperti sesuai sedia kala.Suara mendengung saat kecepatan tinggi masih berada di bagian depan.Diperiksa secara teliti terlihat pada ban roda depan mengalami keausan yang tidak merata karena spooring yang tidak tepat.Analisa kedua adalah dari ban penyebab suara tersebut.

Ban belakang yang dalam keadaan rata tidak makan sebelah mencoba kami pasang di bagian depan dan ban depan dipindah rotasi ke roda belakang.Dilakukan test jalan dan suara abnormal yaitu mendengung pindah ke bagian roda belakang.Trouble suara pindah kebelakang yang artinya penyebab trouble ada di ban dikarenakan ban aus tidak rata.

Kami sarankan untuk mengganti ban atau dengan rotasi ban.Meskipun ban yang tidak rata dipindah kebagian belakang maka setelah lama berjalan maka ban belakang akan menjadi rata dengan sendirinya.Untuk ban depan agar keausan ban rata sebaiknya dilakukan spooring balancing.

=================================================================

TOYOTA AVANZA KEHILANGAN TENAGA SAAT AKSELERASI,APA PENYEBABNYA?

=================================================================

Pada kendaraan toyota avanza dengan mesin 1500 cc menggunakan 4 silinder sering kita jumpai bahwa kendaraan tidak ada tenaga sama sekali,terlebih jika saat ac menyala,maka dipastikan bahwa akselerasi akan hilang.

Dari trouble ini pernah kejadian di bengkel kami yaitu customer mengeluhakan kendaraan tidak ada tenaga dan saat ac tenaga jadi hilang.Setelah di test drive ternyata memang benar tenaga hilang dan terasa berat saat dikendarai.

Dilakukan pemeriksaan terhadap clucth disc atau kampas koplingnya.lalu dilakukan pembongkaran kopling di dapatkan kopling dalam kondisi tipis sehingga dilakukan penggantian.Setelah diganti dipasangkan semua komponen kopling lalu di lakukan test drive.Hasilnya kendaraan masih dalam keadaan tidak normal yaitu tenaga masih kurang.

Pemeriksaan engine dilakukan dari busi dan coil.Dari sini terlihat untuk coil silinder no 1 dan 4 mengalami kerusakan yaitu mati.Dalam hal ini kendaraan terdapat dua buah coil yaitu 1 coil untuk silinder no 1 dan 4 dan coil lainnya untuk silinder no 2 dan 3.

Pada coil silinder 1 dan 4 mengalami kerusakan sehingga tidak ada pengapian di silinder no 1 dan 4 akibatnya tenaga mesin akan berkurang.Untuk engine sendiri saat coil mati tidak mengalami hal yang aneh seperti engine pincang dan lainnya.

Diganti untuk coil silinder 1 dan 4 dan hasilnya kendaraan saat di akselerasi dalam keadaan kendaraan diam terasa ada perbedaan.Selanjutnya kendaraan di buat test jalan memang hasilnya beda,tarikan dan akselerasi terasa beda jauh dengan sebelumnya.

Dari trouble ini dapat disimpulkan bahwa penyebab tenaga engine kurang dan akselerasi juga kurang disebabkan oleh salah satu coil ada yang mati atau rusak sehingga pengapian pada busi tidak terjadi. =================================================================

PENYEBAB STEERING BERAT PADA MITSUBISHI MIRAGE

=================================================================

Mitsubishi mirage dilengkapi dengan system steering yang dikontrol secara electronik.Tidak lagi menggunakan system hydrolik maupun secara manual sehingga selalu berhati-hati saat pemasangan aksesories kelistrikan dikendaraan.

Trouble yang pernah saya temui pada mitsubishi mirage adalah customer mengeluhkan steeringnya terasa berat dan tidak pada seperti biasanya.Meskipun kendaraan kecil jika electric power steering tidak bekerja dan ada trouble maka steering menjadi berat.

Saat trouble terjadi steering berat maka akan muncul indikator steering yang tengahnya ada tanda seru.Jika indikator ini muncul maka ada permasalahan di system steeringnya.Untuk mengetahui harus menggunakan scan diagnosa.Cari self diagnosa permasalahan dan didapatkan ada torque sensor mengalami masalah.

Diperiksa semua fuse dari bagian engine tidak ada yang putus dan juga rumah fuse di bagian kabin kendaraan.Semua dalam keadaan baik tidak ada yang putus.Cover steering kami lepas dan diperiksa dari sensor dan komponen electric power steeringnya.Dari socket diperiksa dan dalam keadaan ini ada tambahan variasi foglamp yang relay untuk tambahan fog lamp jumper dari system steeringnya.

Variasi tambahan untuk foglamp yang ambil tegangan dari system electric power steering kami lepas dan membuat jalur wiring harnes khusus fog lamp.Setelah semua terpasang dengan baik maka kami coba steering diputar secara manualke kanan dan kekiri beberapa putaran saat engine on.Terdengar suara " Glak " kemudian steering menjadi normal kembali yaitu steering ringan.

Coba cek self diagnosa dan hapus code trouble pada electrical system dan bisa terhapus.Kendaraan di test drive dan dicoba pada jalan yang tidak rata untuk mengetes system steeringnya.Steering masih dalam keadaan normal dan steering menjadi ringan seperti sedia kala.

Tips kali ini adalah jangan sembarang memasang variasi electrical dengan jumper system kelistrikan yang ada di kendaraan.Jika akan memasang variasi lampu sebaiknya membuat jalur wiring harness sendiri dengan fuse dan saklar sendiri agar tidak mengganggu system kelistrikan di kendaraan. =================================================================

TROUBLE SHOOTING SYSTEM ABS MITSUBISHI GALANT ST 2500 CC

=================================================================

Kendaraan mitsubishi galant tahun 2001 tipe galant ST menggunakan system rem ABS,yaitu anti lock brake system.Dimana system rem secara hidrolik dikontrol menggunakan electric dengan bantuan berbagai sensor yang semuanya akan menuju ke pusat control yaitu ABS ECU.

Trouble kali ini adalah system rem noise di ABS saat berkendaraa tanpa dilakukan pengereman,ketika muncul noise tersenut dan dilakukan pengereman terjadi perlawanan gaya pada pedal remnya.

Kronologi awal adalah saat service dilakukan pembongkaran rem depan pada pistonya dengan penggantian part disc pad.Setelah beberapa minggu mucul trouble tersebut sehingga pengereman menjadi tidak sempurna.

Setelah itu dianalisa bahwa disc brake bergelombang sehingga perlu dilakukan selep disc brake.Pemeriksaan dengan menggunakan scan injeksi pada menu brake dan muncul trouble kemudian di erasa atau hapus kode kerusakan.Bleeding minyak rem sudah dilakukan kembali agar minyak rem mengalir sempurna tidak ada yang masuk angin di system remnya.

Setelah semua selesai dilakukan kami coba test drive dan hasilnya pengereman bagus tanpa ada muncul noise dan perlawanan dari dari pedal rem seperti sedia kala,kami menganggap trouble selesai namun tiba-tiba muncul indikator system ABS menyala di dashboard.Dilakukan pemeriksaan scan muncul trouble di diagnosa FR Sensor Short.Kemudian trouble data kita hapus dan kode masih muncul yang artinya ada kerusakan di sensor roda bagian depan kanan.

Sensor kami periksa dan memang dalam keadaan rusak sehingga kami lakukan penggantian sensor ABS yang ada di roda.Setelah dipasang dan trouble code di hapus dapat hilang dan system di kendaraan menjadi normal kembali.

Semoga bermanfaat bagi para montir yang sedang mengalami suatu trouble shooting di bengkel.Bisa menjadi referensi dan jangan lupa share atau bagikan jika memang dapat bermanfaat bagi orang banyak. =================================================================

Halaman