Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

Pengertian Dan Fungsi Periodical Maintence (PM)

=================================================================

DASAR TEORI : Periodic maintenance(Perawatan berkala) adalah kegiatan pemeliharaan dan perawatan yang di lakukan secara periodic atau dalam jangka waktu tertentu.

Periodic Maintenance ini diantaranya adalah perawatan berkala yang terjadwal dalam melakukan pembersihan mesin, Inspeksi mesin, meminyaki mesin dan juga pergantian suku cadang yang terjadwal untuk mencegah terjadi kerusakan mesin secara mendadak yang dapat menganggu kelancaran produksi. Periodic Maintenance biasanya dilakukan dalam harian, mingguan, bulanan ataupun tahunan.
Contoh: pembongkaran carburator, pembongkaran mesin/fasilitas untuk penggantian pelor roda (bearing), dll

Manfaat periodical maintenance :
Memperkecil overhaul ( turun mesin ).
Mengurangi kemungkinan reparasi berskala besar.
Mengurangi biaya kerusakan / pergantian mesin.
Memperkecil kemungkinan produk-produk yang rusak.
Meminimalkan persediaan suku cadang.
Memperkecil hilangnya gaji – gaji tambahan akibat penurunan mesin ( overhaul ).
Menurunkan harga satuan dari produk pabrik.
=================================================================

Membedah Teknologi dan Fitur Mobil Toyota Kijang Innova

=================================================================
Membedah teknologi  dan fitur mobil Toyota Kijang Innova, bahasa yang berat sebenarnya, dan juga mungkin butuh berlembar-lembar untuk menjelaskan. Apalagi mobil yang dibahas adalah mobil legenda Kijang.

Tetapi paling engga saya ingin membagi beberapa yang saya pelajari dari teknologi mobil innova.
Kalau bicara tentang mobil kijang sebernarnya udah sejak lama ya, dari kijang kotak, doyok, krista, dll. 
Cuman kalau mobil kijang yang disebut innova saya catat mungkin baru dua generasi.


Mobil Toyota Kijang Innova generasi ke dua
Innova Generasi Kedua

Kijang Innova Generasi pertama (2004-2015 )

Seperti yang tak sampaikan tadi, Innova merupakan lanjutan dari generasi kijang, diperkenalkan mulai tahun 2004 dengan beberapa varian. 

Coba deh sobat oto amati, ada innova yang tulisannya 2.0, ada yang 2,5 dan 2,7. Jadi kalau dilihat dari mesin, innova punya 3 varian. Coba kita intip ya.

Kijang Innova 2.0 Mesin 1TR-FE

Mobil toyota kijang Innova ini dibekali mesin bensin 2.000 cc dengan 16 katup DOHC, dan di lengkapi sistem bahan bakar injeksi atau yang dikenal dengan Elektronic Fuel Injection (EFI). Mesinnya juga dilengkapi teknologi HTWC (High Efficiency Twin Cam) alias dobel noken as nya,

Secara teknis, mesin 2 liter ini diberi kode 1TR-FE. Dan untuk kode rangka atau sales modelnya adalah TGN40#.

Untuk fiturnya, Kijang Innova 2.0 generasi pertama ini dibedakan menjadi 5 model. Untuk innova yang pakai transmisi manual aja ada tiga yaitu tipe, STD, GL dan DLX 

Sedangkan untuk innova dengan transmisi otomatis ada dua yaitu model GL, DLX. Biasanya yang membedakan tipe-tipe diatas adalah velg, interior termasuk radio dan kalau ga salah juga sensor parkir.

Untuk innova 2.0 ini memiliki kode model TGN40. Kalau buat saya pribadi sebagai mekanik, sebaiknya perlu sedikit tahu tentang nomer model ini. Biasanya buat membedakan generasi dan kelengkapan body. Berikut contohnya.

  • TGN40R-GKMDKD adalah tipe DLX mesinya dilengkapi teknologi HTWC (High Efficiency Twin Cam) alias dobel noken as nya, dan dipasang transmisi manual lima percepatan 5F.

  • TGN40R-GKMNKD adalah tipe GL dengan teknologi HTWC (High Efficiency Twin Cam) dan dengan transmisi manual lima percepatan 5F. Untuk tipe GL ini memiliki interior lebih baik dan juga dilengkapi Theft Deterrent System serta Sensor parkir

  • TGN40R-GKMRKD adalah tipe STD dengan teknologi HTWC (High Efficiency Twin Cam) dan dengan transmisi manual lima percepatan 5F.

  • TGN40R-GKMDKD adalah tipe DLX dengan teknologi HTWC (High Efficiency Twin Cam) dan dengan transmisi otomatis empat percepatan 4FC.

Kijang Innova 2.5 Mesin 2KD-FTV

Kijang Innova 2.5 dilengkapi dengan mesin diesel 2.500 cc Diesel Turbo. Kalau saya lihat sistem bahan bakarnya sudah menggunakan Common Rail Direct Injection (CRDI) yang dikembangkan oleh Denso.
Secara teknis, mesin 2,5 ini memiliki kode 2KD-FTV dan model KUN40.
Berikut ini catatan saya untuk model innova 2.5 mesin diesel 2008-2011.

  • KUN40R-GKMDYD adalah tipe DLX dengan teknologi DCR (Diesel Common Rail Injection System) dan dengan transmisi manual lima percepatan 5F.

  • KUN40R-GKMNYD 

Kijang Innova 2.7 Mesin 2TR-FE

Kijang Innova 2.7 dilengkapi dengan mesin besin 2.700 cc dengan 16 katup DOHC, dan dilengkapi sistem bahan bakar EFI. Saya sedang mencari-cari untuk Innova ini, sepertinya bukan rakitan indonesia jadi belum bisa memberi informasi yang detail.

Selain perbedaan diatas, perbedaan yang nyata adalah pada bagian interior. Untuk radio aja ada 3 tipe. Bentuk steering kalau saya lihat juga ada 4 tipe.

Kijang Innova Generasi kedua (2015- )

Untuk kijang Innova generasi kedua, bodi sudah diganti dengan model baru, sedangkan mesin, saya lihat ada yang diesel 2.4 dengan teknologi Common Rail.

Fitur yang dimiliki untuk Innova 2.4 AT adalah sebagai berikut. Tapi fitur untuk Control Unitnya ya soale saya cuman bisa intip dari scanner saya.


Hasil scan mobil toyota kijang innova

Kalau dilihat diatas terdapat 7 Sistem yang dipasang pada mobil toyota kijang innova 2.4 yaitu :
  • Engine Dan ECT merupakan modul untuk EFI dan Transmisi yang disatukan
  • Cruise Control
  • ABS (anti lock braking system)
  • SRS Airbag
  • Immobiliser
  • Air Conditioner
  • Combination meter

Fitur yang dimiliki Kijang Innova

Ketika saya cek, dari innova generasi pertama, sebagian sudah terpasang beberapa fitur berikut :

Parking Assist System

Kijang Innova dilengkapi dengan Parking Assist System. Bahkan kemarin ketika saya mencoba Innova 2.4 AT 2016 sudah dilengkapi kamera.

Saat kendaraan mundur, sistem ini menginformasikan kepada pengemudi bahwa kendaraan mendekati halangan dengan membunyikan buzzer.

Saya lihat yang menggunakan sistem ini adalah tipe Innova GL saja, sedangkan untuk tipe DLX bersifat opsional.


Theft Deterrent System

Theft deterrent system adalah anti maling yang sering dibikang alarm mobik. Kalau di versi awal hanya ada pada tipe GL dan optional di tipe DLX. Tapi mungkin sekarang sudah semua.


Multi Information Display

Merupakan kelengkapan tipe GL, sesuai dengan namanya meruoakan tampilan di dashboard  yang bisa berubah karena pengemudi menekan switch. Informasi yang ditampilkan adalah jam, temperatur udara luar, konsumsi bahan bakar rata-rata, dll.

Sebenarnya masih banyak yang harus di bahas. Tapi pelan-pelan dulu ya semoga membantu.

=================================================================

Avanza Untung Besar Saat Menghabiskan Stok Produksinya

=================================================================
Avanza Untung Besar Saat Menghabiskan Stok Produksinya



Otomotif - Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia facelift akan meluncur pada pertengahan Januari 2019. Diler kedua merek tersebut di awal bulan ini masih menjual stok unit Avanza dan Xenia produksi 2018.

Diskon yang ditawarkan oleh masing-masing tenaga penjual sangat menggiurkan, yakni tembus puluhan juta rupiah. Namun, ketersediaan unit terbatas, karena model baru sudah mulai diproduksi massal.

Pramuniaga beberapa diler Toyota di Jakarta, ketika dihubungi dan ditemui belum lama ini di pusat perbelanjaan mengatakan bahwa, diskon untuk Avanza produksi 2018 mencapai Rp 28 juta hingga Rp 35 juta.

"Kalau di diler kami varian Veloz sudah tidak ada, hanya tersedia varian yang biasa dan itupun tidak banyak," ucap pramuniaga yang identitasnya dirahasiakan.

Selanjutnya, wiraniaga diler Daihatsu di Jakarta juga mengatakan hal serupa. Potongan harga untuk Xenia rakitan 2018 mencapai Rp 25 juta.

"Tergantung dengan penawaran dan pemilihan leasing. Bisa kami tambahkan lagi, apalagi beli kredit. Unitnya memang benar sudah tidak banyak, karena mau keluar yang model baru," ucap wiraniaga itu.

=================================================================

Halaman