Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

Honda Jazz RS 2014 susah di Start Engine

=================================================================

 

Honda Jazz 2013 ini mulai tangguh di Start Engine. Tombol mulai telah diubah ke vendor. Baterai juga sudah diganti. Setelah pemeriksaan dan analisis yang cermat, masalahnya ditemukan

Hanya di sistem pertama. Honda HR-V sering mengalami masalah pada sistem start-up.



=================================================================

Cara Mengatasi DTC P0154 - O2 Sensor Circuit No Activity Detected Bank 2 Sensor 1

=================================================================
DTC P0154 - O2 Sensor Circuit No Activity Detected Bank 2 Sensor 1, P0154 artinya adalah  masalah pada sensor oksigen 1 untuk bank 2 tidak ada aktivitas/ tidak berfungsi. 

ECM/ECU tidak mendapatkan tegangan (laporan) dari oksigen sensor 1. O2 sensor 1 bank 2 tidak terbaca oleh ECU/ECM. Ini yang mengakibatkan kode kesalahan P0154 muncul

Lokasi O2 sensor 1 berada nempel pada header knalpot (manifold knalpot)

Contoh Gambar sensor oksigen (O2 Sensor)


Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0154
  • Lampu indikator mesin menyala / check engine nyala
  • Kemungkinan gagal dalam uji emisi
  • Mobil sedikit terasa kasar dan pincang
  • Mobil terasa sedikit boros
  • Kemungkinan gejala tidak terlalu terasa
Kemungkinan penyebab DTC menunjukan kode P0154
  • Konsleting kabel yang mengubungkan antara ECU denagn sensor (putus/terbuka)
  • O2 sensor rusak
  • ECM / ECU yang rusak juga bisa menyaebabkan terjadinya semua DTC
Cara mengatasi Diagnosis Trouble Code P0154

Periksa secara manual kabel disekitar sensor pastikan tidak ada kabel yang putus dan konsleting.  Ganti sensor oksigen yang sesuai dengan mobil tersebut. Karna tidak semua jenis oksigen sensor itu sama, sensor tersebut mempunyai standarisasi baca sendiri sendiri.
=================================================================

Cara mengatasi DTC P0153 - O2 Sensor Circuit Slow Response Bank 2 Sensor 1

=================================================================
DTC P0153 - O2 Sensor Circuit Slow Response Bank 2 Sensor 1 , P0153 artinya adalah  masalah pada sensor oksigen 1 untuk bank 2 tegangan yang dikirim terlalu selalu terlambat, sensor O2 lambat dalam membaca .Fungsi dari sensor oksigen ini adalah membaca gas buang dari hasil pembakaran didalam mesin.  Dikarnakan O2 sensor selalu terlambat dalam membaca sehingga ECM/ECU menyimpan dan memunculkan kode kesalahan ini.

Lokasi O2 sensor 1 berada nempel pada header knalpot (manifold knalpot)

Contoh Gambar sensor oksigen (O2 Sensor)


Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0153
  • Lampu indikator mesin menyala / check engine nyala
  • Kemungkinan gagal dalam uji emisi
  • Mobil sedikit terasa kasar dan pincang
  • Mobil terasa sedikit boros
  • Kemungkinan gejala tidak terlalu terasa
Kemungkinan penyebab DTC menunjukan kode P0153
  • Sensor kotor sehingga tidak bisa membaca panas
  • Terdapat kebocoran pada knalpot sebelum mengenai O2 sensor
  • Konsleting kabel yang mengubungkan antara ECU denagn sensor (putus/terbuka)
  • O2 sensor rusak
  • ECM / ECU yang rusak juga bisa menyaebabkan terjadinya semua DTC
Cara mengatasi Diagnosis Trouble Code P0153

Coba periksa kabel yang terhubung antara O2 sensor dengan ECU/ECM pastikan tidak ada yang putus (konsleting terbuka). Bersihkan O2 sensor jika terdapat kerak yang nempel pada 02 sensor, sensor yang tertutup kerak dari endapan gas buang mengakibatkan kurangnya kerja dari sensor tersebut. 

Periksa juga selang vakum MAF sensor. Periksa manifold knalpot pastikan tidak ada kebocoran gas buang sebelum mengenai sensor tersebut. 

Jika semua dalam kondisi normal tetapi masalah masih belum hilang ganti sensor oksigen yang sesuai dengan mobil tersebut. Karna tidak semua jenis oksigen sensor itu sama, sensor tersebut mempunyai standarisasi baca sendiri sendiri.
=================================================================

PENYEBAB STRADA TRITON LOS POWER TIDAK ADA TENAGA SEPERTI KEHABISAN KOPLING TURBO TIDAK BEKERJA

=================================================================

halo semuanya assallamualaikum warahmatullahi wabarokatuh Kembali lagi bersama saya di channel bengkelkpm perbaikan mesin dan otomotif 

nah oke sahabatku semua apa kabar hari ini semoga sahabat semua dalam keadaan sehat walafiat serta dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta'ala amin

untuk pekerjaan kali ini ada mobil Strada Triton untuk bagian engine check lamp nya nyala dan untuk tenaganya ini tidak ada sama sekali, 

ya Jadi untuk tenaganya ini seperti mobil yang kehabisan kampas kopling jadi kira-kira apakah penyebabnya ..?


Nah disini temen-temen trouble dan kode kerusakannya jadi untuk tenaganya tidak ada sama sekali untuk mobil ini

Nah untuk sensor ini Apabila terjadi kerusakan maka tenaga mobil Strada Triton maupun Pajero Sport itu seperti kehabisan kampas temen-temen Ya turbonya seperti tidak bekerja

jadi kita cek untuk bagiannya disini temen-temen ya Jadi untuk posisinya ada di bagian sebelah kiri mesin kalau kita berada dari dalam, ukurannya hanya sebesar +/- 2x2 cm untuk bagian sensornya Ya kurang lebih seperti itu

setelah saya cek, kecurigaan saya untuk bagian Selangnya ini terlalu panjang kemudian agak sedikit melingkar atau menekuk ini yang bisa jadi menyebabkan untuk bagian sensornya tidak bekerja Jadi kita cek dulu

nanti untuk datanya kalau dia masih bergerak, maka penyebabnya di bagian selang ini. Selangnya kita perpendek supaya sedotannya menjadi maksimal, Karena untuk selang yang bawaannya juga ini tidak terlalu panjang seperti ini

jadi kita lihat langsung di sini datanya Bos pressure sensor ya sekarang ini 101.3 KPA bila kita hidupkan dia bergerak Itu tandanya dia masih normal

sekarang kita masuk ke datalist disini ada yang namanya Bos pressure sensor ya atau Maaf sensornya di sini kita lihat untuk bagian angkanya

Hai disini kita akan coba hidupkan tuk bagian mesinnya ya apabila dia berubah untuk bagian angka ini berarti untuk Maf sensornya tidak bermasalah seperti itu Hai nah disini kita akan coba hidupkan ya temennya jadi untuk bagian angka ini


kalau dia tidak berubah itu kemungkinan besar untuk Map sensornya bermasalah ya 

Tapi kalau angkanya berubah pada saat kita tunjukkan maka untuk permasalahannya bukan di bagian sensor yang rusak tadi kemungkinan besar untuk bagian Selangnya, 

karena tadi untuk Selangnya bengkok, Jadi untuk hisapan pada pembacaan Bos presurre sensornya agak kurang bagus

kita coba hidupkan dulu untuk Mesinnya tidak Hai nah nih untuk bagian angkanya ngantuk bagian angkanya berubah ini jadi untuk permasalahannya bukan di sensor

sekarang kita lagi test drive untuk mobilnya Jadi untuk lampu indikator check engine Alhamdulillah ini tidak hidup lagi dan permasalahannya sudah terselesaikan ya 

ya alhamdulillah..... mudah-mudahan jadi pembelajaran buat temen-temen semua ya 

Nah itu penyebabnya bisa dari MAP sensor ataupun dari selang turbonya yang lepas atau bocor ya Oke

=================================================================

Halaman