Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

Apa Yang Terjadi Jika Shock Absorber Belakang Sudah Tidak Berfungsi

=================================================================

Kendaraan dilengkapi dengan system suspensi baik itu untuk depan dan belakang.Suspensi bagian depan dan belakang berbeda konstruksi sehingga akan berbeda perawatanya.Untuk suspensi depan dilengkapi dengan system spooring untuk kestabilan dalam mengemudi.

Berbeda untuk suspensi belakang yang berfungsi untuk menopang beban muatan baik itu untuk kendaraan passanger atau kendaraan comercial.Maka jika hal ini terjadi kerusakan pada shock absorber belakang akan membuat posisi body kendaraan akan miring.

Khusunya kendaraan comercial yang untuk mengangkut barang maka akan terlihat dari belakang sebelah kanan atau kiri yang shock absorber rusak akan cenderung lebih kebawah karena tidak dapat menahan beban.

Awal gejala sat shock absorber rusak adalah adanya rembesan oli di badan shock absorber.Itu menandakan bahwa oli didalam shock absorber keluar karena seal tidak dapat menahan tekanan oli.Seal pada shock absorber mempunyai batas untuk selalu elastis sehingga dapat menahan tekanan oli.

Karena shock absorber bergerak naik turun sehingga akan terjadi panas dan lama kelamaan seal juga akan mengeras.Sehingga tidak mampu lagi menahan oli shock absorber.Berbeda untuk shock absorber yang menggunakan tipe gas didalamnya.

Tipe gas maupun menggunakan oli untuk shock absorber tentunya sama namun lebih cenderung awet yang menggunakan gas karena bebas perawatan.Yang memakai oli jika terkena kotoran atau debu bercampur air ketika shock absorber bekerja naik turun maka akan menyebabkan seal menjadi cepat rusak dan akhirnya rembes.

Jika dibiarkan semakin lama oli didalam shock absorber akan habis dan fungsinya akan hilang untuk menstabilkan suspensi.Terkadang karena beban muatan yang sangat berat melebihi tonase kendaraan tidak jarang kendaraan untuk shock absorber belakang ditambah atau dimodifikasi.

Ditambah satu shock absorber untuk bagian kiri dan kanan juga ditambah sehingga akan semakin kuat body dalam meopang beban muatan.Dan tentunya saat kendaraan berjalan dengan muatan lebih akan terasa lebih nyaman. =================================================================

Penyebab Suara Abnormal Pada Kendaraan Mitsubishi L300 Saat Kondisi Jalan Rusak

=================================================================

Suspensi depan kendaraan L300 sering mengalamai kerusakan di shock absorbernya.Baik itu dibagian kanan atau kiri.Gejala yang ditimbulkan adalah adanya suara abnormal ketika kendaraan berjalan di jalan yang tidak rata.

Suara ini muncul karena tidak adanya redam dan shock absorber di system suspensi depan.Buka dari shock absorbernya yang rusak namun pada bagian bhusing bawah lepas dari rumah shock absorber.Terlihat pada gambar bahwa shock absorber terlepas dari dudukanya yang menempel di sayapan bawah.

Bhusing yang kocak jika dibiarkan maka akan lama-kelamaan menjadi longgar dan akhirnya lepas dari rumahnya.Untuk mengatasi ini bisa dengan dua cara yang mudah yaitu dengan budget anda yang minim atau yang lebih.

Biasanya jika terjadi seperti ini shock absorber dilepas kemudian dicek bhusingnya sehingga apabila customer ingin diganti secara assy bisa saja dan lebih bagus.Karena bhusing bawaan shock absorber lebih kuat dan tahan lama.

Berbeda jika dana minim untuk ganti shock absorber maka dapat di ganti bhusingnya saja.Yaitu dengan cara bhusing yang lama menempel di shock absorber kita lepas dan dipasang bhusing shock absorber baru.Bhusing ini banyak dijual di toko jadi jangan kuatir jika dana minim.

Namun untuk penggantian bhusing shock ini tidak tahan lama karena sudah membuktikan dengan beban muatan yang sama dan kondisi jalan yang sama itu lebih awet yang bhusing bawaan shock absorber.

Agar lebih awet maka beban muatan dikondisikan dengan jalan yang rusak dan juga cara mengendarai kendaraan juga harus diperhatikan

Suspensi depan sangat penting untuk kestabilan dan mengendarai sehingga apabila terjadi kerusakan di suspensi depan baik itu tie roda,shock absorber,ball joint dan bearing maka segera untuk di cek dan diperbaiki. =================================================================

Penyebab Air Radiator Cepat Habis Pada Kendaraan Yang Wajib Anda Ketahui

=================================================================

Setiap kendaraan menggunakan system cooling pada engine menggunakan wahana air.Ada sebuah penampung air di engine dan juga sebuah radiator.Jika terjadi kebocoran di system radiator maka akan terjadi kekurangan system pendingin engine yang dapat mengakibatkan engine over heat.

Yang saya bahas kali ini adalah trouble tentang kendaraan yang air di radiator selalu berkurang pada tidak ada kebocoran air radiator.Berbeda jika air di radiaotr kurang karena ada kebocoran baik di radiator,selang atau pada komponen yang lainnya.

Perlu anda pahami bahwa tutup radiator tidak hanya sebagai tutup namun juga sebagai klep atau valve aliran air dari radiator ke reservoir atau tampungan.Air di radiator sering habis dapat kita lihat juga pada penampungnya yaitu reservoir.

Apakah air didalam reservoir selalu penuh meskipun sudah kita buang dan di posisikan jumlah air di garis upper.Jika sudah diposisikan pada garis upper dan air di radiator juga sudah penuh maka coba kita buat kendaraan untuk jalan dengan jarak yang lumayan jauh.

Setelah itu kita lihat jumlah air di reservoir apakah bertambah atau masih dalam posisi upper.Begitu juga jumlah air di radiator apakah berkurang atau tidak.Jika diradiator berkurang maka air masuk ke dalam reservoir sehingga jumlah air di reservoir akan bertambah sampai penuh dan akan terbuang sia-sia.

Hal itu yang mengakibatkan jumlah air radiator berkurang meskipun tidak ada kebocoran di cooling system.Dalam hal ini yang rusak adalah tutup radiator karena valvenya tidak dapat bekerja dengan baik.Bisa jadi seperti gambar di atas atau seal karet tutup radiator sudah aus sehingga kerja dari tutup radiator tidak berfungsi dengan baik.

Ganti tutup radiator dengan kualitas ori agar didapatkan daya pressure dari air radiator sesuai dengan tekanan pada tutupnya.Tidak cepat rusak dan akan bertahan lama sehingga engine ober heat tidak akan terjadi pada kendaraan kita. =================================================================

Trouble Pada All New Pajero Sport Fuel System Service Required

=================================================================

Pada kendaraan All New Pajero sport pernah mengalami suatu trouble tentang fuel system.Saat datang ke bengkel kendaraan sesuai keluhan customer bahwa tanda indikator bahan bakar menyala dan muncul indikator tulisa fuel system service required pada multi informasi display.

Pemilik kendaraan mengatakan bahwa bahan bakar di tangki dalam keadaan masih ada bahan bakarnya dan tidak mungkin kosong.Namun di indikator muncul bahwa bahan bakar habis.

Karena analisa dari fuel gauge yang bermasalah maka kendaraan di angkat ke lift dan tangki bahan bakar di turunkan.Dilihat dari fuel gauge dan diperiksa tidak ada kendala,fuel gauge masih dalam keadaan baik.

Jalur kabel atau wiring untuk system bahan bakar diperiksa di urut dari depan sampai ke terminal untuk fuel gauge.Disini terlihat ada kabel yang mengelupas dan hampir putus.Terlihat kabel seperti digigit oleh tikus sehingga kabel terkelupas dan serat dari tembaga kabel juga hampir putus.

Kabel di perbaiki dan disambung kembali kemudian tangki bahan bakar dipasang lagi.Solar yang sudah di kuras kemudian dimasukan ke dalam tangki.Selang dan kabel sudah terpasang semua kemudian kunci kontak di On kan dan engine dinyalakan.

Indikator fuek system service required masih muncul namun control indikator bahan bakar sudah mati dan indikator penunjuk jumlah bahan bakar sudah sesuai dengan jumlah bahan bakar yang ada ditangki.

Dengan scan injeksi trouble fuel system service required di hapus dan diagnosis code.Setelah dihapus indikator tersebut sdah hilang.Kendaraan di coba untuk jalan dan hasilnya trouble sudah teratasi. =================================================================

Cara Mengatasi DTC P0114 - Intake Air Temperature Circuit Intermittent

=================================================================
DTC P0114 - Intake Air Temperature Circuit Intermittent
P0114 adalah kode kesalahan dimana sensor IAT bekerja tidak menetu. ECU / ECM medapatkan hasil bacaan dari sensor tersebut yang tidak menentu atau tegangan yang dikirimkan naik turun dan tidak stabil. IAT sendiri berfungsi melaporkan suhu dan tekanan udara yang masuk kedalam mesin mobil dan melaporkan nya ke ECU / ECM.  

Bila ada masalah atau kerusakan pada IAT maka ECU/ECM mendapatkan informasi yang tidak benar dan memunculkan kode kesalahan pada mobil sesuai dengan apa yag di bacanya.
Sensor ini biasanya terletak di box filter udara

Contoh gambar sensor IAT

Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0114

  • Kerusakan IAT tidak ada gejala yang terlalu mencolok
  • Lampu indikator mobil menyala
  • Asap knalpot sedikit hitam
  • Mobil sedikit boros
  • Kerusakan internal dalam jangka panjang

Kemungkinan penyebab DTC menunjukan kode P0114

  • Filter udara mobil yang kotor
  • Konsleting kabel (soket IAT)
  • Putusnya kabel yang menuju sensor sehiggga sensor tidak mendapat asupan listrik
  • Lepasnya IAT dari tempatnya sehingga tidak bisa membaca suhu udara yang masuk ke mesin
  • Sensor IAT yang rusak
  • ECM / ECU erorr

Cara mengatasi Diagnosis Troubel Code P0114

     Kode kesalahan ini memang tidak begitu terasa dalam mobil, dalam jangka panjang pasti ada efek dari kesalahan ini, langsung mengganti sensor bukan solusi yang tepat karna belum tentu kerusakan berasal dari sensor tersebut,

yang perlu dilakukan adalah memeriksa semua kabel dan soket yang menuju sensor, kabel yang terbuka nempel body mesin atau putus nyanmbung mengakibatan kinerja dari sensor ini naik turun dan tidak pernah stabil. membersihkan saringan udara (filter udara) mobil.

Hilangkan DTC dengan alat scanner atau diagnosis, jika masih muncul dan dipastikan semua sudah benar gantilah sensor tersebut dengan yang baru

 
=================================================================

Cara Mengatasi DTC P0113 Intake Air Temperature Circuit High Input

=================================================================
DTC P0113 Intake Air Temperature Circuit High Input
P0113 adalah kode kesalahan pada sensor IAT yang berlebihan tegangan, tegangan yang masuk atau keluar dari sensor tersebut teralu besar dari apa yang di standarkan oleh ECM / ECU. IAT sendiri berfungsi melaporkan suhu dan tekanan udara yang masuk kedalam mesin mobil dan melaporkan nya ke ECU / ECM.  

Bila ada masalah atau kerusakan pada IAT maka ECU/ECM mendapatkan informasi yang tidak benar dan memunculkan kode kesalahan pada mobil sesuai dengan apa yag di bacanya.
Sensor ini biasanya terletak di box filter udara

Contoh gambar sensor IAT

Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0113

  • Kerusakan IAT tidak ada gejala yang terlalu mencolok
  • Lampu indikator mobil menyala
  • Asap knalpot sedikit hitam
  • Mobil sedikit boros
  • Kerusakan internal dalam jangka panjang

Kemungkinan penyebab DTC menunjukan kode P0113

  • Filter udara mobil yang kotor
  • Konsleting kabel (soket IAT) membuat tegangan yang masuk berlebihann
  • Sensor IAT yang rusak
  • ECM / ECU erorr

Cara mengatasi Diagnosis Troubel Code P0113

Kode ini memang kelihatan tidak begitu mengganggu tetepi alangkah baiknya dibetulkan, selain lampu indikator mobil yang menyala jika tidak di betulkan kesalahan ini bisa membuat eror ke sensor lain karna sensor dimobil saling terhubung satu sama lain, kerusakan mesin dalam jangka panjang bisa saja terjadai.

Langsung mengganti sensor tersebut bukanlah solusi yang tepat periksa dulu secara manual lebih baik. Bersihkan saringan udara, coba hilangkan DTC dengan menggunakan alat diagnosis mobil lalu hilangkan. Jika masih muncul coba periksa kembali soket dan kabel kabel yang menuju sensor IAT. Ganti sensor IAT jika sudah di cek semua dalam kondisi normal.

 
=================================================================

Honda Civic Turbo

=================================================================
honda civic turbo

Septapw.com - Lurr,.. Honda Civic Turbo memang cakep banget lurr. Sporty dan futuristik kalau bahasa kerennya. Kalau ada mobil ini lewat, pasti bakalan banyak yang nengok.

Honda civic turbo ini merupakan generasi ke 10 dari keluarga civic. Kalau ga salah diluncurkan mulai tahun 2016 setelah melewati perombakan desain dan mesin.

Intip lebih jauh yuk lurr.

Exterior honda civic turbo

Seperti yang spw bilang tadi tampilannya sporty dan futuristik. Lekukan bodinya tajam, lampu depannya modern dan sudah dipasang DLR (Day Light Running time). Jika dilihat dari samping juga ga kalah ganteng.

Bagian belakang katanya bentuk diamond lurr. Maksutnya kayak permata. Lampu belakangnya juga manteb lurr.

Interior Honda Civic Turbo

Dengan didominasi warna hitam makin terlihat sporty dan mewah benget. Mobil dilengkapi head unit 7 inchi touch screen. Dilengkapi koneksi yang lengkap seperti USB, bluetooth, HDMI dan wifi.

Tapi dasar otak montir lurr, yang lebih menarik buat spw adalah instrumen panelnya. Biasa nglihatin lampu indikatornya apa aja.

Teknologi dan Fitur Honda Civic Turbo

fitur honda civic turbo

Teknologi dan fitur yang terpasang
Huft... belum sempet colok scanner lurr, karena alat low batt. Wah keburu bablas deh mobilnya. Cuman kalau di lihat dari sumber terpercaya, mobil ini fiturnya cukup lengkap.

  • Mulai dari sistem rem. Dilengkapi ABS, EBD, Brake Assist dan VSC. Lengkap juga ya. Belum lagi fitur Auto hold dan EPB.
  • Sistem kemudi dengan EPS (Electronic Power Steering)
  • Airbag
  • PGMFI, dll
  • Transmisi CVT


Mesin Honda Civic Turbo

mesin honda civic turbo

Mesin memang cuman 1.500 cc tapi tenaga yang dihasilkan 173 ps pada 5500 rpm. Torsi yang dihasilkan 220 Nm pada 1700-5500 rpm. Wah tenaganya ga ada matinya nih. Dari mulai bejek gass sampai ngebut.

Mesin ini juga di lengkapi mekanisme katup VTEC. Mungkin ini juga yang membuat civic turbo mencapai 100 km/ jam dalam waktu 7,7 detik.

Sayangnya transmisi yang digunakan di mobil ini adalah CVT. Kemungkinan galaknya jadi beda. Walaupun kalau dilihat lagi dilengkapi fitur sport dalam mengoperasikan mobil ini.

Sudah dulu lurr, bersambung

Salam kunci

=================================================================

Halaman