Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

Cara mengatasi DTC P0118 - Engine Coolant Temperature Circuit High Input

=================================================================
P0118 adalah  kode kesalahan pada sensor ETC ini yang berlebihan tegangan. ECM / ECU membaca kesalahan ini dikarnakan tegangan yang dikirim terlau tinggi. Sensor ECT ini fungsinya sebagai indikator panas yang nantinya terhubung dengan sistem pendingin lainnya.

Bila mesin mobil terlalu panas sensor ECM memberikan informasi ke ECM / ECU yang nantinya ECU / ECM itu sendiri yamg memerintahkan kipas radiator dan sistem pendingin lainya aktif, supaya mesin berjalan dengan kondisi panas yang normal.

Sensor ini sangat penting jadi jangan mengabaikan peringatan tentang sensor ini, jika mesin terlalu panas bisa mengakibatkan over head mesin.
Letak dari sensor ECT ini berada disamping mesin mobil dekat dengan temostrat mobil.




Contoh gambar sensor ECT mobil FORD

Kemungkinan gejala pada mobil DTC menunjukan kode P0118
  • Lampu check engine / indikator mesin menyala
  • Lama kelamaan saat mobil dingin susah untuk hidup
  • Mesin terasa kasar dan pincang saat pertama hidup
  • Mesin mobil terasa mendekati normal ketika sudah panas
Kemungkinan penyebab DTC menunjukan kode P0118
  • Tingkat pendingin mesin kurang / rendah
  • Termostrat rusak
  • Radiator yang kotor
  • Kekurangan air  pendingin dalam mesin dan radiator
  • Air pendingin yang bocor di salah satu selang atau radiator
  • Kipas pendingin tidak berputar
  • Konsleting listrik
  • Kerusakan sensor ECT atau sehingga ECT tidak bekerja dengan baik

Cara mengatasi Diagnosis Troubel Code P0118

Saya selalu menyarankan jangan terburu buru mengganti sensor tersebut, karna belum tentu sensor tersebut rusak. lebh baik kita cek secara manual dulu,  apakah air radiator isi dan penuh.

Jika sensor tersebut memberi informasi yang benar bahwa suhu mesin terlalu panas ini bahaya  dapat menyebabkan kerusakan pasda mesin. Pastikan semua jalur air pendingin tidak ada yang bocor, pastikan juga kipas pendingin itu jalan (tidak rusak) dan pastikan bahwa kondisi radiator dalam kondisi yang baik.

jika semua benar suhu juga normal perhatikan kabel kabel yang menuju sensor tersebut apakah ada yang konsleting (tergabung) ini yang menyebabkan sensor tersebut mendapatkan tegangan yang terlalu tinggi dikarnakan mendapatkan tegangan dari sumber yang lain.

Setelah dicek secara manual barulah mengganti sensor tersebut jika semua dalam kondisi normal
 
=================================================================

Halaman