Blog otomotif terpercaya serta panduan bengkel yang praktis dan mudah

Memahami Fungsi Lampu Cek Engine di Mobil

=================================================================

Lampu engine atau Check Engine Light atau yang biasanya disebut lampu MIL ( Malfunction Indicator Lamp ) berfungsi untuk memberikan peringatan pada pengemudi saat sistem OBD II mendeteksi adanya kerusakan pada sistem kontrol mesin, seperti kerusakan pada sensor-sensor dan Control Unit. 

Lampu ini dapat terus menyala atau kadang-kadang menyala tergantung jenis dan tingkat kerusakan yang dideteksi.

Memahami Fungsi Lampu Cek Engine di Mobil

Beberapa orang akan menjadi panik saat lampu check engine tiba – tiba menyala. Takut mesin mengalami masalah kerusakan yang sangat berat, tapi sebaiknya kita jangan terlalu panik atau  jangan terlalu takut, karena pada beberapa kasus, 

kerusakan yang terjadi saat lampu check engine menyala biasanya tidak terlalu berat, dan sifatnya tidak memerlukan perbaikan dengan segera.

Sebagai gambaran, kita harus memahami cara kerja lampu check engine. Saat sistem OBD II mendeteksi adanya kerusakan yang dapat mempengaruhi tingkat emisi gas buang kendaraan, maka ECU akan menyimpan “ Pending Code “ pada memorinya.

Lampu check engine belum menyala karena sistem OBD II akan memastikan terlebih dahulu apakah masalah itu benar – benar nyata ataukah hanya kerusakan yang bersifat sementara saja. 

Jika kerusakan yang sama terjadi lagi pada trip yang kedua ( pada kondisi pengendaraan yang sama ) sistem OBD II akan menampilkan DTC dan menyalakan lampu Check engine.

Apa yang harus dilakukan saat lampu check engine menyala

Jika tidak ada lampu lain yang menyala seperti lampu tekanan oli, temperatur mesin, atau lampu pengisian, dan kendaraan hidup dengan normal ( suara mesin normal, tidak terdapat bau yang menyegat , getaran mesin normal dan tidak terdapat tanda kerusakan lainnya ) maka tidak perlu panik untuk segera melakukan sesuatu.

Tapi pada kondisi yang tepat dan aman, anda perlu mencari tahu kenapa lampu check engine menyala
Menggunakan Scantool

Satu – satunya cara untuk mengetahui penyebab lampu check engine menyala adalah dengan menghubungkan scantool atau code reader dengan Socket 16 pin OBD II yang terdapat dibawah dashboard / instrument panel untuk membaca kode kerusakan yang tersimpan di ECU.

Memahami Fungsi Lampu Cek Engine di Mobil
Socket OBD II


Anda dapat membawa kendaraan anda ke toko spare part yang mempunyai alat scan tool yang biasanya menggratiskan biaya pemeriksaan, jika tidak terdapat toko sparepart yang mempunyai alat diagnosa, maka kendaraaan harus dibawa kebengkel atau dealer untuk melakukan diagnosa.

Namun hati – hati biasanya harga yang diberikan bengkel atau dealer untuk  melakukan diagnosa cukup mahal, berkisar antara Rp 300.000 sampai 1000.000, 

belum termasuk ongkos perbaikan dan penggantian spare part. Dengan angka yang sama anda dapat membeli code reader atau basic scantool dan dapat melakukan pemeriksaan sendiri.

Membaca DTC

Saat anda menghubungkan code reader atau scantool ke socket diagnostic, scantool akan menampilkan DTC yang tersimpan pada memory ECU. Mungkin hanya terdapat satu DTC, namun bisa juga lebih dari satu, basic scantool hanya akan menampilkan angka kode kerusakan.

Kemudian anda perlu menerjemahkan angka tersebut dengan melihat buku referensi manual atau memeriksa secara online melalui internet. Scantool yang lebih baik akan menampilkan angka dengan penjelasan singkat mengenai DTC yang muncul.

Catat kode DTC yang muncul berikut penjelasannya dari repair manual.

Langkah apa yang harus dilakukan kemudian adalah tergantung pada  kode DTC yang muncul. Kode DTC sendiri tidak akan memberi tahu komponen apa yang harus diganti, namun hanya memberi petunjuk sistem atau sirkuit kompenen yang mengalami masalah, contohnya oksigen sensor, atau mengatakan sifat kerusakan yang terjadi, contohnya Engine misfire.

Diagnosa lebih lanjut dan lebih dalam sangat diperlukan untuk mengatasi masalah kerusakan tersebut, menemukan penyebab kerusakan serta menentukan komponen apa yang harus diganti.

Proses diagnosa seperti ini ini kadang membutuhkan diagram diagnosa yang panjang dan prosedur langkah demi langkah untuk memeriksa berbagai macam kemungkinan.

Informasi trouble shooting seperti ini hanya dapat ditemukan pada repair manual atau melalui situs – situs yang menyediakan informasi trouble shooting seperti situs ALL DATA.

Kode kerusakan yang agak sulit untuk di diagnosa adalah kode yang berhubungan dengan kerusakan misfire. Sistem  OBD II dapat mendeteksi misfire yang terjadi pada masing – masing silinder atau misfire yang terjadi secara acak.

Jika terdapat DTC yang menunjukkan misfire pada satu silinder ( contoh kode P0301 untuk silinder 1 ) , hal ini hanya mengatakan bahwa silinder 1 mengalami misfire, bukan kenapa silinder 1 mengalami misfire.

Beberapa Kemungkinan penyebab munculnya kode kerusakan misfire :


  1. Busi yang kotor atau aus
  2. Kabel busi
  3. Ignition coil yang lemah pada sistem pengapian DIS
  4. Injektor yang kotor atau rusak
  5. Kompresi mesin bermasalah yang dapat diakibatkan kebocoran dari katup, kebocoran gasket cylinder head atau cam lobe yang aus.


Seperti anda lihat banyak sekali kemungkinan yang menyebabkan munculnya DTC tersebut, oleh karena itu dibutuhkan keahlian diagnosa untuk memastikan penyebab kerusakan dan menentukan komponen apa yang harus diganti.

Kode misfire secara acak atau Random misfire ( P0300 ) lebih sulit lagi untuk di analisa karena kemungkinan penyebabnya juga lebih banyak. Random misfire biasanya dapat diartikan bahwa mesin bekerja denga campuran yang terlalu kurus yang bisa disebabkan oleh :

1.      Kebocoran saluran vacum yang sangat kecil
2.      Injector yang kotor
3.      Tekanan bahan bakar yang rendah
4.      Ignition coil yang lemah
5.      Kabel busi
6.      Kompresi mesin yang rendah

Hati – hati dengan kode DTC "Palsu"

Pada beberapa kondisi, kode DTC akan muncul yang menunjukkan seolah – olah telah terjadi kerusakan, namun padahal sesungguhnya bukan kerusakan.

Beberapa kendaraan akan menampilkan kode DTC karena sistem OBD II nya sangat sensitif atau gangguan pada software ECU.

Sebagai contoh, kendaraan GM yang cukup tua dengan mesin 3.8 liter sering sekali menampilkan kode P1046, yang menunjukkan gangguan pada EGR valve.

Mengganti EGR valve ternyata tidak mengatasi masalah ini, karena penyebanya adalah Sistem OBD II yang sangat sensitif terhadap kecepatan pembukaan EGR valve saat diperintahkan membuka oleh ECU.

Perbaikan yang harus dilakukan adalah dengan membawa kendaraan ke dealer untuk melakukan program ulang komputer mobil atau yang disebut “reflash ECU “,  yaitu dengan memberikan software baru pada ECU untuk mengatasi masalah tersebut. Proses ini biasanya membutuhkan biaya sekitar Rp 1.000.000 sampai Rp 2.000.000.

Pabrikan otomotif sering menerbitkan Technical Service Bulletin ( TSB ) yang memberitahukan cara mengatasi tipe masalah – masalah seperti ini.
Informasi Service Bulletin dapat kita lihat pada website resmi pabrikan otomotif atau melalui situs – situs seperti Alldata.

Cara mematikan lampu Check engine

Lampu check engine OBD II akan terus menyala selama kerusakan belum diperbaiki.
Jika terjadi kerusakan intermittent, namun kerusakan tersebut tidak muncul lagi selama 3 trip secara berurutan, maka lampu check engine akan mati , namun kode kerusakan DTC akan tetap tersimpan pada memory ECU.
Jika kerusakan tidak terjadi lagi dalam 40 – 50 trip maka DTC secara otomatis akan dihapus dari memori ECU.

Cara yang paling aman untuk menghapus kode DTC adalah dengan menggunakan scantool atau code reader. Kebanyakan alat – alat tersebut mempunyai tombol atau fungsi untuk menghapus kode DTC dengan tulisan atau keterangan seperti “ clear code ? “ atau “ Erase DTC “.

Jika anda menekan tombol atau memilih opsi tersebut maka kode DTC akan terhapus dari memori ECU, hal ini akan membuat kendaraan kembali ke titik Nol.

SARAN :
Catat DTC yang telah dibaca sebelumnya, sebelum kita menghapus DTC. Jangan anggap kita akan selalu ingat kode tersebut, karena biasanya dalam beberapa hari kita akan segera melupakannya.

Jika lampu check engine menyala kembali ( biasanya jika kerusakan tersebut cukup parah ), anda dapat memeriksa kode DTC yang timbul apakah sama dengan yang sebelumnya.

Hal ini untuk memberikan konfirmasi bahwa kita mempunyai masalah yang menyangkut dengan emisi yang membutuhkan diagnosa lebih lanjut dan kemungkinan memerlukan perbaikan.

NOTE:

Banyak kerusakan yang berhubungan dengan sistem emisi tidak menunjukkan efek secara langsung pada kerja mesin, sehingga kita cenderung untuk mengabaikannya, semua terserah pada anda. 

Namun jika kita tinggal di negara yang mewajibkan pemeriksaan emisi gas buang secara berkala, maka dapat dipastikan kendaraan dengan lampu check engine yang menyala tidak akan lolos dari uji emisi tersebut.

Pada kendaraan yang lebih tua, yang belum menggunakan sistem OBD II ( dibawah tahun 1995 ), DTC yang tersimpan di dalam memori ECU dapat  dihapus dengan melepaskan kabel baterai.

Dengan melepaskan kabel negatif baterai selama kira – kira 10 detik dan kemudian disambungkan lagi akan mereset komputer.

Namun hal itu juga akan menghapus memori adaptasi ECU, yang artinya kemungkinan bisa menyebabkan putaran idle mesin menjadi tidak stabil 

atau menjadi sedikit rendah selama beberapa waktu sampai ECU dapat mempelajari kembali apa yang perlu di ketahui oleh ECU.

Hal yang sama juga terjadi pada sistem kontrol transmisi otomatis. Memori saluran radio yang tersimpan juga akan hilang, dan beberapa setingan electronic ( memory seat, mirror dll ). Itulah pentingnya menghapus dtc dengan menggunakan Scantool.

WARNING :
Pada kendaraan produksi 1996 keatas atau kendaraan yang sudah dilengkapi dengan OBD II terbaru, menghapus DTC dengan mencabut fuse  ECU atau dengan melepas kabel negatif baterai kemungkinan tidak dapat menghapus Kode kerusakan,
malah ada resiko ECU akan kehilangan informasi – informasi penting yang sangat dibutuhkan oleh ECU agar dapat bekerja dengan baik.

Hal ini  pasti akan terjadi pada kendaraan tahun 2004 keatas yang sudah menggunakan sistem komunikasi kelistrikan CAN ( Control Area Network ).

JANGAN LEPASKAN BATERAI PADA KENDARAAN SEPERTI INI !!!.

Pada beberapa kendaraan, jika ECU kehilangan tegangan listrik maka dapat mengakibatkan ECU kehilangan memori setingan transmisi otomatis, Fungsi climate control, dan beberapa data penting lainnya. 

Hal ini dapat mengakibatkan kita terpaksa harus ke dealer resmi untuk melakukan pemrograman ulang pada ECU untuk mengembalikan data yang hilang tersebut.
=================================================================

Pertanyaan Seputar Jual - Beli Mobil Baru Dan Bekas

=================================================================

PERTANYAAN


2. Bagaimana memeriksa kendaraan bekas perbaikan berat...?

3. Pada tahun keberapakah sebuah mobil mencapai nilai penyusutan maksimal...?

4. Selain faktor harga, hal apa saja yang harus dipertimbangkan ketika membeli mobil baru , ditinjau dari sudut pandang biaya perbaikan...?

5. Saya membeli mobil bekas pada hari libur dimana tidak ada bengkel resmi yang buka untuk melakukan pemeriksaan kondisi mobil. Bagaimana mengatasi situasi tersebut..?

6. Apakah merubah ukuran ban dapat menggugurkan warranty mobil...?

7. Bagaimana cara mengetahui odo meter mobil yang sudah "diakali"...?

8. Apakah mobil dengan transmisi manual lebih irit dibandingkan dengan yang menggunakan transmisi otomatis...?

9. Apakah cat mobil baru boleh langsung dipoles...?

10. Saya sedang mencari mobil bekas dan sedang mencari kira-kira mobil apa yang cocok untuk saya. Apakah ada metode untuk mempersempit pencarian saya...?

11. Saya mempunyai mobil bekas dengan harga jual sekitar Rp. 35.000.000.  Mobil saya mengalami kerusakan yang membutuhkan biaya perbaikan hampir mencapai Rp. 20.000.000, Apakah saya harus memperbaiki mobil dengan harga tersebut..?

12. Saya berniat membeli mobil bekas dan pemiliknya mempunyai data riwayat perbaikan kendaraan, Apakah saya masih perlu melakukan pemeriksaan secarah menyeluruh...?

13. Saya baru saja membeli mobil baru pertama saya, bagaimana prosedur yang benar menggunakan mobil baru tersebut pada masa inreyen...?


Mobil baru atau mobil bekas
Mobil baru atau mobil bekas

JAWABAN

1. Mobil apakah yang paling cocok saya beli...?

Hal yang paling penting saat memilih membeli mobil baru adalah yang sesuai dengan kebutuhan anda. Sebagai contoh jika anda ingin mobil yang hemat bahan bakar  
 
maka mobil SUV sangatlah tidak cocok untuk dibeli, hal yang sama jika anda mempunyai keluarga besar maka membeli small car bukanlah pilihan yang tepat.

Jadi sekali lagi sesuaikanlah dengan kebutuhan anda.


Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah tingkat populasi mobil dan jumlah layanan purna jualnya di daerah anda. 
 
Sebagai contoh Toyota merupakan merk yang paling populer di Indonesia dan mempunyai jaringan purna jual yang sangat menyebar sehingga mempermudah ketersediaan spare part dan layanan aftersalesnya. 

Merk-merk mobil yang sangat jarang mungkin hanya mempunyai satu dealer saja di kota besar dan ketika suatu saat tutup mungkin akan mempersulit utnuk mendapatkan sparepart dan mengurus klaim warranty. 


2. Bagaimana memeriksa kendaraan bekas perbaikan berat...?

Untuk memeriksa mobil yang pernah mengalami kerusakan berat dan sudah diperbaiki dibutuhkan seoarang ahli, walaupun mobil yang sudah diperbaiki dengan sangat baik agak sulit untuk diperiksa. 
 
Pada mobil yang perbaikannya tidak sempurna akan terlihat beberapa tanda yang akan mudah dikenali oleh orang awam. Usahakan jangan membeli mobil seperti itu.


3. Pada tahun keberapakah sebuah mobil mencapai nilai penyusutan maksimal...?

Depresiasi harga maksimum sebuah mobil biasanya terjadi pada usia 3 tahun, dimana mobil kehilangan persentase tertingi dari harganya yang akan terus turun.

Beberapa mobil akan mengalami penurunan nilai jual 60-70 % pada usia 3 tahun. Membeli mobil  pada usia ini dan melakukan perawatan berkala secara teratur akan memberikan  biaya keseluruhan yang rendah.


4. Selain faktor harga, hal apa saja yang harus dipertimbangkan ketika membeli mobil baru , ditinjau dari sudut pandang biaya perbaikan...?

Mobil-mobil baru biasanya menggunakan banyak teknologi yang harganya mahal. Saat mengalami kerusakan pasti akan menimbulkan biaya yang cukup besar. 

Sebagai contoh kebanyakan pemilik mobil tidak mengetahui bahwa mobil mereka menggunakan sistem suspensi aktif dan terkadang juga tidak dapat merasakan kegunaan teknologi tersebut. 
 
Namun jika sistem tersebut mengalami kerusakan dan membuat lampu indikator menyala biaya yang dikeluarkan untuk melakukan perbaikan cukup besar.

Sistem navigasi aftermarket mungkin hanya setengah harganya dibandingkan sistem bawaan pabrik, dan jika mengalami kerusakan biasanya harganya tidak terlalu mahal.

Sistem bawaan dari pabrikan memerlukan biaya perbaikan yang lebih mahal. Dari sudut pandang biaya maka mobil yang lebih sedikit fitur-fiturnya maka biaya perawatannya juga biasanya tidak terlalu mahal.


5. Saya membeli mobil bekas pada hari libur dimana tidak ada bengkel resmi yang buka untuk melakukan pemeriksaan kondisi mobil. Bagaimana mengatasi situasi tersebut..?
Saya tidak menyarankan untuk membeli mobil bekas dari manapun tanpa melakukan pemeriksaan kendaraan secara menyeluruh pada bengkel yang terpercaya. Perbedaan harga antara mobil baru dan mobil lama sangat substansial. 

Seorang yang menjual mobilnya berarti mengalami kerugian dari harga pembelian mobilnya dan alasan orang menjual mobilnya bermacam-macam, pastikan penyebabnya bukan karena adanya masalah teknik pada mobil tersebut.

Jika anda memberitahukan kepada penjual bahwa anda tertarik dengan mobilnya dan memberikan uang tanda jadi kemungkinan besar banyak penjual yang bersedia menahan mobilnya. 
 
Dalam kwitansi tanda jadi dapat dituliskan uang muka pembelian mobil setelah mobil diperiksa secara menyeluruh di bengkel. Ini akan melindungi anda jika ternyata ditemukan masalah besar pada mobil yang memakan banyak biaya. 
 
Namun harus diingat uang tanda jadi adalah bentuk komitmen dan anda tidak dapat berubah pikiran seenaknya jika memang tidak ditemukan masalah pada mobil.


6. Apakah merubah ukuran ban dapat menggugurkan warranty mobil...?

Syarat dan aturan warranty tiap pabrikan mobil berbeda-beda, namun pada umumnya pabrikan menyatakan bahwa setiap modifikasi yang dilakukan pada mobil akan menggugurkan warranty mobil tersebut. 
 
Dalam kasus ini jika kerusakan yang timbul akibat penggantian ban tersebut maka sudah jelas warranty mobil tersebut akan gugur.

Warranty adalah kontrak perjanjian. Jika syarat-syarat dalam kontrak tersebut dilanggar oleh salah satu pihak maka perjanjian tersebut akan batal.


7. Bagaimana cara mengetahui odo meter mobil yang sudah "diakali"...?

Pada odometer digital yang kilometernya dimundurkan menggunakan alat khusus sangat sulit untuk mendeteksinya, inilah mengapa pentingnya mendapatkan daftar riwayat perbaikan sebelum membeli mobil bekas.

Melalui riwayat perbaikan dapat diketahui kilometer dan tanggal perbaikan mobil dengan jelas, sehingga dapat diketahui apakah odometer mobil sesuai atau tidak.


8. Apakah mobil dengan transmisi manual lebih irit dibandingkan dengan yang menggunakan transmisi otomatis...?

Secara teori mobil transmisi manual dapat lebih irit jika dikemudian dengan baik oleh seorang pengemudi profesional. 

Namun dengan gaya mengemudi orang pada umumnya kinerja dan efisiensi transmisi otomatis sulit dikalahkan.


9. Apakah cat mobil baru boleh langsung dipoles...?

Cat mobil baru boleh langsung dipoles. Proses pengecatan mobil baru di pabrik berlangsung pada temperatur tinggi. 

Untuk mendapatkan perlindungan cat terbaik mobil baru harus dicuci dengan bersih dan dipoles sebulan setelah dibeli, kemudian lakukan pemolesan mobil sedikitnya dua kali dalam setahun.


10. Saya sedang mencari mobil bekas dan sedang mencari kira-kira mobil apa yang cocok untuk saya. Apakah ada metode untuk mempersempit pencarian saya...?

Pertama, tentukan tipe mobil apa yang sesuai dengan kebutuhan anda. Saat ini ada berbagai model mobil yang terkadang membuat bingung untuk menentukan mobil apa yang harus dibeli.

Pelajari terlebih dahulu kebutuhan anda akan kendaraan, tentukan tipe mobil yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan fokuskan pencarian sesuai dengan tipe mobil tersebut.

Sebagai contoh mobil SUV memang terlihat menarik namun tentu saja tidak akan cocok anda beli jika faktor irit bahan bakar menjadi pertimbangan anda.

Jika jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda sudah dapat ditentukan yang selanjutnya dilakukan adalah mencari beberapa mobil yang sesuai. 

Cari mobil yang mempunyai problem sekecil mungkin. Perhatikan tanda-tanda kerusakan yang terjadi sebelumnya, 

kondisi cat yang belang, garis-garis mobil yang sudah tidak simetris dan ada bekas las atau dempulan yang terlalu tebal  mengindikasikan bahwa mobil pernah mengalami tabrakan diwaktu yang lampau.

Perhatikan juga merk ban, baterai dan filter oli yang terpasang. Jika ban, baterai menggunakan merk ternama dan filter oli yang terpasang merupakan original pabrikan berarti mobil tersebut dirawat dengan baik dan sangat layak untuk dibeli


11. Saya mempunyai mobil bekas dengan harga jual sekitar Rp. 35.000.000.  Mobil saya mengalami kerusakan yang membutuhkan biaya perbaikan hampir mencapai Rp. 20.000.000, Apakah saya harus memperbaiki mobil dengan harga tersebut..?

Jawabannya tergantung pada rencana anda terhadap mobil tersebut dan kondisi mobil secara keseluruhan. 

Jika anda benar-benar menyukai mobel tersebut sebaiknya lakukan juga pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui kondisi mobil secara detail apakah kira-kira masih ada kerusakan parah yang lainnya.

Jika tidak ada masalah yang lainnya, melakukan perbaikan dengan harga tersebut memungkinkan anda masih dapat menggunakan mobil tersebut dalam kondisi baik dua tahun ke depan. 

Kemudian anda dapat menjual mobil tersebut dengan harga yang tidak terlalu jatuh. Menjual mobil dalam kondisi rusak tentu saja akan membuat harganya sangat jatuh dan sulit mendapatkan pembeli. Dari sudut pandang tersebut melakukan perbaikan merupakan langkah yang tepat.


12. Saya berniat membeli mobil bekas dan pemiliknya mempunyai data riwayat perbaikan kendaraan, Apakah saya masih perlu melakukan pemeriksaan secarah menyeluruh...?

Ya. Daftar riwayat perbaikan kendaraan memang sangat membantu namun hanya memberikan gambaran kondisi kendaraan secara terbatas 

karena biasanya tidak memuat riwayat kerusakan yang tidak dilaporkan dan diperbaiki atau yang perbaikannya tidak dilakukan di bengkel yang mempunyai data record yang baik.

Sebagai contoh mungkin saja kendaraan habis terkena banjir dan langsung ingin dijual oleh pemiliknya tanpa dilakukan perbaikan secara sempurna terlebih dahulu. 

Mobil pernah mengalami overheat namun tidak diperbaiki, mobil pernah mengalami kecelakaan dan diperbaiki pada bengkel body repair pinggir jalan dll.


13. Saya baru saja membeli mobil baru pertama saya, bagaimana prosedur yang benar menggunakan mobil baru tersebut pada masa inreyen...?

Beberapa mobil baru disarankan melakukan prosedur in reyen pada masa awal digunakan.Pada kilometer awal hindari melakukan akselerasi 

dan deselrasi secara mendadak hal ini agar mesin dapat bekerja dengan baik dan membuat brake pad dapat duduk dengan sempurna pada rotor disc. 

Juga hindari berkendara pada kecepatan yang konstan dalam periode yang lama, berkendalah dengan kecepatan yang bervariasi pada masa inreyen
=================================================================

Tuner Scantool : Cara Mudah Rubah Setingan Mesin

=================================================================
Scantool adalah yang dapat digunakan berkomunikasi dengan komputer mobil membaca kode kerusakan dan membaca data yang tersimpan pada komputer mobil.

Scantool-scantol non pabrikan yang belum memenuhi standard SAE J2534 hanya mempunyai kemampuan  membaca data yang tersimpan di dalam ECU dan tidak mempunyai kemampuan untuk melakukan pemrograman instruksi kerja yang sudah dimasukkan ke dalam memori ECU.

Jika  ingin merubah setingan untuk meningkatkan power mesin mobil  maka satu-satunya jalan adalah dengan mengganti PROM (Program Read Only Memory) original pabrikan dengan Chip khusus yang telah diseting untuk meningkatkan performa mesin.

Chip aftermarket untuk meningkatkan tenaga mesin biasanya mempunyai setingan yang memungkinkan mesin menghasilkan tenaga lebih besar seperti timing pengapian yang lebih luas, kontrol penambahan bahan bakar dan memungkinkan pemilik mobil membuka speed limiter dan stock rev limiter.

Pada model chip yang tidak dapat dilepas karena disolder secara permanen pada pcb ECU, maka data ECU harus dimanipulasi dengan menggunakan piggyback (control modul aftermarket yang dipasang pada wiring harness ECU mobil) 

agar dapat melakukan penyetelan timing pengapian dan suplai bahan bakar sesuai dengan keinginan. Piggy back pada prinsipnya melakukan modifikasi sinyal input dan output ECU untuk meningkatkan performa mesin.

Saat chip EEPROM (Electronically Ereaseable Program Read Only Memory) mulai digunakan pada komputer mobil yang sudah menggunakan OBD II 

maka dimungkinkan melakukan pemrograman ECU tanpa mengganti chip, namun hal ini hanya dapat dilakukan oleh alat reprogramming resmi dari pabrikan. 

Hal ini dilakukan untuk mencegah seseorang melakukan modifikasi parameter ECU yang dapat mempengaruhi emisi kendaraan dan timbulnya masalah warranty yang tidak diinginkan.

Beberapa perusahaan ada yang memproduksi scantool yang secara khusus dapat melakukan penyetelan ECU untuk meningkatkan performa kendaraan beberapa diantaranya 



tuner sacntool
Tuner Scantool

Apa saja yang dapat dilakukan Tuner Scantool...?

Dengan tuner scantool kita dapat melakukan penyetelan ulang beberapa setingan pada komputer mobil  untuk meningkatkan putaran dan power mesin. 

Beberapa produsen alat ini mengatakan dapat mengatur setingan horse power mesin bensin dengan 10 sampai 30 variasi setingan. Sedangkan pada mesin diesel turbo dapat mencapai 50 sampai 100 setingan.

Pada umumnya tuner scantool mempunyai kemampuan :

  • Merubah setingan campuran udara dan bahan bakar
  • Merubah timing pengapian dan pemajuan pengapian.
  • Menaikkan atau menurunkan shifting point transmisi otomatis.
  • Menaikkan putaran rpm limiter.
  • Kalibrasi ulang Speedo meter agar sesuai dengan perubahan ukuran ban yang digunakan.
  • Kalibrasi ulang Speedo meter agar sesuai dengan perubahan axle ratio.
  • Menyesuaikan speed limiter dengan batas kecepatan maksimum yang diijinkan pada ban.
  • Mendownload file tune up yang sudah dimodifikasi untuk diaplikasikan pada berbagai mesin dari internet .
  • Membaca dan menghapus kode DTC seperti scantool pada umumnya.

Fitur dan kemampuan tiap tuner scantool bervariasi tergantung merk dan pabrikan yang memproduksinya. Namun semuanya mempunyai kemampuan untuk merubah setingan yang tersimpan di dalam ECU.

Beberapa perubahan setingan ECU biasanya harus dilakukan jika kita ingin meningkatkan boost level turbocharger atau super charger (yang harus diikuti dengan mengganti injektor yang mempu menyemprotkan bahan bakar lebih banyak dan modifikasi lainnya).

ECU juga harus diseting ulang jika mengganti komponen standard seperti cam, cylinder head dan piston dengan komponen aftermarket yang bertujuan untuk mendongkrak performa mesin.

Begitu juga halnya jika menggunakan cold air intake system atau intake manifold modifikasi. Jadi setiap perubahan pada sistem "pernapasan" mesin harus diikuti dengan melakukan seting ulang kurva sistem bahan bakar dan pengapian untuk mendapatkan performa maksimal dari perubahan yang dilakukan.

Hal yang harus diperhatikan menyangkut tuner scantool


Tuner scantool yang dapat merubah setingan pada ECU merupakan produk yang sangat bagus namun juga menimbulkan resiko. Resiko yang utama ketika merubah setingan ECU adalah ditolaknya klaim warranty mesin oleh pabrikan.

Sebagai contoh GM tidak akan membayar setiap klaim warranty terhadap setiap kerusakan pada mesin, transmisi atau sistem ekshaust akibat kesalahan yang diakibatkan modifikasi setingan ECU.


Resiko yang lain adalah timbulnya kerusakan pada komponen-komponen mesin. Bagi seorang tuner yang berpengalaman menggunakan tuner scantool untuk merubah setingan ECU mungkin hal yang mudah.

Namun bagi pemula yang mencoba melakukan penyetelan sendiri dan tidak terlalu memahami dampak dari merubah setingan bahan bakar dan pengapian pada mesin dapat menimbulkan kerusakan.

Disarankan JANGAN mencoba untuk membuat para meter sendiri sebelum mempunyai pengalaman melakukan tuning.

Langkah paling baik dan aman adalah dengan menggunakan file tuning yang biasanya sudah diberikan oleh supplier tuner scantool saat kita membeli produk mereka.

Langkah tuning akan didasari pada  informasi detail yang anda berikan tentang modifikasi yang dilakukan seperti pemasangan cold air intake aftermarket, low restriction exhaust, performance cam dll.

Produsen tuner scantool telah mendesain file tuning yang telah disesuaikan dengan berbagai modifikasi yang umum dan jika dibutuhkan dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan yang sesuai dengan kebutuhan modifikasi anda.

Jika file tuning tidak sesuai dengan yang diharapkan dengan mudah dapat dikembalikan ke setingan asli pabrikan.

Beberapa Perubahan Setingan Yang dapat Dilakukan Menggunakan Tuner Scantool

Merubah Setingan Campuran Bahan Bakar Dengan Tuner Scantool

Campuran bahan bakar yang lebih kaya akan menghasilkan tenaga yang lebih besar (max 12:1), namun jika terlalu kaya maka justru hanya akan membuat bahan bakar boros dan menaikkan emisi gas buang.

Jika mesin  dengan campuran yang terlalu kaya berada pada putaran idle yang terlalu lama akan membuat busi cepat kotor dan tertutup lapisan karbon. Bahaya paling besar jika mesin bekerja dengan campuran terlalu kurus timbulnya knocking saat beban berat dan dapat merusak piston.

Cara paling aman saat melakukan setingan bahan bakar adalah melakukannya dengan mobil berada pada alat dyno meter dan sambil memonitor temperatur ekshaust dan campuran bahan bakar untuk memastikan campuran bahan bakar dan udara tidak terlalu kurus.

File-file tuning yang dapat didownload sudah melalui serangkaian test pada dyno tester dengan menggunakan kendaraan yang sesuai.

Merubah Timing Pengapian Dengan Menggunakan Tuner Scantool

Timing pengapian awal yang lebih maju  akan meningkatkan momen mesin, membuat pedal gas lebih responsif  dan akselerasi lebih spontan.

Namun jika terlalu maju akan menimbulkan resiko kerusakan mesin akibat timbulnya knocking. Mesin yang timing pengapiannya semakin maju membutuhkan oktan bahan bakar yang lebih tinggi.

Kebanyakan mesin akan bekerja dengan baik dengan timing pengapian awal 6 sampai 10 derajat dan total pengajuan pengapian 32 sampai 34 derajat.

Beberapa file tuning download diberi keterangan untuk digunakan dengan bahan bakar oktan 87 dan oktan 92 berdasarkan seberapa banyak timing pengapiannya dimajukan. Jika file tuning yang dipilih adalah oktan 92 maka wajib menggunakan bahan bakar dengan angka oktan 92 keatas.

Menaikkan Boost Pressure Turbo Dengan Menggunakan Tuner Scantool

Menaikkan tekanan boost turbo dapat meningkatkan power dan momen mesin. Semakin besar boost pressure turbo yang dihasilkan maka udara yang dihisap masuk ke dalam mesin semakin banyak dan tenaga yang dihasilkan mesin akan semakin besar pula.

Namun ada batasan sampai sejauh mana boost pressure turbo dapat diperbesar, karena akan dapat merusak atau dapat melewati kapasitas penyemprotan bahan bakar oleh injector.

Boost pressure turbo yang terlalu besar dapat merusak gasket cylinder head, merusak connecting rod, transmisi (khususnya transmisi otomatis), merusak Universal joint pada proppeler shaft dan bahkan dapat merusak gardan.

Saat tenaga putaran crank shaft mesin diperbesar, cepat atau lambat bagian persambungan pemindah daya di mobil akan mengalami kerusakan.

Pada mesin diesel turbo tekanan boost pressure dapat dinaikkan 4 sampai 6 Psi yang akan menaikkan tenaga sekitar 100 sampai 150 Hp tanpa menimbulkan kerusakan pada mesin, jika dinaikkan lebih dari itu maka akan menimbulkan kerusakan pada komponen terlemah dari pemindah daya.

Pada mobil penumpang yang menggunakan turbo diperlukan mengupgrade injektor ke tingkat penyemprotan bahan bakar yang lebih tinggi jika tekanan boost turbo dinaikkan.

Kebanyakan mesin masih dapat menoleransi penambahan power sebesar 50 sampai 100 Hp sebelum mulai menimbulkan kerusakan (kecuali melakukan upgrade pada komponen yang lebih kuat dan tahan lama).


Jika anda mengiginkan peningkatan tekanan booster yang lebih tinggi lagi sehingga power mwsin melonjak hingga 800 Hp maka harus dilakukan perombakan besar pada komponen-komponen mesin dan pemindah daya seperti penggunaan forged steel crankshaft, forged steel connecting rod, allununium piston, plat kopling yang lebih kuat.

Merubah Rev Limiter Dengan Menggunakan Scantool

Rev Limiter (pembatas putaran mesin) akan mematikan sistem pengapian jika mesin berputar terlalu tinggi melebihi batasan yang telah ditentukan,

hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya gejala katup mengambang (valve float) yang dapat membuat katup dan piston berbenturan sehingga menimbulkan kerusakan pada katup dan piston.

Menaikkan putaran maksimum mesin sampai melabih batas kemampuan valve spring standard bawaan pabrikan dapat menimbulkan masalah.

Penamabahnputaran maksimum sampai 500 Rpm masih dianggap aman, namun jika lebih dari itu akan menimbulkan resiko kerusakan kecuali dilakukan penggantian pegas valve dengan yang lebih keras.

Merubah Speed Limiter Dengan Menggunakan Tuner Scantool


Speed limiter termasuk sistem fitur keselamatan yang ditanam dalam memori ECU untuk mencegah seseorang mengemudi melebihi tingkat kecepatan atau speed rating ban.

Demi alasan keamanan setiap ban mempunyai tingkat kecepatan yang dijinkan pada ban tersebut. ban dapat meledak jika dipacu melebihi tingkat kecepatan maksimumnya.

Peringatan :Jika anda merubah speed limiter atau tingkat kecepatan pada mobil, pastikan menggunakan tingkat kecepatan ban yang sudah disesuaikan dengan perubahan tersebut.

Ban-ban untuk mesin performa tinggi pada umunya mempunyai speed rating 210 Km/jam keatas. Lihat pada tanda speed rating yang ditulis di bagian samping ban untuk memastikan tingkat kecepatan maksimum ban sesuai dengan speed limiter mobil :


  • H = 130 mph (210 km/h)
  • V = 145 mph (240 km/h)
  • Z = 149 mph (240 km/h)
  • W = 168 mph (270 km/h)
  • Y = 186 mph (300 km/h)

Isu Emisi Gas Buang Dengan Tuner Scantool

Merubah setingan ECU pada mobil mungkin akan menimbulkan masalah jika anda tinggal di daerah yang mensyaratkan pengujian emisi kendaran secara berkala dan ketat.

Beberapa program tuning masih dianggap legal dan tidak akan menimbulkan masalah pada mesin dan sistem emisi, namun beberapa program tuning untuk meningkatkan performa mesin yang lebih tinggi untuk keperluan balap dapat dianggap ilegal karan mematikan fungsi oksigen sensor setelah catalytic converter yang mencegah sistem catalytic converter OBD bekerja, hal ini dapat membuat mobil gagal dalam uji emisi gas buang.

Tuner Scantool Jangan Sampai Hilang

Saat menggunakan tuner scantool untuk menginstall file tuning menggantikan file asli di ECU maka tuner scantool telah "dikawinkan" denganmobil. File tuning di mobil tersebut tidak dapat dirubah tanpa menggunakan tuner scantool yang telah diinstall sebelumnya.

Jika anda melakukan modifikasi tambahan pada mobil atau mengalami masalah gagal dalam uji emisi karena program tuning menonaktifkan fungsi monitor oksigen sensor OBD

(hal yang umum dalam modifikasi dengan program tuning), maka anda membutuhkantuner scantool untuk melakukan perubahan program tuning tersebut.

Jika tuner scantool hilang salah satu pilihan adalah dengan membawa mobil ke dealer resmi unruk melakukan reflashing mengembalikan program ECU ke standard pabrikan.

Hal ini mengharuskan juga untuk mengganti kembali komponen modifikasi tambahan yang sudah terpasang seperti cold air intake, custom exhaust dll dengan komponen standar.


Bagimana Dengan Tuning Custom ECU...?

Melakukan modifikasi custom ECU menggunakan laptop atau plug-in interface membutuhkan software khusus yang dapat melakukan hack pada file original ECU dan menuliskan file baru ke dalamnya.

Pekerjaan ini sebaiknya dilakukan pada orang atau bengkel yang mempunyai pengalaman tuning dengan dyno meter dan mempunyai pengetahuan bagaimana melakukan pekerjaan tersebut dengan baik.

Cara paling aman untuk melakukan seting tuning ECU adalah dengan membeli tuner scantool dan download file tuning dari suplier tuner scantool yang sesuai dengan tipe kendaraan anda.

File tuning download ini mungkin tidak menghasilkan performa sebaik melakukan tuning custom pada mesin dyno meter namun lebih simple dan sudah cukup untuk penggunaan harian.


Beberapa suplier tuner scantool :


AmericanMuscle BAMA Tuner for Mustangs

Bully Dog

DiabloSport

Edge Products

Gale Banks Tuners dan Programmers

GM Tuners (Custom Chip/PCM reprogramming)

Hypertech

Jet Performance Products

MyChipTuningFiles

Superchips

TunerTools.com

Unichip

=================================================================

Bau di Dalam Mobil..? : Kenali dan Ketahui Cara Mengatasinya

=================================================================

Bau yang muncul pada mobil bisa menjadi petunjuk adanya masalah pada mobil.

Bau atau aroma yang muncul di dalam mobil bisa diakibatkan oleh beberapa hal yang diantaranya munculnya bau tersebut merupakan indikasi ada masalah pada mobil. Berikut panduan singkat untuk mengenali dan menganalisa masalah bau yang timbul pada mobil  :

Bau di dalam kabin mobil
Bau di dalam kabin mobil

Bau Plastik Terbakar

Bau ini bisa muncul jika ada kabel yang terbakar akibat short circuit atau korsleting pada kabel atau komponen kendaraan.
Jika tercium bau ini segera hentikan kendaraan dan lakukan pemeriksaan secara seksama untuk mengetahui sumber bau tersebut.

Muncul Aroma Wangi

Jika tercium aroma yang cukup wangi, patut dicurigai telah terjadi kebocoran sistem pendingin mobil. Antifreeze yang terdapat di dalam cairan pendingin

biasanya menimbulkan aroma wangi tersebut. Perhatikan indikator temperatur mobil apakah menunjukkan indikasi overheat.

Jika terlihat semburan uap panas keluar dari bawah kap mesin bagian depan segera hentikan mobil dan matikan mesin.

Perhatian :
Hati-hati saat membuka kap mesin untuk melakukan pemeriksaan jangan sampai uap panas tersebut mengenai tubuh.
Tunggu sampai mesin mobil dingin sebelum menambahkan cairan pendingin.

Kebocoran cairan pendingin juga bisa terjadi di dalam kabin mobil yang berasal dari sistem heater yang terletak di bawah dashboard. Tanda kebocoran dapat dilihat dari bekas air di atas karpet pada sisi penumpang.

Muncul Bau "Roti Bakar"

Bau ini muncul mengindikasikan telah terjadi kebocoran oli mesin dan mengenai exhaust manifold atau pipa Knalpot yang panas. Periksa kebocoran oli dan periksa jumlah oli melalui dipstick untuk memastikan jumlah oli di dalam mesin masih cukup.

Perbaiki kebocoran oli dengan mengganti deal-deal atau gasket yang menjadi penyebab kebocoran oli dan tambahkan oli sesuai dengan spesifikasi. Bau seperti "roti bakar" ini juga bisa disebabkan oleh kebocoran oli transmisi otomatis dan mengenai pipa knalpot yang panas.

Periksa bagian bawah mobil karena sumber kebocoran ini biasanya berasal dari gasket karter transmisi, seal input shaft atau seal Drive shaft dan juga bisa berasal dari pipa yang menghubungkan transmisi dengan oil cooler di radiator.

Asap Mesin Diesel

Saat berada di belakang truk atau bus yang bermesin diesel dan tercium bau asap diesel di dalam kabin mobil yang kemungkinan masuk melalui saluran ventilasi sirkulasi udara luar atau kaca jendela tidak tertutup rapat.

Tutup jendela dengan rapat dan jika sistem AC dilengkapi dengan Recirculation mode, tekan tombol RECIRC untuk menutup saluran ventilasi udara luar.

Jika pada mobil yang sudah dilengkapi dengan filter kabin dan kemudian tercium udara dari luar di dalam kabin mobil, hal tersebut menandakan Charcoal active yang terdapat pada filter kabin sudah melewati masa pakainya.

Kandungan Charcoal active yang mampu untuk menyerap bau tersebut hanya mampu berfungsi efektif kurang lebih selama satu tahun. Periksa kondisi filter kabin dan disarankan untuk diganti jika filter kabin sudah dipakai lebih dari dua tahun.

Carbonmonoksida

Carbon monoksida merupakan salah satu gas berbahaya yang tidak berbau dan tidak berwarna.  Asap dari gas buang dapat dirasakan dengan indera penciuman namun karbonmonoksida tidak akan tercium.

Kebocoran pada sistem exhaust dapat mengakibatkan gas karbonmonoksida masuk kedalam kabin mobil, hal ini sangat berbahaya terutama pada cuaca dingin dan seluruh kaca mobil dalam keadaan tertutup.

Gas karbonmonoksida dapat membuat manusia lemas bahkan meninggal tanpa disadari sama sekali.

Tercium Bau Apek

Jika pada kabin mobil tercium bau apek saat AC dihidupkan kemungkinan besar terdapat jamur atau bakteri yang menempel pada permukaan evaporator.

Evaporator terdapat dibawah dashboard dan cukup sukit untuk diakses karena biasanya ditutupi oleh cover plastik dan membuat pemeriksaan dan pembersihan evaporator menjadi cukup sulit.

Salah satu cara untuk menanggulangi bau apek tersebut bisa dengan menyemprotkan pengharum ruangan melalui ventilasi AC atau melalui bagian terbuka lainnya yang paling dekat dengan evaporator dibawah dashboard .

Gunakan semprotan pengharum ruangan dengan ujung yang panjang sehingga dapat mengenai langsung evaporator. Jamur dan bakteri mudah bersarang pada evaporator karena kondisi yang lembab disekitarnya.

Evaporator AC keluaran terbaru mempunyai kandungan kimia anti bakteri yang dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada evaporator.

Beberapa mobil ada yang menggunakan fitur afterblow yaitu sistem yang akan menjaga blower fan tetap berputar beberapa saat setelah kunci kontak atau sistem AC dimatikan,

hal ini akan membantu mengeringkan evaporator. Jika sistem ini tidak bekerja tetesan atau  uap air yang menempel pada evaporator akan membuat jamur atau bakteri tumbuh subur.

Jika bau apak di dalam mobil tercium setiap saat  baik AC hidup maupun mati kemungkinan penyebabnya adalah karpet yang basah akibat terkena kebocoran air dari seal karet kaca atau pintu yang tidak rapat atau juga berasal dari selang pembuangan air AC yang tersumbat dan akhirnya mengenai karpet.

Bau yang muncul sama seperti jika mobil terkena banjir dan sangat sulit untuk dihilangkan. Seluruh karpet mobil harus dilepas kemudian dicuci bersih dan dikeringkan di panas matahari.

Bau Telur Busuk

Bensin mengandung sedikit sulfur, saat pertama mobil dihidupkan dan tercium aroma seperti telur busuk atau bau sulfur. Bau ini ditimbulkan oleh catalytic converter yang berfungsi merubah sulfur menjadi hidrogen sulfida.

Hal ini merupakan hal yang wajar untuk beberapa mobil, namun mnbau itu bisa lebih menyengat jika bensin yang digunakan mengandung sukfur lebih tinggi lagi.

Bau Bensin

Jika tercium bau bensin di dalam kabin mobil mungkin telah terjadi kebocoran pada tangki bahan bakar atau saluran bahan bakar. hal ini bisa jadi sistuasi yang sangat berbahaya.

hentikan kendaraan dan segera lakukan pemeriksaan pada bagian bawah kendaraan dari kemungkinan terjadinya kebocoran bahan bakar. Jika bau bensin sangat kuat segera perbaiki kendaraan ke bengkel.

Aroma Mobil Baru

Aroma khas mobil baru yang tercium saat masuk ke dalam mobil belum tentu sesuatu yang baik. Aroma itu berasal dari  volatile organic hydrocarbons (VOCs) yang menguap secara perlahan dari bahan plastik dan karpet di dalam mobil. Senyawa ini termasuk bahan karsinogen yang dapat memicu timbulnya kanker.

VOC yang menguap dari bahan jok dan karpet mobil akan membentuk seperti kabut asap tipis pada kaca jendela mobil sama seperti jika ada orang merokok di dalam mobil.

Aroma ini biasanya akan bertahan selama 6 bulan sebelum benar-benar hilang dan selama itu pula anda akan menghirupnya selama berada di dalam mobil.

Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk sering membuka kaca jendela saat mobil diparkir (garasi) untuk mempercepat penguapan zat ini.

Menggunakan Pengharum Udara

Saat ini dipasaran banyak terdapat pengharum udara dengan berbagai aroma dan berbagai bentuk. Pilihlah pengharum udara yang sesuai dengan selera dan tidak mengandung bahan kimia yang dapat mengganggu kesehatan atau merusak interior mobil.

=================================================================

Halaman