Tips Memilih Kampas Rem Yang Sesuai
Tips Memilih Kampas Rem Yang Sesuai - Hallo semua Bengkel Karya Prima Motor, Pada Postingan kali ini yang berjudul Tips Memilih Kampas Rem Yang Sesuai, telah kami persiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan
Artikel Tips, ini dapat anda pahami. dan bermanfaat, selamat membaca.
Judul : Tips Memilih Kampas Rem Yang Sesuai
link : Tips Memilih Kampas Rem Yang Sesuai
Judul : Tips Memilih Kampas Rem Yang Sesuai
link : Tips Memilih Kampas Rem Yang Sesuai
Tips Memilih Kampas Rem Yang Sesuai
Kampas rem memiliki material yang berbeda-beda dan akan menghasilkan karakteristik yang berbeda pula.
Saat akan melakukan penggantian kampas rem diluar bengkel resmi, pemilik mobil mungkin akan sedikit kebingungan menentukan pilihan mengingat produk kampas rem aftermarket yang beraneka ragam dan belum tentu semua cocok dipasang pada kendaraannya.
Namun ada beberapa tips yang perlu diketahui dan diingat untuk menentukan kampas rem yang cocok dengan mobil Anda.
Pertama, kita tinjau sejenak tentang sejarah kampas rem. Pada awalnya kampas rem atau brake pad banyak yang dibuat dengan bahan dasar asbes. Namun seiring perkembangan, dimana kemudian diketahui bahwa bahan asbes memiliki dampak yang negatif terhadap kesehatan, pabrikan mulai menggunakan material-material lain sebagai bahan dasar kampas rem.
Baca Juga: "Penyebab Rem Tidak Pakem"
Saat ini terdapat tiga kategori kampas rem, yaitu:
Walaupun ketiga kategori rem tersebut belum mencakup seluruh material kampas rem namun ketiga kategori kampas rem tersebut merupakan material yang paling banyak digunakan untuk penggunaan mobil harian.
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat akan memilih kampas rem yang digunakan, karena akan sangat mempengaruhi tipe kampas rem mana yang akan dipilih, faktor-faktor tersebut antara lain:
Kampas rem organik atau organic brake pad dibuat dari perpaduan bahan-bahan seperti:
Bahan-bahan tersebut tidak bersifat abrasif pada piringan rem, dan juga menghasilkan debu yang lebih sedikit tergantung kandungan material spesifik didalamnya dan juga tidak berisik.
Namun kampas rem jenis ini lebih cepat tipis dibandingkan yang lainnya. Kampas rem NAO saat ini merupakan yang paling umum digunakan dan hampir semua pabrikan mobil menggunakannya.
Baca Juga:"Membersihkan Debu Kanvas Rem Pada Pelek Mobil"
Kampas rem Semi-metallic biasanya terbuat dari padauan bahan-bahan seperti:
Kampas rem semi metallic memberikan performa pengereman yang lebih baik. namun ada beberapa sisi negatif penggunaan kampas rem jenis ini, antara lain:
Baca Juga: "Pertanyaan Seputar Rem, ABS & Traction Control"
Kampas rem Ceramic pada umumnya mempunyai umur yang lebih panjang dan lebih terjamin, walaupun harganya jauh lebih mahal dibandingakan dengan kampas rem yang lain, namun harganya cukup sepadan dengan segala kelebihan yang diberikannya.
Kampas rem ceramic terbuat dari bahan keramik padat dengan kandungan serat tembaga yang ditanam didalamnya. Kampas rem ceramic ini sangat tahan terhadap temperatur tinggi, lebih lembut, pengeremannya lebih efisien sehingga piringan rem tidak cepat tipis dan menghasilkan debu kampas rem dan suara pengereman yang lebih rendah dibandingkan jenis kampas rem lainnya.
Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing jenis kampas rem, sekarang pilihan ada ditangan Anda untuk menentukan kampas rem jenis apa yang ingin digunakan pada mobil Anda. Namun satu hal yang pasti adalah selalu ikuti rekomendasi yang dikeluarkan oleh masing-masing pabrikan.
Saat akan melakukan penggantian kampas rem diluar bengkel resmi, pemilik mobil mungkin akan sedikit kebingungan menentukan pilihan mengingat produk kampas rem aftermarket yang beraneka ragam dan belum tentu semua cocok dipasang pada kendaraannya.
Namun ada beberapa tips yang perlu diketahui dan diingat untuk menentukan kampas rem yang cocok dengan mobil Anda.
Pertama, kita tinjau sejenak tentang sejarah kampas rem. Pada awalnya kampas rem atau brake pad banyak yang dibuat dengan bahan dasar asbes. Namun seiring perkembangan, dimana kemudian diketahui bahwa bahan asbes memiliki dampak yang negatif terhadap kesehatan, pabrikan mulai menggunakan material-material lain sebagai bahan dasar kampas rem.
Baca Juga: "Penyebab Rem Tidak Pakem"
Saat ini terdapat tiga kategori kampas rem, yaitu:
- “NAO” (non-asbestos organic)
- Semi-metallic dan
- Ceramic.
Kategori Kampas rem |
Walaupun ketiga kategori rem tersebut belum mencakup seluruh material kampas rem namun ketiga kategori kampas rem tersebut merupakan material yang paling banyak digunakan untuk penggunaan mobil harian.
PERHATIAN:Sebelum menentukan kampas rem yang akan digunakan periksalah spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil.
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat akan memilih kampas rem yang digunakan, karena akan sangat mempengaruhi tipe kampas rem mana yang akan dipilih, faktor-faktor tersebut antara lain:
- Bobot kendaraan
- Gaya mengemudi
- Suhu wilayah tempat tinggal Anda
Kampas rem “NAO” (non-asbestos organic)
Kampas rem NAO (Non-Asbestos Organic) |
Kampas rem organik atau organic brake pad dibuat dari perpaduan bahan-bahan seperti:
- Kaca
- Fiber
- Karet
- Karbon dan
- Kevlar
Bahan-bahan tersebut tidak bersifat abrasif pada piringan rem, dan juga menghasilkan debu yang lebih sedikit tergantung kandungan material spesifik didalamnya dan juga tidak berisik.
Namun kampas rem jenis ini lebih cepat tipis dibandingkan yang lainnya. Kampas rem NAO saat ini merupakan yang paling umum digunakan dan hampir semua pabrikan mobil menggunakannya.
Baca Juga:"Membersihkan Debu Kanvas Rem Pada Pelek Mobil"
Kampas Rem Semi-metallic
Kampas rem semi metallic |
- Baja
- Besi
- Tembaga dan
- Friction modifiers and fillers
Kampas rem semi metallic memberikan performa pengereman yang lebih baik. namun ada beberapa sisi negatif penggunaan kampas rem jenis ini, antara lain:
- Menghasilkan debu yang lebih banyak
- Lebih berisik dan
- Lebih bersifat abrasif jika dibandingkan dengan material kampas rem yang lain, sehingga jika Anda menggunakan kampas rem ini piringan atau tromol rem lebih cepat tipis.
Baca Juga: "Pertanyaan Seputar Rem, ABS & Traction Control"
Kampas rem Ceramic
Kampas rem ceramic |
Kampas rem ceramic terbuat dari bahan keramik padat dengan kandungan serat tembaga yang ditanam didalamnya. Kampas rem ceramic ini sangat tahan terhadap temperatur tinggi, lebih lembut, pengeremannya lebih efisien sehingga piringan rem tidak cepat tipis dan menghasilkan debu kampas rem dan suara pengereman yang lebih rendah dibandingkan jenis kampas rem lainnya.
Video Cara Mengganti Kampas Rem Mobil
Setelah mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing jenis kampas rem, sekarang pilihan ada ditangan Anda untuk menentukan kampas rem jenis apa yang ingin digunakan pada mobil Anda. Namun satu hal yang pasti adalah selalu ikuti rekomendasi yang dikeluarkan oleh masing-masing pabrikan.
Komentar
Posting Komentar