Cara Kerja Mesin 4 Tak Bensin dan Diesel

Cara Kerja Mesin 4 Tak Bensin dan Diesel - Hallo semua Bengkel Karya Prima Motor, Pada Postingan kali ini yang berjudul Cara Kerja Mesin 4 Tak Bensin dan Diesel, telah kami persiapkan dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Artikel, ini dapat anda pahami. dan bermanfaat, selamat membaca.

Judul : Cara Kerja Mesin 4 Tak Bensin dan Diesel
link : Cara Kerja Mesin 4 Tak Bensin dan Diesel

Baca juga


Cara Kerja Mesin 4 Tak Bensin dan Diesel

sebagai montir, harusnya kita tahu cara kerja mesin bensin 4 tak bensin dan diesel. Karena ini adalah ilmu dasar dari mesin. Ya tho?

Kalau mau ngrekrut montir, pertanyaanku yang pertama pasti ini. Yang menyedihkan, kadang banyak lho yang ga paham. Dari 10 orang kadang cuma 2 yang bisa jawab. Itupun ga lengkap. Mungkin karena dianggap ga penting ya..

Sebenarnya kalau ngomongin mesin 4 tak bensin dan diesel itu ada kemiripan. Tapi ada beda juga. Jadi mending dibahas satu persatu ya lurr...

Cara kerja mesin 4 tak bensin



Mesin 4 tak itu perlu 4 langkah piston bolak balik untuk menghasilkan 1 kali usaha. Untuk 4 langkah itu, putaran poros engkol berputar 2 kali. Baik mesin besin ataupun diesel sama. Yang beda adalah cara masuknya bahan bakar.

Keempat langkah diatas ada urutanya lho, ga boleh di bolak-balik. Yaitu
  • Langkah hisap,
  • Langkah kompresi
  • Langkah usaha
  • Langkah buang
Udah sering denger kan? Buat calon montir, mending diingat-ingat dan mulai dimengerti. Kayak kita kok, makan, diproses, jadi tenaga trus dibuang.

1. Langkah Hisap

Tujuan dari langkah ini adalah untuk memasukkan bahan bakar dan udara yang sudah berbentuk kabut. Proses yang terjadi itu seperti ini lurr
  • Piston bergerak dari TMA ke TMB sehingga terjadi hisapan
  • Posisi katup hisap terbuka dan katup buang tertutup
  • Campuran udara dan bahan bakar akan masuk kedalam silinder
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)

2. Langkah Kompresi

Tujuan dari langkah kompresi adalah untuk memampatkan campuran udara dan bahan bakar agar mudah terbakar. Proses yang terjadi seperti ini lurr.
  • Piston bergerak dari TMB ke TMA
  • Posisi katup hisap dan buang tertutup
  • Campuran bahan bakar dan udara akan dimampatkan didalam silinder. Karena tekanan naik, efeknya juga menjadi lebih panas
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)

Saat ini campuran udara dan bahan bakar akan dikompresikan di dalam ruang bakar. Tekanan kompresi mesin bensin akan naik menjadi 8-13 bar.

3. Langkah Usaha

Langkah usaha ini adalah efek dari hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara. Dan tenaga akan disalurkan ke poros engkol. Proses yang terjadi seperti ini lurr.
  • Piston terdorong ledakan dari TMA ke TMB
  • Posisi katup hisap dan katup buang masih tertutup
  • Beberapa derajat sebelum TMA, busi memercikkan api sehingga akan membakar campuran 
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)

4. Langkah Buang

Langkah buang bertujuan untuk membuang sisa gas pembakaran ke udara luar. Proses yang terjadi seperti ini lurr

  • Piston bergerak dari TMB ke TMA 
  • Kondisi katup buang terbuka dan katup hisap tertutup.
  • Gas sisa pembakaran akan didorong keluar dari ruang silinder
  • Poros engkol berputar  setengah putaran (180 derajat)
Buat yang punya kuota lebih, mendingan nonton dulu animasinya dari chanel youtube montir tv, biar lebih paham.



Penjelasan diatas adalah cara kerja mesin 4 tak bensin. Baik untuk mesin bensin dengan sistem bahan bakar karburator, maupun dengan sistem bahan bakar bensin injeksi. Tetapi untuk mesin bensin direct injection terdapat sedikit perbedaan.

Bagaimana jadi lebih jelas? Kalau sudah jelas lanjut ke mesin diesel


Cara kerja mesin 4 tak Diesel



Pada mesin 4 tak diesel mempunyai langkah yang sama yaitu hisap, kompresi, usaha dan buang. Tetapi terdapat beberapa perbedaan pada masing-masing langkahnya.

Yuk lur mari kita pelajari

1. Langkah hisap

Pada saat langkah hisap, persamaannya adalah katup hisap terbuka dan katup buang tertutup. Piston bergerak dari TMA ke TMB. Yang berbeda adalah yang masuk ke dalam silinder hanya UDARA SAJA. Agar lebih jelas saya tuliskan lagi langkahnya
  • Piston bergerak dari TMA ke TMB sehingga terjadi hisapan
  • Posisi katup hisap terbuka dan katup buang tertutup
  • UDARA murni akan masuk kedalam silinder
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)

2. Langkah kompresi

Karena hanya UDARA yang masuk ke dalam silinder, itu berarti hanya udara yang di kompresikan. Biar lebih paham, mari kita lihat detailnya
  • Piston bergerak dari TMB ke TMA
  • Posisi katup hisap dan buang tertutup
  • UDARA dimampatkan didalam silinder. Tekanan akan naik dan temperatur menjadi sangat panas
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)

Tekanan kompresi mesin diesel jauh lebih besar dari mesin bensin. Minimal tekanan kompresinya sekitar 16 bar. Beberapa kali saya jumpai spek-nya bisa sampai 23 bar. Bahkan ada yang 33 bar.

3. Langkah usaha

Langkah usaha ini adalah efek dari hasil pembakaran campuran bahan bakar dan udara. Dan tenaga akan disalurkan ke poros engkol. Tapi ingat ya di diesel tidak ada sistem pengapian. Jadi pembakaran karena panas.
  • Piston terdorong ledakan dari TMA ke TMB
  • Posisi katup hisap dan katup buang masih tertutup
  • Beberapa derajat sebelum TMA, injektor akan menyemprotkan bahan bakar solar. Tentunya dalam bentuk kabut. Karena temperatur dan kompresi yang tinggi, bahan bakar akan terbakar sehingga menimbulkan ledakan.
  • Poros engkol berputar setengah putaran (180 derajat)
Banyak yang saya jumpai ada yang mengajarkan bahwa pembakaran diesel karena busi pijar (glow plug) padahal SALAH BESAR. Glow plug hanyalah pemanas awal. Dan hanya hidup ketika kunci kontak on pada saat start dingin.

4. Langkah buang

Langkah buang bertujuan untuk membuang sisa gas pembakaran ke udara luar. Proses yang terjadi seperti ini lurr
  • Piston bergerak dari TMB ke TMA 
  • Kondisi katup buang terbuka dan katup hisap tertutup.
  • Gas sisa pembakaran akan didorong keluar dari ruang silinder
  • Poros engkol berputar  setengah putaran (180 derajat)
Buat yang punya kuota lebih, mendingan nonton dulu animasinya dari chanel youtube montir tv, biar lebih paham.



Cara kerja mesin 4 tak diesel ini berlaku untuk diesel konvensional maupun common rail. Jadi selamat mempelajari


Kesimpulan 


  • Perbedaan mesin bensin bensin dan diesel diatas adalah ketika langkah hisap, kompresi dan pembakaran.
  • Ketika langkah hisap mesin besin menghisap campuran bensin dan udara sedangkan pada diesel hanya udara saja.
  • Ketika pembakaran pada mesin bensin menggunakan sistem pengapian (percikan api busi) sedangkan pada diesel dari panas kompresi.

Salam kuku ireng lurr.

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi DTC P0141 O2 Sensor Heater Circuit Malfunction Bank 1 Sensor 2

Cara mengatasi DTC P0123 - Throttle Position Sensor/Switch 'A' Circuit High Input

Cara Mengatasi DTC P0134 - O2 Sensor Circuit No Activity Detected Sensor 1 Bank 1